in , , ,

Super Unik! Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu

Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu
Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu

Tak perlu bingung mencari tujuan untuk berwisata. Akhir pekan adalah waktu terbaik untuk merefreshkan diri dari segala rutinitas pekerjaan yang membuat beban makin besar. Setelah bekerja semingguan penuh, rasanya tubuh kamu perlu dimanjakan dengan sedikit berlibur. Bagi kamu yang mendiami kawasan Banjar, Kalimantan Selatan mungkin tidak asing lagi dengan Pasar Terapung di Kuin dan Lok Baitan. Salah satu destinasi andalan Kalimantan Selatan ini selalu dikunjungi oleh traveler dari penjuru nusantara bahkan mancanegara.

Baca juga : 4 Hotel di Batu dengan Konsep Alam Pedesaan

Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu
Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu . Foto via detik.com

Sisi lain, ketika berkunjung ke Banjar, sangat disayangkan bila tidak menikmati wisata religi yang tengah menjadi ikon kota Banjar ini. Berbagai deretan masjid bersejarah seperti Masjid Sultan Suriansyah, Masjid Jami Sungai Jingah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Tuhfaturroghibin, dan Masjid Syekh Abdul Hamid Abulung. Deretan masjid tersebut ternyata ada salah satu masjid yang sangat unik. Pasalnya seluruh bangunan terbuat dari bambu.

Jika dilihat dari samping masjid ini layaknya kapal pinisi yang sedang berlayar
Jika dilihat dari samping masjid ini layaknya kapal pinisi yang sedang berlayar. Foto via antaranews.com

Masjid dengan nama Bambu KH Abdul Qadir Hasan memiliki tampilan sangatlah unik, jika kamu melihat dari sisi samping maka akan terlihat seperti kapal sedang berlayar. Jika dilihat dari arah jalan raya, kamu akan melihat masjid ini layaknya gedung Opera Sydney hanya saja warna masjid identik dengan cokelat.

Sisi depan nampak atap masjid seperti Opera Sydney
Sisi depan nampak atap masjid seperti Opera Sydney. Foto via wartabanjar.com

Lokasi Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan ini berada di Desa Kiram, Kecamatan Intan Kbupaten Banjar. Sekitar 25 kilometer dari pusat Banjarbaru, dan sekitar 55 kilometer dari pusat Ibukota Kalimantan Selatan. Meski terbuat dari bambu, penopang utama dari masjid ini adalah pipa besi, jadi jangan khawatir akan ketahanannya. Kekokohannya sudah teruji sangat baik dan mampu menampung banyak jemaah dengan total jamaah hingga 300 orang.

Interior masjid bambu Banjarbaru Kalimantan Selatan
Interior masjid bambu Banjarbaru Kalimantan Selatan. Foto via detik.com

Masjid ini terdiri dari dua lantai dengan lantai dua sebagai ruang utama seluas 15 x 15 meter dengan semua material terbuat dari bambu. Sedangkan untuk lantai 1 atau lantai dasar digunakan sebagai tempat wudhu dan toilet. Ide unik dari arsitektur masjid bambu ini diambil dari Balanting bambu yang terdapat di wisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Bentuk gaya arsitektur layaknya jukung atau sejenis kapal khas Banjar. Next

ramadan
Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan

Jalan-Jalan Ke Nepal Van Java Magelang Ketika Hujan? Berikut Tipsnya!

Prajurit Perang Dunia Pertama

Foto Tentang Kejadian Masa Lalu yang Menggemparkan