in ,

Bumi Datar atau Bulat? Buktikan dengan Foto-foto Kutub Selatan Ini

Untuk sekedar meringankan otak yang tengah memikirkan keras apakah bumi itu datar atau bulat, ada baiknya lihat foto-foto kutub selatan di bawah ini. Siapa tahu dapat memberikan kesimpulan sendiri mengenai bentuk dari bumi.

Baca juga : 4 Spot Spektakuler yang Wajib Disinggahi saat Berkunjung ke Kawasan Gunung Bromo

1. Teori bumi datar menyebutkan bahwa kutub utara sebagai titik tengah sedangkan kutub selatan adalah tepi dari bumi. Jika benar, bisa dibayangkan bukan berapa luas dari kutub selatan yang mengelilingi bumi?

Luas kutub utara
Luas kutub selatan[image source]

2. Kutub selatan atau biasa disebut sebagai antartik sangat berbeda dengan Kutub Utara. Jika di Kutub Utara berupa lautan es yang membeku, kutub selatan sendiri adalah benua terbesar kelima yang tertutup oleh pegunungan es.

Daratan es di bumi
Daratan es di bumi [image source]

3. Meski kutub selatan adalah sebuah daratan, ternyata wilayah yang masuk benua antartika ini tak memiliki penduduk asli, loh. Hanya ada lumut dan beberapa hewan saja yang merupakan penghuni asli kutub selatan.

Benua Tak berpenghuni
Benua tak berpenghuni [image source]

4. Jika beruang kutub menjadi puncak rantai makanan di Kutub Utara, lain halnya dengan kutub selatan. di daratan ber-es ini menjadi pusatnya penguin. Pemandangan hewan cantik satu ini pun mudah saja ditemui di tempat-tempat dengan suhu rendah.

pinguin di kutub
pinguin di kutub [image source]

5. Meski tak memiliki penduduk asli, benua antartika rupanya masih berpenghuni. Sayangnya, jumlah penduduk yang mendiami daerah ini tak sebanyak seperti di area kutub utara. Berdasarkan beberapa sumber yang ada, jumlahnya pun hanya sekitar ribuan termasuk para turis.

Penghuni Kutub Selatan
Penghuni Kutub Selatan [image source]

6. Bukan sekedar tinggal, hampir semua orang yang berada di kawasan dekat dengan kutub selatan ini bertujuan untuk melakukan penelitian. Seperti yang tertulis dalam perjanjian Antartika, tanah dan sumber daya yang ada di sana hanya digunakan untuk tujuan damai dan ilmiah.

Kutub Selatan Tujuan Penelitian
Kutub Selatan Tujuan Penelitian [image source]

7. Selain pusat penelitian, ternyata kawasan di benua antartika ini juga memiliki beberapa kota cantik nan menawan. Salah satunya adalah Villa Las Estrellas yang berada di kawasan paling hangat di benua antartika.

Kota di Anatartika [image source]

8. Penghuni di kota kecil satu ini sebenarnya juga tak banyak. Hanya sekitar 150 orang saja yang tinggal di sini. Jumlah tersebut bisa saja naik jika musim panas telah datang karena banyak turis yang berdatangan ke kota kecil ini.

Kota Beku
Kota Beku [image source]

9. Meski terdapat peneliti yang tinggal di kawasan dekat kutub selatan, tetap saja masih banyak tempat yang belum terjamah oleh manusia di daratan selatan bumi ini. Selain cuacanya yang ekstrem, tak semua wilayah di kutub selatan disinari oleh matahari.

Antartika belum terjamah [image source]

10. Jika bumi datar, kutub selatan menjadi tembok besar yang tidak dapat dilalui. Rupanya teori tersebut bisa terbantahkan dengan adanya rute pesawat terbang yang melewati kutub selatan. Sayangnya, rute tersebut tak selalu terbuka tergantung cuaca yang mendukung.

Penerbangan Antartika [image source]
Nah, bagaimana pendapatmu mengenai bentuk bumi dengan melihat kutub selatan? Sudah temukan jawabannya atau terpesona dengan keindahan alam selatan bumi? Terlepas dari semua itu, salju meman cantik. Bagaimana ya jika Indonesia bersalju? Next

ramadan

Andai di Indonesia Turun Salju, 5 Tempat Ini Bakalan Keren

Tangga keren yang Instagramable

Tangga Instagramable yang Kerap jadi Spot Foto