in ,

Kunjungi Destinasi Religi, Perhatikan 5 Aturan Dasar Yang Harus Kamu Taati

Memahami beberapa aturan penting selama mengunjungi destinasi religi

Destinasi religi adalah salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, entah peziarah ataupun wisatawan luar. Nah, buat Teman Traveler yang ingin mengunjungi tempat semacam ini, perhatikan betul aturan dasar yang harus ditaati. Berikut beberapa di antaranya!

Baca juga : Pantai Karang Sanur, Dimanja Sunrise Epik

1. Kenakan Pakaian yang Rapi Sesuai Aturan yang Berlaku

Ilustrasi berpakaian rapi dan sopan ala Pasangan Cambridge via Pop Sugar

Ada beberapa aturan destinasi religi yang harus dipatuhi, salah satunya tentang pakaian. Misalnya saat mengunjungi masjid, sepatu harus dilepas dan peziarah atau wisatawan wajib mengenakan busana tertutup, lengkap dengan kerudung bagi para wanita.

Beberapa tempat ibadah sudah menyediakan kain atau busana khusus untuk para wisatawan yang membutuhkannya. Namun, tentu jauh lebih baik jika dari kita sendiri memiliki kesadaran untuk berbusana rapi dan sopan apabila hendak ke tempat ibadah.

2. Beberapa Tempat Ibadah Tidak izinkan Kalian Mengambil Foto

Ilustrasi larangan mengambil foto via Shutterstock

Nah, ini yang seringkali diabaikan baik dari para peziarah maupun wisatawan. Beberapa tempat ibadah tidak mengizinkan pengunjung untuk mengambil foto pada saat-saat tertentu, misalkan saat sedang berlangsung upacara keagamaan. Sisanya malah tidak memperbolehkan samasekali.

Tentu saja, sebagai pengunjung yang baik, kita harus mengesampingkan dorongan psikologis untuk eksis di tempat wisata dan menaati aturan ini demi kebaikan bersama. Kalian pasti tidak mau diusir keluar hanya gara-gara mengambil foto, bukan?

3. Hormati Kegiatan Peribadatan yang Sedang Berlangsung

Ini yang paling penting. Beberapa destinasi religi akan melangsungkan upacara keagamaan di tempat terbuka sehingga bisa dilihat oleh umum. Apa yang harus kita lakukan? Sederhana. Hormati mereka, taati semua peraturan yang berlaku.

Selagi melihat prosesi keagamaan, Teman Traveler bisa mempelajari banyak hal yang sedang mereka lakukan. Dengan demikian, kalian akan bisa makin memahami ajaran dan kepercayaan mereka, yang mana itu sangat berpengaruh dalam meningkatkan rasa toleransi.

4. Berperilaku Baik selama di Kompleks Tempat Ibadah

Ilustrasi berwisata ke destinasi religi via Shutterstock

Tak kalah penting, Teman Traveler juga tetap harus berperilaku sopan selama berada di kawasan tempat ibadah. Tahan diri untuk tidak berbicara keras, bersenda gurau, tertawa terbahak-bahak, bahkan sampai berlarian di kompleks. Dengan menghormati mereka, kita membantu mereka dalam beribadah dengan tenang, plus diri sendiri dalam mengendalikan emosi.

5. Ada Beberapa Tempat Ibadah yang Tidak Izinkan Wanita Masuk

Gunung Athos di Athena terkenal sebagai destinasi religi yang tidak izinkan wanita masuk via Shutterstock

Salah satu aturan unik yang masih berlaku hingga sekarang adalah larangan para wanita untuk masuk ke kawasan destinasi religi. Ada beberapa tempat yang masih menerapkannya, contohnya di Gunung Athos, Yunani.

Ada juga beberapa tempat ibadah yang melarang wanita masuk di dalamnya apabila sedang masuk masa menstruasi. Tentu satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menghormati aturan tersebut.

Itulah tadi deretan aturan dasar yang harus kita perhatikan dan patuhi saat hendak mengunjungi destinasi religi. Siapkan liburan Teman Traveler sebaik-baiknya ya! Next

ramadan
Suasana di Kalampoki

Kalampoki, Ngopi Senja Asyik di Malang

Kamar di Wyndham

Wyndham Tamansari Jivva, Resort Mewah dengan Pantai Pribadi