in ,

Masakan Padang, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Menu masakan padang yang menggugah selera
Menu masakan padang yang menggugah selera

Berbicara mengenai Sumatera Barat pastinya tidak jauh dari kuliner rendang. Benar! Rendang adalah makanan khas Nusantara khususnya kota Padang yang terkenal hingga ujung dunia. Biasanya rendang ini hadir paling terdepan di menu masakan Padang. Saking populernya, dimanapun kamu berada, warung ini selalu mudah ditemui.

Baca juga : Icip-icip Kuliner di Pandeglang, Sedapnya Bikin Terngiang

Menu masakan padang yang menggugah selera
Menu masakan padang yang menggugah selera. Foto via orami.com

Kini masakan khas nusantara ini tidak hanya dinikmati oleh warga lokal saja, namun diberbagai negara masakan padang kerap kali ditemui. Cita rasa masakan padang sangat kentara terasa dari rempah-rempah pilihan khas nusantara yang membuat lidah tak pernah berhenti emngunyah.

Selera Lidah Nusantara

Porsi masakan padang disebuah piring dengan dua jenis sambal yang pedas
Porsi masakan padang disebuah piring dengan dua jenis sambal yang pedas. Foto via detik.com

Pedas memang identik dengan masakan Indonesia, dan pastinya tidak pernah luput dari segala menu masakan Padang. Tanpa rasa pedas, jiwa tidak semangat, dan pastinya lidah terasa kelu. Sebagai bahan utama pedas adalah cabai, dan Indonesia adalah tempat bertumbuhnya cabai yang sangat subur sehingga mempengaruhi segala aspek kuliner. Hingga pemberian rasa pedas membudaya hingga sekarang.

Bikin Ketagihan

Masakan Padang memang bikin ketagiahn banyak orang. Bagaimana tidak, lauk pauk yang dibumbuhi dengan bumbu lengkap sehingga rasa dan aromanya tetap terbaik dari masakan lainnya. Rendang salah satunya, kuliner ini diklaim masuk 50 makanan terlezat didunia.

Porsi besar nasi padang dengan lauk yang lengkap dijamin kenyang
Porsi besar nasi padang dengan lauk yang lengkap dijamin kenyang namun harga sangat ramah dikantong. Foto via pergikuliner.com

Harganya pun sangat ramah dikantong, satu porsi masakan padang biasa dibanderol mulai dari Rp. 15.000 per porsi. Dengan harga semurah itu sudah membuat mu kenyang. Kebanyakan warung masakan padang menggratiskan air teh tawar panas tanpa gula.

Sajian Menu yang Beragam, Hingga Porsi Jumbo

Serasa bukan hanya warung tegal saja yang menyuguhkan anekaragam pilihan lauk pauk. Masakan Padang juga banyak pilihan menunya. Mulai dari Rendang, Kare ayam, ayam goreng, berbagai ikan laut dan tawar, tahu tempe, telur balado dan goreng, udang peyek, berbagai sayuran santan dan masih banyak lagi.

Bungkus nasi padang biasanya lebih banyak daripada makan ditempatBungkus nasi padang biasanya lebih banyak daripada makan ditempat
Bungkus nasi padang biasanya lebih banyak daripada makan ditempat. Foto via pergikuliner.com

Penyajian pun sangatlah cepat, biasanya pelayan akan menumpuk piring-piring lauk di kedua lengannya seolah beraktrasi. Pada masa penjajahan banyak orang Belanda memilih makan langsung di restoran sedang warga lokal lebih memilih dibungkus. Dengan sengaja, pemilik restoran membungkus porsi nasi lebih banyak agar bisa dinikmati seluruh keluarga dirumah.

Ada juga yang sering meminta tambahan nasi ketika makan direstoran, dan masih banyak lagi asumsi dibalik penyajian nasi padang yang memiliki banyak filosifi. Next

ramadan
Daisy dan Modjaji

Ditemukan Yatim Piatu di Alam Liar, Bayi Badak dan Zebra ini Jadi Besti Menggemaskan

Motif Ornamen Gigi Balang menjadi Ikonik Tradisional Betawi

Bentuk Gigi Balang, Uniknya Ornamen Khas Betawi yang Penuh Makna