in ,

Kyotrain Gyaraku, Naik Kereta Keren ala Samurai di Jepang

Jepang Rilis Kereta Api Bertema Penginapan Lawas ala Samurai

Kereta api ala Samurai

Bicara kreativitas, Jepang seolah tak ada matinya. Dengan cerdasnya negeri Matahari Terbit mengemas budaya tradisional secara modern dan menjadi atraksi wisata menarik. Bukti terbaru inovasi tersebut adalah hadirnya Kyotrain Garaku.

Baca juga : Gembira Loka Jogja, Wisata Edukasi di Kebun Binatang Mini

Kyotrain Garaku adalah sebuah kereta yang khusus didesain untuk membawa wisatawan menikmati suasana Jepang. Namun ada yang istimewa dari kereta satu ini. Desainnya bakal membawa Teman Traveler merasakan atmosfer klasik bak zaman samurai.

Bepergian dengan Nuansa ala Samurai

Kereta lintasi jembatan
Kereta lintasi jembatan via Instagram.com/yu_takas

Jepang mengenal istilah ryokan. Kata tersebut digunakan untuk menyebut sebuah hotel atau tempat penginapan yang mengusung gaya tradisional. Mirip-mirip dengan apa yang mungkin Teman Traveler sering lihat di film-film bertema Samurai.

Salah satu ciri khas ryokan adalah lantai beralaskan tatami, interior dengan material kayu dan bambu, serta taman. Konsep tradisional tersebut lantas coba diterapkan dalam gerbong kereta. Hasilnya, muncul ide kereta Kyotrain Garaku.

Interior kereta
Interior kereta (c) Lonely Planet

Layaknya penginapan tradisional khas negeri Matahari Terbit, kereta ini dilengkapi beberapa desain interior khas. Beberapa yang menonjol adalah jendela bulat, penutup kaca dari bambu, pegangan berbahan kayu, kursi dengan material khas Jepang, hingga ‘Taman Mini’ di beberapa gerbong.

Bisa Dinikmati Mulai Maret

Jendela bulat khas Ryokan
Jendela bulat khas Ryokan (c) Lonely Planet

Kyotrain Garaku saat ini masih belum bisa ditumpangi. Namun demikian, gambar-gambar konsep yang beredar di dunia maya sudah cukup membuat komunitas penggemar kereta dunia antusias. Siapa sih yang tidak ingin bepergian naik kereta dengan atmosfer ala zaman Samurai?

Jika semua berjalan sesuai rencana, kereta unik ini bakal siap beroperasi mulai Maret 2019 mendatang. Peminatnya diperkirakan bakal membludak, mengingat minat turis asing akan kebudayaan tradisional Jepang sangat tinggi.

Empat Hari Sekali dengan Tema Empat Musim

Penampakan gerbong dari luar
Penampakan gerbong dari luar (c) Lonely Planet

Kyotrain Garaku bakal melayani rute perjalanan dari Kyoto ke Osaka dan sebaliknya. Kereta unik ini rencananya akan berangkat empat hari sekali. Kemungkinan besar pengelola bakal menerapkan konsep pemesanan tiket secara online.

Keunikan kereta Gyaraku tak berhenti sampai di desain interiornya saja. Kabarnya transportasi nyeleneh ini juga akan mengusung tema berbeda di masing-masing gerbong. Dengan kata lain, penumpang bakal melihat desain ryokan ala musim semi, panas, gugur, dan dingin. Keren bukan?

Tiket Terjangkau

Bakal hadir dengan tiket terjangkau
Bakal hadir dengan tiket terjangkau via Instagram.com/happysmile_deko

Jika sudah beroperasi nanti, Teman Traveler sepertinya wajib menjajal naik kereta Gyaraku. Selain unik, harga tiketnya juga diperkirakan tak terlalu mahal. Menurut laporan Lonely Planet, per orang cukup membayar 400 Yen saja atau sekitar Rp55 ribu. Cukup terjangkau dan tak boleh dilewatkan tentunya.

Well, itulah tadi gambaran singkat mengenai Kyotrain Garaku, kereta api keren yang sajikan atmosfer ala Samurai di Jepang. Bagaimana Teman Traveler, tak sabar ingin mencobanya? Next

ramadan
Warlaman Bandung

Warlaman Bandung, Kafe Instagenic ala Summer Vibes dengan Harga Kaki Lima

Kawasan Pantai di Haiti

Eloknya Wisata Haiti, Negara yang Bikin Lidah Prabowo ‘Keseleo’