in , , ,

Beji Guwang Bali, Ngarai Suci nan Eksotis di Pulau Dewata

Dinding lembah dengan aliran sungai Beji Guwang menjadi salah satu wisata eksotis di Bali yang cocok untuk healing sampai prewedding.

Beji Guwang Bali

Berpetualang ke Bali memang selalu menyenangkan. Pasalnya, Pulau Dewata ini menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Banyak keindahan alam di Bali yang tersembunyi dan belum diketahui banyak wisatawan. Salah satunya adalah Beji Guwang Bali.

Baca juga : Soto Betawi Haji Mamat Tangerang, Kuliner Legendaris Sejak 1960an

Ngarai tersembunyi yang berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar ini memiliki pemandangan yang masih alami. Bahkan perjalanan menuju tempat wisata ini pun lumayan menantang. Inilah keindahan Hidden Canyon Beji Guwang.

Ngarai eksotis yang tersembunyi

Beji Guwang Bali
Foto via kintamani

Beji Guwang merupakan lembah dalam yang sempit. Dinding lembah ini terbentuk akibat erosi aliran sungai yang sudah berlangsung selama ribuan tahun. Tak heran lereng batuan tersebut terlihat eksotis. Di dasar ngarai terdapat aliran sungai Beji Guwang. Beji berarti suci dalam bahasa Bali. Sungai tersebut akan bermuara di Pantai Ketewel.

Ngarai di Indonesia
Foto via atourin

Di sekitar sungai, ada Pura Beji dengan pancuran air yang digunakan warga sekitar untuk air minum dan air suci. Beji Guwang mulai populer setelah fotografer asal Klungkung mengunggah potret keindahan ngarai ini di dunia maya. Semakin lama, banyak wisatawan yang berkunjung ke Beji Guwang hingga pada April 2018, ngarai ini resmi menjadi tempat wisata.

Perjalanan ekstrem menuju ngarai

Ngarai di Indonesia
Foto via hiddencanyonbejiguwang

Jika kamu baru pertama kali mengunjungi Beji Guwang, sebaiknya gunakan jasa pemandu dari penduduk setempat karena kamu harus melewati sungai sepanjang 700 meter yang dipenuhi dengan batu-batu licin. Setelah melewati aliran sungai, kau masih harus memanjat tebing kecil. Di Sungai Guwang terdapat tiga ngarai dan untuk mencapai ngarai terakhir, kamu harus melewati genangan air yang membuatmu basah kuyup.

Beji Guwang Bali
Foto via cntraveler

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Beji Guwang adalah pagi hari karena jika terlalu sore, perjalanan akan lebih berbahaya karena rute sudah mulai gelap. Apalagi jika kamu berencana untuk mengunjungi tiga ngarai sekaligus. Sebaiknya jangan datang di musim penghujan karena aliran sungai sangat deras dan lebih sulit untuk dilewati.

Harga tiket, fasilitas, dan jam operasional Beji Guwang Bali

Ngarai di Indonesia
Foto via hiddencanyonbejiguwang

Beji Guwang dibuka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30. Wisatawan yang ingin melihat keindahan ngarai harus membayar harga paket sesuai jumlah pengunjung. Satu orang pengunjung dikenakan biaya Rp 200 ribu, dua pengunjung Rp 300 ribu, paket tiga hingga empat orang Rp 600 ribu, grup kecil berisi 9-12 Rp 900 ribu, paket menengah berisi 13-16 orang Rp 1.200.000, dan paket grup yang berisi 17-20 orang Rp 1.500.000. Dengan membayar biaya tersebut, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas berupa handuk wajah, air mineral, handuk mandi, wifi, dan ruang ganti.

Rute menuju Beji Guwang Bali

Beji Guwang Bali
Foto via gotravelaindonesia

Beji Guwang berada di dekat Pasar Seni Sukawati. Dari Kota Denpasar, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 14 km. Rute tercepat menuju Beji Guwang dari Kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Dewa Ketewel. Ambil jalur menuju Jalan Raya Ketewel kemudian arahkan ke Jalan Raya Guwang. Saat tiba di Patung Garuda, lanjutkan perjalanan ke Pura Dalem. Di sebelah pura ini, kamu akan menemukan tempat parkir dan puluhan anak tangga menuju Beji Guwang.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke Beji Guwang yang ada di Bali. Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu khusus agar tak rusak saat berenang di sungai. Kamu tidak perlu membawa makanan karena banyak warung makanan di tempat wisata ini. Next

ramadan
Rummah Goa cafe Dik Doank

Uniknya Rummah GoA, Tongkrongan Artsy ala Dik Doank

Liburan ke Butterworth Penang

Liburan ke Penang, Wajib Menyeberang ke Butterworth