in ,

5 Makanan Indonesia Ini Mirip dengan Makanan Thailand, Nomor 5 Pasti Kesukaanmu!

Indonesia dan Thailand dikenal sebagai negara yang memiliki banyak kemiripan, salah satunya di bidang kuliner. Kemiripan bahan baku dan bumbu yang dipakai membuat cita rasa lidah kedua negara nyaris identik. Daripada penasaran, yuk kita bahas 5 makanan Indonesia yang mirip banget dengan makanan Thailand!

Baca juga : Kolam Alami Biru-Biru, Bikin Pengen Nyeburr!

1. Tumis Kangkung – Pad Pak Boong Fai Daeng

Image may contain: food
Pad Pak Boong Fai Daeng via Instagram/kathy__kook

Makanan ini termasuk hidangan yang paling sederhana dan mudah dibuat karena hanya berbahan dasar daun kangkung dengan tambahan bumbu-bumbu dapur seperti irisan cabai, bawang putih, saus tiram, gula, dan garam.

Tidak jauh berbeda dengan ‘saudara’nya, sayuran Pad Pak Boong Fai Daeng asal Thailand juga berbahan dasar sama, berikut dengan bumbu-bumbu yang dipakai. Bedanya, hidangan dengan nama lain ‘Stir-Fried Morning Glory‘ ini juga biasa dicampur dengan minyak dan potongan daging babi.

2. Gulai Ayam – Chicken Massaman Curry

Image may contain: food
Chicken Massaman Curry via Instagram/ning_napasorn

Siapa yang belum pernah makan gulai ayam? Perpaduan ayam yang gurih dengan kuahnya yang kental membuat kita ketagihan untuk memakannya.

Ternyata, Thailand juga punya gulai ayam versinya sendiri, loh! Hidangan bernama Massaman Gaeng Kai ini terdiri dari ayam, kentang, kapulaga, kembang lawing atau pekak, jintan putih, kayu manis, daun salam, dan pala. Rasanya merupakan perpaduan dari gurih dan asin, cocok buat Teman Traveler yang suka menyantap kuliner bertekstur kental.

3. Bihun Goreng – Pad Thai

Image may contain: food
Pad Thai via Instagram/sweetgreensvegan

Tidak cuma di Indonesia, hidangan bihun juga eksis di Thailand. Di sini, makanan yang bernama Pad Thai ditumis dengan irisan tahu dan telur, kemudian dibumbui dengan kecap ikan, asam jawa, bawang merah dan putih, cabai merah, dan gula jawa, lalu disajikan dengan irisan jeruk limau, udang, dan kacang tanah goreng. Rasanya jangan ditanya, perpaduan dari asam segar dan gurih!

4. Ayam Sambal Hijau – Gang Keow Wan

Image may contain: food
Gang Keow Wan via Instagram/charminganni

Ketika Indonesia punya ayam sambal hijau, di Thailand, mereka punya Gang Keow Wan. Hidangan ini berbahan dasar santan dan cabai hijau yang ditumbuk bersama bawang merah, bawang putih, sereh, kunyit merah, jintan putih, kapi (sejenis terasi Thailand), lengkuas, kulit jeruk purut, ketumbar, lada putih, dan garam. Rasanya sedikit manis pekat dengan sensasi pedas.

5. Nasi Goreng – Khao Pad Tom Yum

Image may contain: food
Khao Pad Tom Yum via Instagram/matsuokahal

Nah, siapa yang tidak suka nasi goreng? Di Thailand, khao pad tom yum menjadi salah satu makanan favorit warga, khususnya anak-anak. Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, bahan baku utama hidangan ini menggunakan beras melati khas Thailand. Beras ini memiliki bentuk yang lebih lonjong dibandingkan beras pada umumnya, dengan rasa dan aroma yang seperti perpaduan kacang dan pandan.

Kuliner yang satu ini juga menambahkan bahan-bahan unik lainnya, seperti kepiting, udang, dan kecap ikan. Jangan ditanya rasanya, pasti gurih dan nikmat!

Nah, demikian 5 makanan Indonesia yang mirip banget dengan makanan Thailand. Apa kalian sudah pernah mencobanya? Next

ramadan

Sego Megono Bu Ari, Kuliner Khas Pekalongan di Jogja yang Pembelinya Harus Rela Antre

Suasana ngopi di Omah Tua

Omah Tua Coffee & Library, Ngopi di Markas Strategi 10 November