in

Mantai ke Morotai, Tempat yang Pas untuk Santai

Morotai

Mantai ya ke Morotai, di sana kamu bisa santai-santai menikmati alam yang mengagumkan. Hamparan pasir putih tersuguh dengan begitu indahnya. Kamu bisa bermain-main di sana bareng orang-orang terdekat menghabiskan waktu memburu pengalaman yang tak terlupakan. Memang benar, selama ini Morotai dikenal sebagai tempat yang memiliki pantai keren. Air laut yang kebiruan begitu serasi dengan daratan. Belum lagi ombak-ombak yang menggulung bagai tarian alam eksotis.

Baca juga : Umbul Ponggok dan 6 Kolam di Daratan yang Keren Untuk Snorkeling

Di mana sih sebenarnya letak Morotai itu? Jika melihat peta, kamu bisa menemukannya di bagian utara Maluku. Secara administratif masuk dalam wilayah Provinsi Maluku Utara berbentuk Kabupaten dengan gugusan pulau lain di sekitarnya. Bukan hanya pantai yang keren di Morotai, kamu bisa puas menikmati wisata baharinya. Mengintip biota laut dan terumbu karang warna-warni. Berikut ini adalah ulasan lebih lengkap tentang berbagai destinasi wisata di Morotai, yuk segera ke sana!

1. Pulau Zum-Zum

Pulau Zum Zum
Pulau Zum Zum

Selain alamnya keren, daratan yang dikenal juga dengan nama pulau Sum-Sum tersebut tidak bisa dilepaskan dari peristiwa bersejarah Perang Dunia II. Pasukan sekutu di bawah pimpinan Jenderal Douglas Mac. Arthur menjadikan Pulau Zum-Zum sebagai tempat peristirahatan. Itulah mengapa Pulau Zum-Zum disebut juga dengan Mac. Arthur Island. Untuk sampai di sini kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 8 km saja dari Daruba menggunakan speedboat. Setelah itu, kamu bisa menikmati jejak-jejak sejarah Perang Dunia II dan pantai-pantai berpasir putih yang indah. Ada gua yang dulunya dijadikan pusat komando hingga bekas landasan helikopter.

2. Pulau Rao

Pulau Rao
Pulau Rao

Pulau Rao atau lengkapnya Posi Posi Rao adalah salah satu bagian dari Kabupaten Morotai yang nggak kalah keren. Kamu bisa mencapai pulau ini dengan menyewa speedboat. Selama perjalanan, kamu akan melihat birunya air laut dengan ikan-ikan kecil samar-samar terlihat di dalamnya. Bentuk pantai dan suasananya begitu unik, kamu akan menemukan bebatuan karang yang langsung dihempas ombak laut. Kamu bisa berkeliling untuk menikmati keindahan pantau di Pulau Rao. Penduduk setempat juga terkenal ramah dalam menyambut wisatawan.

3. Pulau Kolorai

Pulau Kolorai
Pulau Kolorai

Letak Pulau Kolorai berada di bagian selatan Daruba. Tentu saja keindahannya menjadi magnet kuat dan daya tarik. Kamu nggak boleh melewatkan pulau ini jika berkesempatan datang ke Morotai. Daratannya cukup luas dan dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Mereka sangat ramah, bahkan saat tiba di dermaganya sudah ada anak-anak kecil yang memberikan sambutan hangat. Sebagian pria di Kolorai berprofesi sebagai pembuat kapal. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan informasi seputar pekerjaan mereka. Puas bercengkerama dengan penduduk setempat, luangkan waktu untuk menyelami keindahan bawah lautnya. Terumbu karang dan ikan-ikan di sana cantik-cantik lho.

4. Pantai Rorasa

pantai Rorasa
pantai Rorasa

Pantai Rorasa adalah lokasi santai yang termasuk destinasi utama di Morotai. Ada banyak sekali suguhan keren dan beberapa tempat sangat bagus dijadikan lokasi foto. Fasilitasnya juga cukup mumpuni, dijamin kamu akan merasa nyaman selama ada di sana. Menemukan Pantai Rorasa cukup mudah kok, kamu hanya perlu menempuh perjalanan menuju Desa Buho-Boho di Pulau Morotai. Dari desa itu, lokasi Pantai Rorasa sudah sangat dekat. Kamu bisa bertanya arah pada penduduk setempat.

5. Tanjung Gorango

Tanjung Gorango
Tanjung Gorango

Tanjung Gorango adalah surga di Morotai. Jika kamu melihatnya dari atas ketinggian, sebuah pantai dengan pasir putih begitu serasi dengan lautan yang biru. Letaknya ada di antara Desa Garua dan Korago di wilayah Kecamatan Morotai Utara. Karena lokasi jauh dari ibu kota Morotai yaitu Daruba, maka kamu harus menempuh perjalanan salam kurang lebih 3 jam. Jalurnya cukup terjal, akan lebih aman jika kamu menggunakan kendaraan roda dua. Selain itu, fasilitasnya juga belum lengkap. Siapkan bekal seperti makanan dan lain sebagainya, agar liburanmu jadi lebih menyenangkan. Saat air laut surut, pasir pantai akan terhampar lebih luas lagi berpadu dengan bebatuan karang yang menambah kecantikan Tanjung Gorango.

6. Pulau Dodola

Pulau Dodola
Pulau Dodola

Julukan keren untuk Dodola adalah mutiara di bibir Pasifik, sebutan itu nggak berlebihan karena memang Pulau Dodola menampilkan pemandangan alam yang keren sekali. Kawasan tersebut terdiri dari dua bagian. Yaitu Dodola besar dan Dodola kecil. Saat air laut surut, dua pulau akan terhubung dengan daratan berpasir, menyuguhkan sebuah pemandangan yang cantik luar biasa. Fasilitas yang telah tersedia di Dodola adalah penginapan berbentuk cottage dan wahana jetski. Karena masih dalam pengembangan, penginapan di Dodola masih belum dilengkapi dengan listrik. Jarak antara Dodola dan dan Daruba bisa kamu tempuh dalam perjalanan selama 30 menit saja menggunakan speedboat. Jika kamu memang ingin menginap, bisa menghubungi Dinas Pariwisata setempat.

Itulah beberapa destinasi wisata yang keren di Morotai. Tentu masih banyak tempat lain yang belum diulas dan keindahannya nggak kalah keren. Semoga informasi di atas bisa membuat kamu lebih tergugah dan semangat menjelajahi tempat-tempat keren di Nusantara. Next

ramadan

Maratua Jazz and Dive Festival, Dua Keindahan di Maldives van Borneo

Manfaatkan Jatah Cuti Akhir Tahun buat Liburan Murah? Gini Caranya