in , , ,

Bukit Siregol di Purbalingga, Hutan Amazon Indonesia

Kawasan Bukit Siregol mirip hutan Amazon

fi bukit siregol

Sebuah lokasi di Jawa Tengah ini ramai di media sosial karena mirip seperti hutan amazon tetapi versi Indonesianya. Bukit Siregol di Purbalingga, memiliki panorama indah yang menyejukkan mata dan pikiran, lokasi ini cocok untuk refreshing. Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Halusinasi yang Menjadi Bibit Estetika, Kisah di Balik Karya Seni Yayoi Kusama

Baca Juga : Arah Kiblat dan Jadwal Sholat

Keindahan Alam yang Masih Alami

keindahan alam yang masih alami
Ilustrasi via instagram ollisn

Bukit Siregol terletak di antara Desa Sirau dan Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Terkenal dengan keindahan alam yang masih alami, dikelilingi lembah, pepohonan lebat dan air terjun.

Meski berkelok-kelok dan naik turun, jalanan menuju bukit sudah beraspal, sangat mulus dapat ditempuh dengan mudah. Nah, Teman Traveler hobi bersepeda bisa banget lho menjadikan jalanan ini sebagai treknya.

Rumah Bagi Satwa Liar

rumah satwa liar
Ilustrasi via instagram nandarr26

Sangking alaminya kawasan bukit ini masih ditinggali satwa liar seperti owa jawa, elang jawa, monyet ekor panjang, bubut besar, kukang jawa, bintorung, dan bajing jelarangan. Bahkan pada hutan bagian dalamnya masih ditemui babi hutan.

Selain itu di sini juga menyimpan peninggalan pra sejarah di kawasan pegunungan Lumbung yaitu 30 artefak berupa altar, dolmen, phalus dan berbagai peralatan rumah tangga. Benda-benda tersebut diyakini dibuat oleh manusia pra sejarah sekitar tahun 1.500 tahun sebelum masehi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktifitas yang bisa dilakukan
Ilustrasi via instagram dhita_kurniawann

Selanjutnya Teman Traveler bisa melakukan banyak aktivitas wisata di sini, seperti bermain air pada Curug Siregol, mendaki perbukitannya, berkemah pada tempat yang telah disediakan dan jangan lupa mengabadikan momen pada latar alamnya.

Cara menuju ke lokasi bukit yaitu bisa melalui Bobotsari atau Pengadegan, dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dari kota Purbalingga. Tiket masuk pada objek wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Rekomendasi Wisata Lainnya

bukit mertelu rekomendasi lain
Ilustrasi via instagram sipanda411

Berikutnya untuk rekomendasi wisata lain ada Bukit Mertelu yang menjadi lokasi berburu sunset. Di sini Teman Traveler bisa menyaksikan keindahan kota Purbalingga dari atas bukit. Selain itu terdapat spot swafoto menarik seperti gardu pandang, ayunan langit, sangkar burung raksasa dan lainnya.

Bukit Mertelu berlokasi di Desa Sangkanayu, Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah. Dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 35 menit perjalanan. Tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Demikian ulasan Bukit Siregol di Purbalingga beserta rekomendasi lainnya. Bisa dijadikan referensi Teman Traveler liburan di Jawa Tengah. Next

ramadan
fi masjid terapung

Masjid Terapung Samudera Illahi di Painan, Wisata Religi Menjelang Ramadan

fi jungle milk

Jungle Milk di Bandung, Piknik dan Berkemah di Hutan Pinus