in

Modal 50 Ribu, Kamu Bisa Liburan Murah ke Objek-Objek Wisata ini

Budug Asu Malang

Hal paling menyenangkan setelah liburan adalah saat uang di tabungan tidak berkurang terlalu banyak. Dengan berbagai penjelajahan yang ada, anggaran yang dibutuhkan tidak sampai memakan sektor lain, bahkan masih ada uang kembali. Kalau kamu ingin menjelajahi kota tertentu dengan biaya hidup harian murah (untuk biaya transportasi dan makan) sekitar 50 ribuan rupiah. Datangi kota ini.

Baca juga : Rujak Manis Enak di Jakarta

1. Yogyakarta

Pantai Kukup Yogyakarta
Pantai Kukup Yogyakarta

Sebagai kota budaya yang memiliki cukup banyak destinasi wisata, Yogyakarta sangat ramah dengan wisatawan. Hal ini ditunjukkan dari biaya hidup di sana yang relatif murah jika dibandingkan dengan kota lain di kawasan tengah Pulau Jawa. Biaya sekali makan di sini tidak sampai Rp10.000,00. Jika kamu makan 2-3 kali saja maka biayanya hanya Rp30.000,00.

Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta, via Instagram

Untuk transportasi, kamu bisa menggunakan bus TransJogja atau ojek online yang sudah marak di sana. Oh ya, beberapa tempat wisata di Yogyakarta letaknya saling berdekatan satu dengan lainnya. Keadaan ini membuat wisatawan tidak perlu sering mengeluarkan ongkos yang membebani anggaran setiap harinya.

2. Solo

Benteng Vastenburg, Solo
Benteng Vastenburg, Solo

Berjarak hanya dua jam dari Yogyakarta, Solo atau Surakarta juga memiliki biaya hidup yang cukup murah. Bahkan, seseorang bisa bertahan hanya dengan Rp500.000,00 saja setiap bulannya. Artinya hanya butuh Rp30.000,00 setiap harinya. Keadaan ini juga memengaruhi wisatawan yang melakukan penjelajahan di kota budaya itu.

Air Terjun jumog,Solo [via]
Dalam sehari mereka tidak perlu mengeluarkan banyak uang uang untuk makan dan transportasi. Cukup memilih rumah makan atau kedai yang murah dan mengunjungi beberapa destinasi wisata gratis yang ada di sana. Dengan modal pas-pasan, kamu bisa bertahan selama kurang lebih 3 hari di Solo dengan biaya hidup Rp150.000,00 tidak termasuk untuk penginapan.

3. Malang

Omah Kayu Malang [image source]
Bagi mereka yang ingin stay untuk sementara waktu di Malang selama 2-3 hari, disarankan untuk menyediakan dana sekitar Rp500.000,00. Untuk biaya penginapan mungkin bisa ditekan hingga kurang dari Rp300.000,00 dan sisanya bisa digunakan untuk biaya hidup seperti makan dan menggunakan alat transportasi.

Pantai Tiga Warna, Malang [via]
Mereka yang ingin melakukan perjalanan atau jelajah Kota Malang disarankan menggunakan angkutan umum atau sering berjalan kaki. Banyak tempat-tempat menarik di Kota Malang seperti kawasan Alun-Alun, Balai Kota, Museum Brawijaya, dan masih banyak lagi. Untuk penjelajahan ke Batu dan Malang Selatan, kamu harus menyiapkan dana lebih untuk transportasi.

4. Cirebon

wisata cirebon [via]
Cirebon memiliki setidaknya dua jenis wisata utama yang layak untuk dikunjungi. Pertama adalah wisata sejarah dan budaya. Wisatawan yang datang ke sini bisa mendatangi Keraton Kasunanan dan Keraton Kasepuhan Cirebon yang memiliki banyak nilai sejarah di masa lalu. Selanjutnya wisata alam yang mayoritas terdiri dari wana wisata, air terjun, dan pemandian air panas.

wisata di cirebon [via]
Jika kamu ingin menjelajahi Cirebon jangan khawatir. Biaya hidup sehari saja di sini tidaklah mahal. Untuk makan mungkin bisa ditekan sampai di bawah Rp30.000,00 saja. Makanlah apa yang dimakan penduduk lokal agar harganya lebih murah. Selanjutnya beberapa objek wisata di sini juga mudah dijangkau dengan tarif yang lagi-lagi tidak mahal, beberapa malah gratis.

5. Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini juga dikenal memiliki biaya hidup yang cukup murah. Bahkan untuk satu bulan saja, sebuah keluarga dengan 6 anggota bisa hidup dengan biaya kurang dari Rp3.000.000,00. Keadaan ini tentu sangat berpengaruh pada sektor pariwisata yang juga ikutan murah dan membuat para backpacker jadi girang.

Dalam satu hari saja, seseorang bisa hidup kurang dari Rp50.000,00, itu pun sudah makan enak dan kenyang. Selebihnya, uang bisa digunakan untuk transportasi ke beberapa objek wisata menarik di Banyuwangi yang berupa Kawah Ijen atau ke deretan pantai yang memiliki matahari terbit terbaik.

Inilah kota-kota yang bisa kamu jadikan destinasi wisata murah. Dengan anggaran tidak sampai Rp50.000,00 saja, kamu masih bisa makan enak dan berkeliling ke banyak tempat. Traveling enggak harus mahal kan? Next

ramadan

8 Pekerjaan ini Bakal Membawamu Keliling Dunia

Objek Wisata Bendungan di Jawa