in , , ,

Landasan Pacu Pesawat Ekstrem di Dunia, Curam Berbahaya

fi landasan pacu pesawat ekstrem

Menaiki pesawat terbang terkadang bisa membuat orang cemas dan takut, apalagi dengan adanya landasan pacu pesawat ekstrem di dunia berikut ini. Bisa sangat curam berbahaya tetapi cukup menantang dan memacu adrenalin karena lokasinya diantara gunung serta tebing. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Tangga-Tangga Super-Ekstrem di Dunia, Berani Melewatinya?

1. Bandara Matekane, Lesotho

bandara matekane lesotho
Ilustrasi via instagram malibalodge

Pertama ada Bandata Matekane di Lesotho, Afrika Selatan yang memiliki landasan pacu di ketinggian 2.299 mdpl sepanjang 396 meter. Diapit pegunungan menjulang tinggi membuat tekanan udara berubah-ubah dan angin kencang kerap menerpa landasan pacu, apalagi terdapat jurang sedalam 600 meter. Salah satu pendaratan pesawat yang menantang maut, jika salah sedikit bisa berakibat fatal.

2. Bandara Courchevel, Prancis

bandara courchevel
Ilustrasi via instagram noelliedonnat

Berikutnya ada Bandara Courchevel terletak di pegunungan Alpen, Prancis yang melayani wisata ski. Berada di ketinggian 2008 mdpl, kemiringannya mencapai gradien sebesar 18,66 persen sedangkan landasan pacunya cukup pendek yaitu 537 meter. Hal ini mempersulit pendaratan dan selama lepas landas karena cukup menukik, posisinya juga sangat dekat dengan bukit tempat kegiatan ski, selain itu tidak ada prosedur berputar-putar di bandara ini. Meskipun dikenal dengan landasan pacu pesawat ekstrem tetapi pemandangan sekitar sangat indah lho!

3. Bandara Tenzing, Lukla, Nepal

bandara tenzing lukla
Ilustrasi via instagram kingadukiel

Kemudian ada Bandara Tenzing-Hillary di Lukla, Nepal berada di ketinggian 2.859 mdpl dengan landasan pacu paling curam di dunia. Pada ujung landasan ada sebuah tebing setinggi 300 meter jadi diperlukan kehati-hatian. Tidak itu saja, cuaca sangat mempengaruhi penerbangan di sini karena angin kencang dan kabut awan kerap menutupi. Penerbangan serta pendaratan pesawat juga diperbolehkan pada siang hari saja.

4. Bandara Paro, Bhutan

bandara paro
Ilustrasi via instagram vqpr_spotter

Selanjutnya ada Bandara Paro di Bhutan merupakan bandara paling berbahaya di dunia, berada di ketinggian 2.235 mdpl dan dikelilingi pegunungan Himalaya. Dalam pendaratan pilot harus menukik tajam menghindari gunung, maskapai pesawat dengan tujuan ke sini juga tidak banyak. Selain itu yang membuat berbahaya angin kencang selalu mengakibatkan turbulensi hebat.

Demikian ulasan 4 landasan pacu pesawat ekstrem di dunia, sudah pernah melewatinya Teman Traveler? Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
Work From Home

Tips WFH buat Kamu agar tetap Produktif

fi peraturan unik di tempat wisata

Peraturan Unik di Tempat Wisata Dunia, Ada Larangan Makan Pada Tempat Umum