in , , ,

Laguna Weekuri Kolam Alami yang Dikelilingi Batuan Unik di Pulau Sumba

Laguna Weekuri (2)

Laguna We’ekuri atau Danau Weekuri adalah laguna pasir putih di desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Pantai Kalangan Indah Pilihan Tepat untuk Berlibur

Nama Weekuri sendiri berakar dari bahasa Sumba. Wee berarti air, dan kuri berarti percikan. Dengan begitu, nama Weekuri diberikan dengan arti air hasil percikan karang yang menerobos masuk ke daratan dan membentuk sebuah laguna.

Laguna Weekuri (5)
Ilustrasi via instagram verinaice

Laguna ini meiliki air yang bergradasi biru, kehijauan, dan putih yang menjadikannya sangat cantik. di samping itu, ada juga area pada danau dengan air yang dingin, dan di area yang berbeda airnya terasa hangat. Dan di sekelilling laguna, terdapat barisan batu karang gosong. Sebagai dinding yang melindungi laguna dari hempasan ombak laut.

Keindahannya jadi semakin terlihat jelas dengan jajaran pohon nan rimbun yang mengelilingi bibir laguna. Pemandangan ini tentu bisa menyegarkan mata dan membuat pikiran jadi rileks.

Fakta Menarik Laguna Weekuri

Laguna Weekuri (3)
Ilustrasi via instagram viratanka

Laguna Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Karena kadar garamnya tinggi, Teman Traveler bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung, lho.

Di kawasan Laguna Weekuri Sumba ini pun Teman Traveler juga bisa menjelajahi area sekitar, termasuk bebatuan di bibir danau yang membentuk sebuah gua. Biasanya, gua alami tersebut dimanfaatkan para pengunjung sebagai tempat persinggahan sementara untuk berteduh maupun bersantai, terlindung dari terpaan sinar matahari yang panas dan terik.

Kemudian, Anda juga bisa menghabiskan waktu menikmati suasana alam di atas bebatuan karang raksasa yang menjadi “jembatan” bagi danau dan laut. Batu karang ini memiliki permukaan yang aman untuk dinaiki.

Apakah Aman Berenang di Laguna Weekuri ?

Laguna Weekuri (2)
Ilustrasi via instagram fadliadisadli

Danau Weekuri berbentuk oval dengan panjang 150 meter ke daratan dan lebar 50 meter, sedangkan kedalaman bagian kiri 3 meter dan bagian kanan 5 meter saat pasang laut. Namun saat laut surut hanya 30 sentimeter dan hanya terlihat pasir putih di kiri, sedangkan di sebelah kanan hanya 2,5 meter.

Laguna ini aman untuk berenang maupun bermain air bersama teman atau keluarga sebab kedalaman air yang tak cukup dalam.

Akses lokasi

Laguna Weekuri (4)
Ilustrasi via instagram indozonetravel

Untuk mencapai Danau Weekuri, Anda perlu menempuh jarak sekitar 60 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Kondisi jalan menuju kawasan danau sangat beragam – ada yang sudah beraspal, dan ada juga yang masih berbatu.

Kemudian, bisa menyewa mobil karena tidak ada sarana transportasi umum yang dapat menjangkau kawasan wisata ini.

Bagaimana apakah Teman Traveler tertarik ke sana ? meskipun aksesnya yang tidak mudah tetapi akan terbayarkan dengan suasana dan pemandangan disana. Next

ramadan
fi hujan meteor perseid

Hujan Meteor Perseid Hari Ini Akan Menghiasi Langit Indonesia

fi aturan berwisata di malioboro

Aturan Berwisata di Malioboro Jogja Terbaru 2021, Liburan Setelah PPKM