in ,

Dengan Cara Ini Kamu Bisa Liburan dengan Lebih Murah di Jepang

Kebanyakan traveler biasanya menganggap bahwa liburan ke Jepang itu sangat mahal dan sulit dijangkau. Tapi kalau kamu merencanakannya dengan benar, kamu bisa menghindari mengeluarkan terlalu banyak uang, tapi masih tetap bisa mendapatkan pengalaman liburan yang fantastis. Mau tahu caranya? Intip tipsnya berikut ini.

Baca juga : Basah-basahan di Thailand Yuk, Ikut Festival Songkran!

1. Rencanakan Waktu Keberangkatanmu dengan Matang

Sebelum berangkat ke Jepang, buatlah perencanaan dahulu dengan matang tentang kapan waktu keberangkatan . Akan lebih baik kalau kamu  berangkat di waktu yang tidak high-season karena harga tiket biasanya jauh lebih murah. Musim bunga Sakura dan awal musim gugur (sekitar awal April dan pertengahan November) termasuk high season di Jepang. Jadi, harga tiket termasuk harga kamar hotel bisa saja lebih mahal. Perhatikan pula waktu-waktu liburan di Jepang, karena pada masa itulah harga akomodasi untuk liburan sedang mahal-mahalnya.

Musim semi di Jepang [image source]
Ketika kamu sudah tahu kapan waktu terbaik untuk berangkat, belilah tiket jauh-jauh hari dan jangan terlalu kaku dengan jadwalmu. Tiket penerbangan internasional mungkin mahal, tapi kalau kamu rajin melihat-lihat dan memilih waktu keberangkatan yang tepat, kamu akan mendapat banyak diskon.

2. Beberapa Cara Buat Keliling Kota di Jepang

Bersepeda di Jepang [image source]
Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih saat berkeliling di Jepang. Pilihan pertama adalah dengan naik bis jarak jauh untuk bepergian antar kota. Bis seperti ini biasanya hadir dengan desain yang nyaman dan ruangan yang lebih lega. Kamu juga bisa menghemat beberapa ribu yen sekali jalan jika dibandingkan dengan naik kereta cepat. Memang sih bakal makan waktu sampai 3 atau 4 jam lebih lama. Tapi kalau kamu naik bis malam, kan artinya juga hemat biaya hotel?

Kalau untuk berkeliling di daerah yang tidak terlalu jauh, lebih baik menyewa sepeda saja. Pilihan ini jauh lebih murah dan nyaman kalau kamu memang ingin berkeliling menjelajahi sekitar kota. Atau kamu juga bisa mencoba hidup seperti masyarakat Jepang pada umumnya dengan banyak berjalan kaki kemana saja mereka pergi. Mengambil rute keliling lebih lambat dengan berjalan kaki akan memberimu pengalaman yang lebih seru dalam merasakan Jepang yang sesungguhnya daripada hanya melihat-lihat dari dalam mobil saja.

3. Memilih Tempat Menginap

Ada beberapa pilihan dalam mencari penginapan murah yang bisa kamu coba saat berkunjung di Jepang. Salah satunya adalah capsule hotel. Hotel ini dibuat untuk memberikan ruang buat para pebisnis Jepang untuk tidur ketika mereka ketinggalan kereta api. Tapi ini juga bisa jadi pilihan murah untuk bermalam buat para wisatawan. Bentuk hotelnya juga unik, seperti tabung-tabung yang bertumpuk. Tapi, tidak semua capsule hotel menerima tamu wanita.

Hotel Kapsul [image source]
Kamu juga bisa mencoba mencari hotel bisnis di pusat kota atau sekitar stasiun kereta api. Hotel seperti ini biasanya juga lebih murah. Di musim liburan, kamu juga bisa menemukan beberapa tempat berkemah yang bisa menjadi alternatif untuk bermalam. Tapi tentu saja biasanya akan sedikit padat. Nah, kalau kamu ingin benar-benar berhemat, bisa mencoba merasakan bermalam di internet cafe. Tapi tentu saja, kamu harus rela tidur di kursi dan bukan tempat tidur seperti hotel pada umumnya.

4. Jalan-jalan di Jepang

Beberapa tempat dengan pemandangan paling menawan di Jepang bahkan tidak membutuhkan banyak biaya untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati cantiknya kuil-kuil Shinto, pasar umum yang ramai, taman yang tersebar di banyak tempat, serta beragam arsitektur kontemporer.

Jalan-jalan ke Jepang [image source]
Jepang juga punya banyak kawasan yang menjual kerajinan tangan, barang-barang elektronik, fashion, aksesoris pop culture, serta banyak lagi. Jangan lupa membawa serta kameramu untuk mengabadikan toko-toko dengan barang unik yang dipajang di sepanjang jalan. Jika kamu ingin membeli souvenir atau oleh-oleh, kamu bisa membeli souvenir dari toko 100, 300, 500 dan 1.000 yen. Di toko yang menjual barang dalam satu harga ini, kamu bisa menemukan banyak barang unik yang cocok sebagai oleh-oleh atau koleksimu sendiri.

5. Memilih Makanan Saat di Jepang

Liburan di Jepang tidak harus makan di restoran mahal. Kamu akan banyak menemukan restoran di Jepang yang menyajikan menu khas dan suasana yang menyenangkan. Ada Fujisoba, Ichiran, Osho, Wako, dan banyak lagi. Harganya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan restoran besar.

Kuliner Jepang [image source]
Atau kalau kamu ingin lebih berhemat, kamu juga bisa mencoba memesan bento atau makanan kotak dengan menu-menu khas Jepang yang banyak dijual di mini market. Serunya lagi, di malam hari hidangan itu dijual dengan harga diskon.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika ingin menikmati objek wisata Jepang dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Jadi, kapan nih pengen berangkat liburan ke negeri Sakura? Next

ramadan

Menikmati Kemagisan Myanmar, Negeri Sejuta Kuil yang Memukau

Ini Lho Cara Liburan Seru Tapi Murah di Bali yang Nggak Bikin Kantong Jebol