in ,

4 Masjid di Korea Selatan agar Travelingmu Paripurna

Meski tidak banyak, di Korea Selatan tersedia masjid dengan keindahan masing-masing. Kamu juga bisa mendapatkan bahan makanan halal di beberapa masjid.

Masjid di Korea Selatan
masjid seoul central

Masjid di Korea Selatan dan Korea Utara memang tidak sebanyak di negara tetangganya, seperti Jepang atau bahkan Tiongkok. Apalagi dengan Indonesia ya, yang rasanya di tiap RT atau RW masih bisa menemukan beberapa rumah ibadah muslim seperti musala dan masjid.

Baca juga : Spot Instagenic di Papepo Museum Kyoto, Wisata Hits Jepang yang Serba Pink

Negeri Ginseng ini adalah salah satu destinasi wisata idaman muslim dan muslimah. Bisa karena memang hobi traveling, atau karena terpikat keindahannya di berbagai campaign ‘terselubung’ seperti drakor. Bahkan ada juga yang ingin liburan ke sana karena ingin menghirup udara yang sama dengan idolnya.

Nah, kalau kamu Teman Traveler muslim ingin traveling ke sana, catat informasi mengenai tempat ibadah umat Islam di Korea Selatan yang memang langka, tapi bisa jadi persinggahan untuk melakukan salat bila ada di dekatnya. Bukan hanya itu, kita juga bisa melihat hamparan pemandangan kota yang luar biasa dari sana.

Masjid di Korea Selatan yang tertua, Seoul Central Park

Masjid di Korea Selatan
Seoul Central Mosque. Foto via Koreatour.com

Masjid Seoul Central merupakan rumah ibadah muslim terbesar dan tertua di Korea Selatan. Masjid ini berlokasi di kawasan Itaewon, yang merupakan pemukiman warga asing dan pendatang. Masjid Seoul Central mulai beroperasi pada tahun 1976 oleh sekelompok muslim Korea dan warga asing di Korea Selatan.

Masjid yang terbuka 24 jam ini memiliki fasilitas lengkap, seperti ruang salat luas, aula utama, perpustakaan, dan tempat wudu. Selain itu, bangunan tersebut memiliki kantin yang menyediakan makanan halal bagi jamaah.

Masjid tertua dan terbesar di Korea Selatan. Foto via: Instagram/davidkrlove

Masjid Seoul Central menjadi pusat kegiatan muslim di Korea Selatan. Setiap harinya, masjid ini mengadakan berbagai kegiatan dan acara keagamaan, seperti pengajian dan ilmu yang berkaitan dengan agama Islam bagi muslim di sana. Termasuk menjadi tempat untuk mengadakan perayaan Idulfitri dan Iduladha.

Kabarnya, apapun keyakinan kita tetap boleh datang ke sini. Dengan syarat, menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Masjid Busan Al Fatah

Masjid di Korea Selatan
Busan Al Fatah Mosque. Foto via blog.halal-navi.com

Nah, sedikit geser dari wilayah Seoul adalah Masjid Busan Al Fatah. Memang tidak sebesar Masjid Seoul Central, tapi tetap nyaman dan teduh untuk beribadah. Masjid yang ada mulai tahun 1980 ini tentunya juga menjadi salah satu pusat kegiatan warga muslim di area tersebut.

Di antaranya ada kegiatan belajar bahasa Arab, mengaji Al Qur’an, dakwah, serta aktivitas komunitas muslim Korea Selatan lainnya. Banyak pengunjung yang mengakui bahwa arsitektur Busan Al Fatah ini indah dan membuat hati tenang. Hanya saja, kemungkinan masjid ini tidak selalu buka. Oleh karena itu, bila ingin ke sana bisa mencari informasi mengenai jam operasionalnya.

Bagian dalam yang memiliki desain indah. Foto Via Destination on Map

Masjid ini berdekatan dengan rumah makan Cappadocia sebagai salah satu penanda jalannya. Yakni rumah makan yang juga menyajikan kuliner halal. Oleh sebab itu, banyak turis yang pernah ke masjid ini, merekomendasikan pada muslim lainnya untuk mampir ke rumah ibadah yang berlokasi di 30-1 Namsan-dong, Geumjeong-gu tersebut.

Ansan Masjid di Korea Selatan

Masjid Ansan di kaki bukit. Foto via Khazanah Masjid

Selain Busan Al Fatah, Masjid Ansan juga memiliki arsitektur dan desain yang indah. Dengan kaca yang memantulkan keindahan langit Ansan dan berada di kawasan kaki bukit yang bisa melihat pemandangan dan aktivitas masyarakat di sekitar. Jadi, tidak perlu khawatir saat sedang eksplorasi kawasan ini dan butuh salat.

Rumah ibadah yang berlokasi di 16-1 Wongokgongwon-ro, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do ini, terbilang cukup aktif dalam menggelar kegiatan untuk komunitas muslim di sana. Sehingga meski tempatnya terlihat seperti gedung kecil, tetapi terbilang banyak muslim yang datang untuk beribadah, mengikuti dakwah atau kegiatan hari besar.

Bangunan yang memiliki 4 lantai ini juga memiliki sebutan Masji Sirothol Mustaqim. Ruangan salat ada di lantai 2 dan 3. Sedangkan lantai 4 untuk kegiatan lainnya. Lantai dasar merupakan lahan parkir dan area untuk wudu.

Masjid Sayyidina Bilal

Tidak banyak yang membahas ada ekstra masjid di Korea Selatan. Nah yang satu ini, kebanyakan penggunanya adalah WNI lho. Jadi kalau kita ke sana, seperti bertemu saudara sendiri dan lebih nyaman.

Masjid Sayyidina Bilal Changwon Foto via Foursquare dan Facebook

Bangunannya memang tidak seperti ketiga masjid di atas, lebih ke desain bangunan modern dengan warna abu-abu dan tertulis jelas nama Masjid Sayyidina Bilal. Namun, prinsipnya tempat ibadah yang penting adalah bisa mendukung kebutuhan beribadah bagi umatnya.

Apalagi kalau sedang di negeri orang dan menemukan tempat yang seperti ‘rumah sendiri’, tentu bisa memberikan ekstra kenyamanan. Yang lebih oke lagi, di lokasi ini tersedia tempat membeli makanan halal atau kebutuhan-kebutuhan bahan makanan halal lainnya. Alamatnya berada di 31-15 Seongsan-gu, Jungang-dong.

Bagi muslim, traveling juga merupakan hal yang menambah rasa syukur dan takjub akan keagungan Allah SWT. Namun, jangan sampai ibadah terlewat, karena selalu ada jalan untuk bisa menunaikannya.

Selain masjid, kita juga bisa menemukan tempat ibadah muslim dengan kata kunci ‘Islamic Center’. Sebab selain keempat masjid di atas, kita juga bisa menemukan beberapa Islamic Center yang menyediakan ruang salat di dalamnya.

Dengan adanya informasi masjid di Korea Selatan ini, harapannya bisa membantu teman travel untuk lancar dalam melakukan perjalanan, beribadah, sekaligus berhubungan dengan komunitas muslim di negara tetangga. Next

ramadan
Wisata alam di Kepulauan Sula

Wisata Alam di Kepulauan Sula, Tak Kalah dari Bali

Wisata Jeep Tour

5 Wisata Jeep Tour yang Pas untuk Liburan Penuh Tantangan