in ,

8 Pekerjaan ini Bakal Membawamu Keliling Dunia

Mungkin hampir semua orang memiliki keinginan untuk dapat berkeliling dunia. Tapi sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak dapat mewujudkan mimpi itu karena berbagai alasan termasuk karena keterbatasan finansial. Dan jika kamu adalah salah satunya, mari simak rangkuman Travelingyuk berikut ini tentang beberapa pekerjaan yang dapat mewujudkan mimpimu untuk berkeliling dunia.

Baca juga : Musim Hujan Ingin Touring Tetap Aman? Yuk Simak Tipsnya!

1. Travel Writer

Marischka Prudence
Marischka Prudence [via]

Seorang travel writer bertugas mengulas informasi mengenai destinasi wisata, akomodasi, transportasi, kuliner, hingga mengungkap hal-hal yang terjadi saat melakukan perjalanan. Ulasan tersebut biasanya dimasukkan ke blog pribadi baik saat sedang maupun setelah melakukan perjalanan. Menambahkan foto asli hasil jepretan sendiri adalah suatu hal yang wajib dilakukan sebagai bukti bahwa apa yang ditulis memang benar adanya. Langkah selanjutnya adalah mempromosikan blog misalnya melalui media sosial agar banyak orang yang membacanya.

Trinity Traveler
Trinity Traveler [via]

Jika sudah ramai pengunjung, biasanya penulis akan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di blog. Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan berkontribusi di majalah ataumemasukkan artikel tentang perjalanan ke website traveling. Penulis akan dibayar per artikel dengan tarif yang sudah ditentukan. Ada juga yang menuangkan kisah perjalanannya dalam sebuah buku dan mendapat keuntungan dari hasil penjualan. Semakin sering seorang travel writer bepergian, maka semakin banyak pula penghasilannya. Trinity atau yang biasa dikenal dengan sebutan The Naked Traveler  adalah salah satu contoh penulis perjalanan dari Indonesia yang terbilang sukses.

2. Pramugari dan Pilot

Kerja sambil Traveling Tiap Hari
Kerja sambil Traveling Tiap Hari [via]

Profesi ini memang memungkinkan siapa saja yang melakukannya dapat bepergian ke berbagai tempat. Jika ingin pergi ke luar negeri, mendaftarlah pada maskapai penerbangan internasional. Di sela kerja seorang cabin crew atau pilot akan memiliki waktu istirahat yang dapat digunakan untuk berkeliling sebentar di negara yang sedang disinggahi. Tidak jarang juga mereka akan mendapatkan tiket gratis ke negara tertentu sebagai bonus.

Bisa Jalan-Jalan di Sela Jam Kerja
Bisa Jalan-Jalan di Sela Jam Kerja

Untuk mendapatkan profesi ini sebenarnya gampang-gampang sulit. Ada beberapa prosedur yang harus kamu penuhi misalnya berat dan tinggi badan harus ideal, tidak berkacamata, bisa berbahasa Inggris, dapat berkomunikasi dengan baik, dan lain-lain. Ada beberapa sekolah khusus pramugari dan pilot bagi mereka yang memiliki cita-cita bekerja di pesawat agar lebih siap untuk menghadapi dunia kerja.

3. Kru Kapal Pesiar

Pemandangan Indah ini Bakal Jadi Temanmu Setiap Hari
Pemandangan Indah ini Bakal Jadi Temanmu Setiap Hari [via]

Sama halnya dengan pilot dan pramugari, mereka yang bekerja sebagai kru kapal pesiar juga memiliki kesempatan besar untuk berkeliling dunia. Akan ada banyak posisi yang dibutuhkan di sini, seperti waitress, cleaning service, teknisi, koki, hingga dokter. Kriteria yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Tetapi rata-rata perusahaan hanya menerima calon karyawan yang kemapuannya sesuai dengan bidang yang dituju. Penampilan menarik, kemampuam berbahasa asing, dan dapat berkomunikasi dengan baik juga menjadi beberapa syarat penting lainnya.

Menjelajah Lautan di Seluruh Dunia
Menjelajah Lautan di Seluruh Dunia

Para kru akan mendapat kesempatan berjalan-jalan ketika kapal sedang bersandar di tempat tujuan. Gaji yang didapatkan cukup besar yaitu hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Namun salah satu konsekuensi yang harus dihadapi seorang pekerja di kapal pesiar adalah harus bersedia jauh dari rumah dan tidak bertemu keluarga dalam kurun waktu yang cukup lama.

4. Au Pair

Bahkan, Kamu Bisa Tinggal di Amerika yang Visanya Sulit itu!
Bahkan, Kamu Bisa Tinggal di Amerika yang Visanya Sulit itu! [via]

Mungkin belum begitu banyak orang yang mengerti tentang kegiatan yang satu ini. Au Pair berasal dari bahasa Perancis yang berarti balas jasa. Para peserta yang mengikuti program ini akan tinggal di rumah keluarga angkat atau biasa disebut host family di luar negeri dan menjadi bagian dari mereka sekaligus sebagai asisten di rumah tangga. Tugas utamanya adalah mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan serta mengurus anak sebagai bentuk balas jasa.

Peserta Au Pair bersama anak dari host family [image source]

Keluarga tersebut akan bertanggung jawab atas peserta sepenuhnya, seperti memberikan tempat tinggal, makan, fasilitas lainnya secara gratis selama berada di sana. Perlu ditekankan bahwa yang mengikuti program ini bukan bekerja sebagai seorang pembantu, melainkan diberi kesempatan untuk belajar lebih jauh mengenai bahasa, budaya, dan kehidupan di negara yang akan ditinggali. Di sana peserta akan mendapatkan hak untuk sekolah serta mengikuti kursus. Syarat utamanya tentu harus lancar berbicara minimal dalam bahasa Inggris, maksimal berusia 30 tahun, belum menikah, dan tentunya tidak memiliki catatan kriminal.

5. Fotografer

Motret, Jalan-Jalan, Dapat Uang!
Motret, Jalan-Jalan, Dapat Uang! [via]

Berprofesi sebagai seorang fotografer sebenarnya susah-susah gampang. Tidak semua orang bisa melakukannya karena butuh kelihaian khusus bukan hanya ketekunan untuk dapat menjadi profesional. Fotografer sangat berbeda dengan juru foto, mereka harus mempertimbangkan nilai seni dan teknik pengambilan agar menghasilkan suatu karya yang bagus. Tidak jarang saat sedang bertugas mengabadikan sesuatu, mereka sampai harus tiarap di tanah, masuk ke dalam air, naik ke atas gedung tinggi, hingga dikejar binatang buas di hutan.

Pekerjaan yang Kelihatannya Gampang ini Nyatanya Menantang
Pekerjaan yang Kelihatannya Gampang ini Nyatanya Menantang [via]

Namun pekerjaan ini tergolong mengasyikkan. Karena jika sudah profesional dan dikenal orang, akan sangat mudah bagi seorang fotografer untuk menjelajahi berbagai tempat yang perlu diabadikan gambarnya. Beberapa media traveling baik berupa website, majalah, ataupun koran besar membayar fotografer dengan gaji yang cukup mahal. Mereka menyadari bahwa butuh kerja keras untuk menghasilkan foto yang istimewa.

7. Wartawan

Bisa Lihat Bola Langsung dan Dekat dengan Lapangan!
Bisa Lihat Bola Langsung dan Dekat dengan Lapangan! [via]

Cara selanjutnya yang dapat membawamu berkeliling dunia adalah dengan menjadi wartawan. Tugasnya adalah mencari berita penting, mengumpulkan dan mengolahnya untuk disebarkan pada masyarakat sesuai dengan fakta yang terjadi. Karena peristiwa penting tidak hanya terjadi di satu daerah saja, maka seorang wartawan harus pergi dari satu tempat ke tempat lainnya demi mendapatkan bahan berita yang dicarinya.

Eksplor Tempat-Tempat Eksotis
Eksplor Tempat-Tempat Eksotis [via]

Syarat untuk dapat menjadi seorang wartawan tidaklah sulit kok. Beberapa di antaranya adalah bisa berbahasa asing minimal bahasa Inggris, pandai berkomunikasi, cekatan, berpenampilan baik, dan tentunya percaya diri. Pembawaan yang ramah dan ceria harus dimiliki oleh setiap wartawan karena ia akan berhadapan dengan orang banyak. Jika ingin bisa ke luar negeri, pastikanlah kamu bekerja di perusahaan media besar dan ternama yang sering meliput berita hingga mancanegara.

8. Tour Guide

Jalan-Jalan Gratis Plus Dapat Banyak Kenalan Baru
Jalan-Jalan Gratis Plus Dapat Banyak Kenalan Baru [via]

Tour Guide adalah profesi yang cukup menarik dan menyenangkan terutama bagi mereka yang suka jalan-jalan. Sekilas memang tampak seperti orang sedang bermain-main karena pekerjaannya hanya menemani wisatawan mengunjungi destinasi wisata yang menarik sambil menjelaskan beberapa informasi penting tentang lokasi yang sedang didatangi. Tapi walaupun terlihat mudah, tapi menjadi seorang tour guide tidak sesederhana yang dibayangkan.

Jadi Tour Guide Mengasah Banyak Skill Termasuk Memotret
Jadi Tour Guide Mengasah Banyak Skill Termasuk Memotret [via]

Kita harus memilki pengetahuan yang cukup luas dengan sering membaca mengenai tempat yang akan dikunjungi. Sehingga kita mampu memberi informasi dengan jelas dan dapat menjawab jika ada pertanyaan dari wisatawan. Pembawaan harus ramah dan sopan jangan lupa senyum setiap saat agar orang yang didampingi merasa nyaman. Selain itu seorang tour guide harus benar-benar menguasai bahasa asing karena sepanjang perjalanan kita akan terus berkomunikasi dengan turis. Nggak lucu kan, kalau tiba-tiba ucapan kita nggak nyambung dengan pembicaraan si bule? Jika beruntung, di akhir perjalanan bisa saja kamu akan diberi tip lebih karena pelayanan yang memuaskan.

Inilah 8 profesi yang memungkinkanmu untuk berkeliling dunia. Apa cita-citamu ada dalam daftar ini? Next

ramadan

Written by Atikah W

I love Traveling

Tempat Liburan di Bogor Untuk Kencan Akhir Pekan

Modal 50 Ribu, Kamu Bisa Liburan Murah ke Objek-Objek Wisata ini