in , ,

Makam Bung Karno, Jelajah Sejarah Saat Ziarah

Mengintip Pesona Unik Makam Bung Karno di Blitar

Makam Bung Karno Tak Pernah Sepi Peziarah
Makam Bung Karno Tak Pernah Sepi Peziarah (c) Rosita/Travelingyuk

Bicara soal Blitar umumnya identik dengan Bung Karno. Tak sedikit orang jauh-jauh datang ke Kota Koi hanya untuk berziarah ke tempat peristirahatan terakhir Sang Proklamator. Tak heran jika kawasan Makam Bung Karno kerap dipadati pengunjung, bahkan hingga kini terus jadi primadona wisata setempat.

Baca juga : Stasiun Menyeramkan di Indonesia, Aduh Berani ke Sana Nggak, ya?

Penasaran seperti apa saja pesona menarik di kompleks Makam Bung Karno? Yuk, simak ulasan berikut Teman Traveler.

Bangunan Berbentuk Joglo Khas Jawa

Astana Mulyo tampak depan (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum masuk kawasan makam Sang Proklamator, Teman Traveler diharuskan melapor ke pos perizinan di dekat gapura masuk. Nah, satu yang unik dari makan ini adalah letaknya berada di dalam bangunan berbentuk joglo. Kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung maupun peziarah.

Nisan Bung Karno terbuat dari pualam hitam besar. Di sebelahnya, terdapat makam kedua orang tua presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Sang Ayahanda bernama R. Soekeni Sosrodihardjo, sementara Sang ibunda bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Wisata Andalan Blitar

Salah satu primadona wisata Blitar (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan sudah lama jadi wisata andalan Blitar. Beberapa kilomeeter mendekati kawasan ini, Teman Traveler akan melihat lingkungan yang tertata rapi, ditunjang jalanan ber-paving. Keberadaan Makam Bung Karno memang jadi magnet tersendiri bagi wisatawan kota di selatan Jawa Timur ini.

Setiap harinya komplek makam seluas lebih dari 1,8 hektar ini selalu ramai
pengunjung. Maka jangan kaget jika joglo bernama Astana Mulyo tersebut jarang sepi peziarah. Jika Teman Traveler berkunjung saat musim liburan, kalian harus rela mengantre untuk bisa mendekati pusara Bung Karno.

Satu Komplek dengan Museum Bung Karno

Gapura masuk makam (c) Rosita/Travelingyuk

Selain berziarah ke makan, di sini Teman Traveler bisa sekaligus mengunjungi Museum dan Perpustakaan Bung Karno. Ya, kalian bisa mendapatkan tiga spot sekaligus dalam satu komplek. Asyiknya lagi, destinasi yang berada di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, ini tak sulit ditemukan.

Begitu masuk Blitar, Teman Traveler akan menemukan petunjuk arah menuju kawasan Makam Bung Karno di hampir semua sudut kota. Tak hanya itu, destinasi unggulan ini juga sudah dilengkapi beragam fasilitas pendukung seperti lahan parkir luas, pusat oleh-oleh, hingga jalur khusus pejalan kaki. Bagaimana, jadi makin tertarik kan, menyambangi tempat peristirahatan Sang Proklamator?

Makam kedua orang tua Bung Karno (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Makam Bung Karno, primadona wisata Blitar yang tak pernah sepi pengunjung. Yuk, segera rencanakan liburan kalian ke sini Teman Traveler. Next

ramadan
Pulau Lanjukang Makassar

Pulau Lanjukang, Harta Karun Tersembunyi di Makassar

Pantai Ungapan

Puas Main Air di Pantai Ungapan Malang