in

Ini Lho Cara Liburan Seru Tapi Murah di Bali yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Bali [image source]

Kamu semua pasti setuju kalau tempat wisata Bali sudah terkenal dan komersial baget. Artinya, segala kebutuhan buat liburan memang lengkap di pulau Dewata, tapi harganya juga bisa selangit kalau kamu tidak pintar-pintar memilih. Tapi jangan takut dulu, kamu juga dapat bersenang-senang tanpa harus keluar uang banyak. Cek dulu tips sederhana berikut ini, ya.

Baca juga : Pinggan Bali, Desa Atas Awan yang Dingin dan Menawan!

1. Berangkatnya Jangan Waktu Musim Liburan

Pantai Balangan [image source]
Musim liburan memang seru dan menyenangkan, tapi kenyataannya, harga tiket, hotel, bahkan makanan juga lebih mahal di musim-musim ini. Karena itulah, akan lebih hemat kalau kamu liburan ke Bali justru waktu hari kerja dan jauh-jauh dari musim liburan.

Bali [image source]
Nggak cuma harga-harganya jadi lebih murah, tapi tempat wisatanya juga biasanya jadi jauh lebih sepi. Untuk menyiasati tiket penerbangannya, kamu bisa pesan yang untuk terbang malam hari. Biasanya tiket penerbangan malam jauh lebih murah daripada yang siang hari.

2. Untuk Berkelilingnya Sewa Sepeda Motor Saja

Sewa Sepeda Motor Saja [image source]
Nggak perlu lah sampai harus ikut agen traveling segala. Selain harganya biasanya lebih mahal, memakai jasa agen juga bikin kamu jadi harus ikut dengan segala jadwal yang sudah ditentukan. Padahal kan siapa tahu kamu masih ingin di Sanur lebih lama, atau masih ingin belanja-belanja dulu.

Sewa Motor Bali [image source]
Nah, untuk itu kamu bisa sewa sepeda motor saja buat berkeliling di Bali. Di sini sudah banyak tempat persewaan motor dan kamu hanya perlu memberikan Kartu Identitasmu sebagai jaminan. Dengan bawa sepeda motor sendiri, kamu bebas deh berkeliling ke tempat-tempat yang kamu suka. Siapa tahu juga kamu bisa nemuin surga-surga yang masih tersembunyi di Pulau Dewata kan?

3. Memilih Makanan yang Bersahabat dengan Kantong

Pilih Makanan [image source]
Di Bali memang banyak banget restoran terkenal dan mahal, tapi bukan berarti warung-warung sederhana nggak bisa kamu temukan di sana. Di kawasan poppies misalnya, kamu bisa menemukan banyak warung-warung murah. Ada nasi kuning, nasi rames, dan banyak lagi yang bisa kamu pilih.

Makan di Bali [Image Source]
Makan di Bali [Image Source]
Warung-warung rumahan di sekitar pantai juga biasanya menjadi tempat mangkalnya para backpacker. Pasalnya di sini kamu bisa menemukan banyak penjual makanan dan minuman dengan harga yang murah. Kalau lagi pengen makan sambil Wi-Fi an, nggak perlu sampai harus ke restoran atau kafe mahal. Restoran cepat saji semacam KFC biasanya sudah punya Wi FI dan harganya juga standar.

4. Belanjanya di Pasar Seni Saja

Pasar Sukawati [image source]
Di Bali, kamu juga bakal menemukan banyak banget toko souvenir yang berjajar. Tapi, biasanya harga yang mereka tawarkan lebih mahal dari yang di pasar. Nah, jadi ada baiknya belanjanya ke pasar-pasar seni saja.

Pasar Sukowati [Image Source]
Pasar Sukowati [Image Source]
Ada banyak pasar seni yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bali. Ada Pasar Seni Sukowati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari. Selain harganya lebih murah, kamu juga bisa menawar harganya lho. Tapi jangan terlalu sadis ya kalau menawar!

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat liburan di Bali yang murah meriah dan nggak bikin kantong jebol. Makanya, ayo deh segera ambil cuti dan refreshing ke Bali! Next

ramadan

Dengan Cara Ini Kamu Bisa Liburan dengan Lebih Murah di Jepang

Nggak Cuma Mantai, Ini Lho Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan di Bali!