in , , , , ,

Masjid Terapung Samudera Illahi di Painan, Wisata Religi Menjelang Ramadan

Wisata relig di masjid terapung Sumatra Barata

fi masjid terapung

Tidak terasa sebentar lagi menjelang bulan suci Ramadan, ada banyak ibadah yang bisa dilakukan, saat lebih khusyuk menghadap arah kiblat dan wisata religi yuk! Ke Masjid Terapung Samudera Illahi di Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Memiliki keunikan yaitu seperti terapung berada di bibir laut. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Pilihan Gelato di Lombok, Manjakan Lidah dengan si Manis nan Dingin!

Arti Nama Samudera Illahi

arti nama
Ilustrasi via instagram ianpiliang

Masjid Terapung Samudera Illahi ini dibangun pada lahan seluas 1.795 meter persegi, baru saja secara resmi mulai digunakan pada bulan Februari 2021 lalu. Dengan daya tarik bangunan tertancap tepat berada di bibir pantai, sehingga tampak terapung.

Nama masjid itu sendiri memiliki makna bathiniah yang sangat dalam. Diharapkan saat memasuki masjid dapat menyadarkan umat bahwa dia memasuki lautan Ketuhanan dengan segala sifat-Nya, Kebesaran Allah, Keagungan Allah, dan Kehalusan Allah.

Menjadi Ikon Wisata Baru

ikon wisata baru
Ilustrasi via instagram jeampaten_

Masjid terapung ini menjadi ikon wisata baru dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung Pantai Carocok. Banyak wisatawan lokal berdatangan ingin melihat masjid ini.

Uniknya jika ingin memasuki area masjid harus melewati jembatan penghubung antara daratan dengan pintu masjid. Di sini bisa menampung 300 jemaah, ada selasar, 2 menara setinggi 32 meter dan taman.

Sebagai Pusat Budaya Islam

sebagai pusat budaya islam
Ilustrasi via instagram nolsix

Selain sebagai tempat ibadah pengunjung Pantai Carocok, Teman Traveler bisa mempelajari sejarah serta budaya karena sekaligus sebagai tempat pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama islam. Diharapkan menjadi destinasi wisata religi populer di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wisata di Pantai Carocok

pantai carocok
Ilustrasi via instagram wa.nade

Selanjutnya Teman Traveler bisa mengunjungi Pantai Carocok di mana satu area dengan masjid terapung. Menawarkan pemandangan pantai yang indah serta kecantikan bawah lautnya. Terdapat 70 hektar terumbu karang terawat dan 400 hektar hutan mangrove.

Teman Traveler bisa menjelajahi kawasan pantai dengan berjalan menuju Pulau Batu Kareta dengan melewati jembatan, di sini terdapat peninggalan puing-puing benteng Portugis. Selain itu dapat bermain air pada wahananya seperti banana boat, donat boat, flying fox dan jetski.

Harga tiket masuk Rp 5.000, biaya sewa perahu Rp 20.000 pulang-pergi, biaya naik wahana mulai Rp 25.000 sampai Rp 150.000, dan sewa peralatan snorkeling Rp 50.000. Pantai Carocok dan masjid terapung berlokasi di Kecamatan IV Jurai, Kapubaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat. Jam operasional wisata 24 jam buka setiap hari.

Demikian ulasan Masjid Terapung Samudera Illahi dan Pantai Carocok di Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Dapat dijadikan referensi wisata religi Teman Traveler saat bulan Ramadan. Next

ramadan
fi taman kelinci malang

Taman Kelinci Pujon, Bermain Bersama Hewan Menggemaskan

fi bukit siregol

Bukit Siregol di Purbalingga, Hutan Amazon Indonesia