in , ,

Deretan Masjid Indah Surabaya, Manjakan Mata Sembari Ibadah

Sejumlah Masjid Indah Surabaya dengan Arsitektur Menarik

Masjid Al Akbar Surabaya
Masjid Al Akbar Surabaya via Instagram desifatmawati

Banyak orang mungkin mengenal Surabaya sebagai kawasan metropolitan. Namun di balik hingar bingarnya, Kota Pahlawan punya banyak tempat ibadah dengan arsitektur menarik. Bagi para penggemar wisata religi, terdapat sejumlah masjid indah Surabaya yang tak boleh dilewatkan.

Baca juga : Mengenal Ayam Kesrut, Kuliner Khas Suku Osing di Festival Bakul

Masing-masing masjid tersebut juga menyimpan kisah sejarah yang tak kalah menariknya. Jika berkunjung ke sana, hitung-hitung manjakan mata sembari beribadah. Berikut Travelingyuk sajikan daftar masjid indah Surabaya yang layak disimak.

1. Masjid Al-Akbar

Masjid Al Akbar
Masjid Al Akbar via Instagram wow_java

Masjid ini sering juga disebut Masjid Nasional Al-Akbar atau Masjid Agung Surabaya. Suasana di sini kerap ramai, karena letaknya tepat di samping jalan tol Surabaya – Porong. Artinya sangat mudah diakses kendaraan.

Salah satu keunikan Masjid Al-Akbar adalah kubah besar dengan warna turqoise, membuatnya tampak mencolok bahkan dari kejauhan. Selain itu ada menara setinggi 99 meter yang bisa dinaiki menggunakan lift. Pengunjung pun bisa melihat indahnya Surabaya dari ketinggian.

2. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo
Masjid Muhammad Cheng Hoo via Instagram akucintasurabaya

Masjid satu ini sudah sangat terkenal di antara warga Surabaya. Letaknya ada di Jl Gading, Ketabang, Genteng. Dari luar saja, bangunan yang diresmikan pada 2002 ini sudah kelihatan beda karena lebih mirip pagoda ketimbang masjid.

Bagian dalam Masjid Cheng Hoo
Bagian dalam Masjid Cheng Hoo via Instagram bawazir_fa

Desain bernuansa oriental dipilih bukan tanpa alasan. Sesuai namanya, masjid ini didirikan untuk mengenang kisah hidup Muhammad Cheng Hoo. Beliau adalah seorang laksamana Tiongkok muslim dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara.

3. Masjid Kembang Kuning

Masjid Rahmat Kembang Kuning
Masjid Rahmat Kembang Kuning (c) Kemenag

Menelusuri deretan masjid indah Surabaya tentu tak lengkap jika tak berkunjung ke Masjid Rahmat di Kembang Kuning. Menurut beragam laporan dan sumber, bangunan yang dulunya berbentuk sederhana ini merupakan masjid tertua di Kota Pahlawan.

Sejarah masjid ini dimulai dari inisiatif Sunan Ampel menyebarkan Islam. Untuk mewujudkan niatnya, ia harus berduel dengan tokoh setempat bernama Mbah Wirasoeroyo atau dijuluki Ki Mbang Kuning. Sunan Ampel menang dan akhirnya Islam pun mulai masuk ke wilayah ini.

4. Masjid Ampel

Masjid Ampel
Masjid Ampel via Instagram surabayapunyacerita

Nama Masjid Ampel tentunya sudah familiar di telinga para penggiat wisata religi. Masjid kuno satu ini terletak di kawasan Semampir. Namun tak banyak orang tahu bahwa bangunan yang digagas Sunan Ampel ini menjadi perlambang akulturasi beragam budaya.

Bagian dalam Masjid Ampel
Bagian dalam Masjid Ampel via Instagram prayogi_hendri

Di sekeliling masjid terdapat lima gapura yang melambangkan rukun islam. Selain itu ada pula sumur air berkah yang dipercaya masyarakat sekitar memiliki khasiat sama seperti air zamzam. Terakhir, nuansa Timur Tengah di sini sangat terasa dengan hadirnya banyak pedagang yang menjajakan barang ala Arab.

5. Masjid Nurul Huda

Masjid Arif Nurul Huda
Masjid Arif Nurul Huda via Instagram jalanjalandijawa

Masjid Nurul Huda merupakan sebuah masjid megah yang berdiri di kawasan Mapolda Jawa Timur. Dengan ukuran dua ribu meter persegi, bangunan ibadah yang diresmikan pada 13 Februari 2018 ini diperkirakan mampu menampung tak kurang dari 1600 jamaah.

Masjid Arif Nurul Huda
Masjid Arif Nurul Huda via Instagram ronnan_ahmad

Uniknya, Masjid Nurul Huda juga menyediakan fasilitas khusus untuk para penyandang disabilitas. Selain itu arsitekturnya juga sangat indah. Di dalam maupun luar masjid terdapat banyak ornamen indah memanjakan mata.

Itulah tadi sekilas mengenai pesona dan daya tarik sejumlah masjid indah Surabaya. Bagaimana, siap menjalani wisata religi di Kota Pahlawan? Next

ramadan

Wisata Bukittinggi yang Cocok untuk Ngabuburit Seru Sambil Berburu Foto

Beda Dengan yang Lain, Inilah 5 Sajian Mie Warna Tak Lazim