in , ,

Mangrove Munjang Kurau Barat, Sisi Cantik Lain Bangka

Melongok Cantiknya Kawasan Mangrove Munjang Kurau Barat

Menjelajah Mangrove Munjang
Menjelajah Mangrove Munjang (c) kapten197/Travelingyuk

Pulau Bangka lebih dari sekedar timah dan pantai. Jika Teman Traveler jeli, ada banyak potensi lain yang belum dikenal banyak orang, hutan mangrove misalnya. Salah satu tempat yang cukup recommended untuk kalian sambangi adalah Mangrove Munjang Kurau Barat.

Baca juga : Batagor Legendaris dan Terenak di Bandung, Favorit Pecinta Jajanan Pinggir Jalan

Mangrove Sungai Munjang (c) kapten197/Travelingyuk

Tak sekedar indah, kawasan hutan ini juga merupakan penyangga ekosistem yang punya peran penting. Cocok dikunjungi Teman Traveler yang mendambakan sensasi petualangan bagai menjelajah hutan belantara. Yuk, simak pengalaman saya menjelajah Mangrove Kurau Barat berikut ini.

Jelajah Sungai Naik Perahu Motor

Naik perahu keliling sungai (c) kapten197/Travelingyuk

Sesuai namanya, kawasan mangrove ini berada di Sungai Munjang, Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Luasnya mencapai 213 hektar, namun baru 30 persen yang dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata. Tergolong anyar karena baru diresmikan pada 22 Juli 2017 silam.

Ada dua cara untuk menjelajah kawasan mangrove ini, yakni dengan jalan kaki dan naik perahu. Opsi pertama jarang dipilih karena memakan waktu lama. Kebanyakan wisatawan biasanya lebih suka menjelajah sekitar sembari duduk santai di atas perahu motor.

Deretan mangrove yang mempesona (c) kapten197/Travelingyuk

Cukup membayar Rp10.000 per orang, Teman Traveler sudah bisa menumpang perahu yang sanggup memuat 10-14 orang tersebut. Kalian bakal diantar mengarungi sungai di sekitar kawasan mangrove. Dijamin seru dan menjadi pengalaman tak terlupakan. Sepanjang perjalanan kalian akan dimanja pemandangan indah nan asri.

Suasana di sekitar hutan mangrove (c) kapten197/Travelingyuk

Jika jeli, Teman Traveler akan melihat beberapa satwa liar seperti biawak, ular, burung, serta monyet di sekitar sini. Semuanya menggantungkan keberlangsungan hidup dari kawasan mangrove.

Bergerak makin jauh, Teman Traveler bakal merasakan atmosfer ala Hutan Amazon di Brasil. Pinggiran sungai dihiasi deretan mangrove mempesona. Barisan akarnya membentuk karya seni alam yang sempurna. Tak heran jika pengunjung lantas lebih banyak memilih menjelajah kawasan ini dengan naik perahu motor.

Pesona Alam Tiada Duanya

Tulisan unik yang dijumpai di wisata mangrove munjang/kapten 197

Berbeda dengan hutan biasa, kawasan hutan mangrove tawarkan sensasi yang berbeda. Mungkin ada beberapa Teman Traveler yang berpikir tempat semacam ini tak ada istimewanya. Namun jika diperhatikan seksama, banyak hal menarik bisa didapat di sini.

Menjelajah di kawasan ini, Teman Traveler bakal dimanja aroma lembut tanaman bakau dan nipah. Sensasinya benar-benar membikin tubuh rileks. Selain itu masih ada beragam jenis tumbuhan yang ciptakan pesona estetis luar biasa. Semua berpadu sempurna dengan satwa yang berkeliaran di sekitarnya.

Tersedia Fasilitas Lengkap

Pendopo dan tempat penangkaran kepiting (c) kapten197/Travelingyuk

Pesona menarik lain dari Hutan Mangrove Munjang Kurau Barat adalah perpaduan konsep wisata dan edukasi. Tak sekedar menyegarkan pikiran, di sini Teman Traveler akan mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru seputar mangrove.

Salah satu spot foto menarik (c) kapten197/Travelingyuk

Begitu sampai di tempat bersandarnya perahu, Teman Traveler akan disambut beberapa fasilitas yang bakal bikin tercengang. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan panjang dengan lebar dua meter. Pas buat kalian yang ingin nikmati suasana sambil berjalan kaki. Tak perlu khawatir harus melintasi jalan becek dan berlumpur.

Jika kaki sudah mulai lelah, Teman Traveler bisa bersantai di beberapa tempat duduk yang tersedia. Desainnya cukup menarik karena seolah menempel pada akar bakau. Sangat indah dan kerap dijadikan sebagai latar belakang berfoto.

Jembatan kayu panjang (c) kapten197/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hobi foto-foto, ada beberapa spot keren yang bakal menggoda kalian untuk segera mengabadikan momen. Hasil gambarnya dijamin memukau.

Tak hanya itu, masih ada beberapa fasilitas menarik lain seperti pendopo dan tower yang lokasinya tak jauh dari parkiran perahu. Pendopo biasa digunakan untuk menggelar pertemuan maupun diskusi, sementara tower bisa dijelajahi mereka yang punya nyali melihat panorama hutan dari ketinggian.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Mangrove Munjang Kurau Barat. Bagaimana, pesona kecantikan Bangka tak sebatas pantai saja bukan? Yuk, segera rencanakan liburan ke sini. Next

ramadan
Petualangan mendaki Gunung Sumbing

Menyapa Gunung Sumbing, Tertinggi Kedua di Jawa Tengah

Feisty but Fertile Sangiang Volcanic Island