in , ,

Catat Teman Traveler, Tips Liburan Murah di Ho Chi Minh Vietnam

Jalan-jalan Asyik dan Hemat di Ho Chi Minh City

Liburan murah di Ho Chi Minh City
Liburan murah di Ho Chi Minh City (c) Helga Christina/Travelingyuk

Siapapun tentu tertarik liburan ke luar negeri. Apalagi jika tak perlu mengeluarkan biayanya murah. Well, salah satu destinasi yang cukup ramah kantong adalah Vietnam. Kamu bisa liburan murah di Ho Chi Minh.

Baca juga : Traveling Yuk ke Kota-Kota Tertinggi di Dunia!

Kota terbesar di Vietnam tersebut menawarkan sederet pesona wisata menarik. Asyiknya lagi, kita bisa menikmati semuanya tanpa harus keluar banyak biaya. Penasaran? Yuk simak tips berikut.

Penginapan

Suasana di sekitar Ho Chi Minh (c) Helga Christina/Travelingyuk

Liburan murah di Ho Chi Minh bisa dimulai dengan memilih akomodasi. Ho Chi Miny City memiliki pilihan tempat menginap, dari murah hingga mahal. Namun untuk menekan budget sebaiknya kamu menyewa apartemen. Kami hanya membayar Rp300.000 per malam untuk satu unit apartemen yang bisa dihuni lima orang. Fasilitasnya lengkap, bahkan kami bisa memasak sendiri di sana.

Ho Chi Minh City sendiri terbagi dalam beberapa distrik. Tips untuk kamu, sebaiknya mencari penginapan di Distrik 1 karena di sanalah pusat tempat wisata dan perbelanjaan. Daerahnya juga ramah backpacker, kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Transportasi

Suasana jalanan di Ho Chi Minh (c) Helga Christina/Travelingyuk

Transportasi di Vietnam dan Indonesia sebenarnya sama saja. Ada banyak pilihan, tinggal menyesuaikan budget. Jika ingin liburan murah di Ho Chi Minh, juga bepergian jauh, sebaiknya menyewa motor.

Namun ingat bahwa jalanan di Vietnam sangat berbeda dengan Indonesia. Orang-orang di sini cenderung ngebut dan tidak sabaran. Hal ini sempat mengagetkan kami saat pertama kali datang .

Jika tidak ingin menyetir sendiri, kamu bisa menggunakan ojek atau taksi online. Tarifnya sangat terjangkau. Sementara untuk taksi konvensional, sebaiknya ekstra hati-hati karena sering ada penipuan argo.

Salah seorang warga lokal sempat memberikan sebuah tips berharga. Jika memang terpaksa harus naik taksi konvensional, dua perusahaan yang cukup terpercaya adalah Vinasun dan Mai Linh.

Belanja

Sebuah motor melewati pusat perbelanjaan di Vietnam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Vietnam memang surganya belanja. Dengan nilai rupiah lebih
tinggi, tentunya sangat menguntungkan jika berbelanja di Vietnam dan jatuhnya lebih murah. Biasanya untuk membeli oleh-oleh, wisatawan kerap mengunjungi Ben Thanh Market di Distrik 1.

Tips ketika berbelanja di sini adalah tawar hingga 70%. Jika kamu bukan tipe orang yang bisa menawar harga, sebaiknya berbelanja oleh-oleh di supermarket karena harga yang ditawarkan sebenarnya sudah cukup murah.

Makanan

Pho khas Vietnam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Soal makanan tak usah ditanya. Menurut saya Vietnam adalah destinasi
kuliner terbaik. Hampir semua kuliner di sini ditawarkan dengan harga murah dan tentunya enak. Distrik 1 adalah tempat paling tepat untuk berwisata kuliner.

Salah satu makanan khas Vietnam yang wajib dicoba adalah Pho,
sejenis kwetiaw kuah. Di sebuah restoran terkenal menu ini bisa didapatkan dengan harga VND 45.000 atau sekitar Rp 30.000. Namun di kedai yang lebih sederhana, menu yang sama bisa ditebus seharga VND 25.000 atau sekitar Rp 18.000.

Menu makanan khas Vietnam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tantangan terbesar dalam berwisata kuliner di sini adalah buku menunya. Semua ditulis dalam Bahasa Vietnam dan cukup memusingkan dibaca.

Selagi di sini, jangan lupa mencicipi kopi Vietnam yang terkenal. Dijamin bakal menjadi pengalaman unik dan tak terlupakan.

Tempat wisata

Salah satu tempat wisata terkenal di Ho Chi Minh (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain tempat tempat wisata terkenal dan berbayar, Ho Chi Minh City punya beberapa destinasi gratis. Sebut saja Saigon Post Office, Couleurs by Rehahn Fine Art Photograohy Gallery, Opera House, Cathederal de Saigon, serta patung Presiden Ho Chi Minh.  

Sim Card dan Money Charger

Tempat penukaran uang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Membeli SIM Card di Vietnam tidak bisa sembarangan. Kamu hanya bisa mendapatkannya di gerai resmi provider dan agen perjalanan. Sementara untuk money charger, salah satu tempat dengan nilai tukar terbaik adalah
Ha Tam Jewelry, toko emas di belakang Ben Thanh Market.

Nah itu tadi beberapa tips untuk liburan murah di Ho Chi Minh. Percaya kan kalau jalan-jalan ke luar negeri pun bisa hemat. Mau coba kapan, nih? Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Gua Seplawan

Gua Seplawan, Keindahan Berbalut Misteri di Jawa Tengah

Amazing sunset at Borobudur Temple. World Buddhist heritage and great architecture of 9th century. Java island, Indonesia (c) Shutterstock

The Best Spots of Legendary Sunrises in Jogja