in ,

Mata Air Cimincul, Saingan Umbul Ponggok Dari Subang

Mata Air Cimincul, via instagram

Kabupaten Subang bisa dikatakan sebagai Klatennya Jawa Barat. Sama halnya kabupaten Klaten yang kalah populer dengan Magelang dengan Borobudurnya dan Jepara dengan Karimun Jawa, kabupaten Subang pun dianggap destinasi wisata kelas dua di Jawa Barat dimana untuk urusan pariwisata masih kalah dengan Bogor dan Bandung.

Baca juga : 6 Tempat di Bandung untuk Napak Tilas Jejak Bung Karno

Akan tetapi kedua kabupaten beda provinsi ini sama-sama mampu mencuri perhatian traveler lewat kolam-kolam alami nan jernih yang mereka miliki. Klaten punya Umbul Ponggok yang lebih dulu tenar, sedangkan Subang baru saja booming dengan kehadiran Mata Air Cimincul yang juga keren dijadikan spot foto underwater.

Mata Air Cimincul, via instagram
Mata Air Cimincul, via instagram

Mata Air Cimincul terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, kabupaten Subang, Jawa Barat. Kalau mau menikmati segarnya Mata Air Cimincul kamu harus datang ke Subang, ingat sekali lagi Subang bukan Sumedang. Hal ini perlu ditekankan lantaran tak sedikit traveler yang bingung dengan nama dua wilayah yang sebenarnya berbeda ini namun saling berdekatan.

Kabupaten Subang bisa diakses melalui Tol Cipali dari exit gate Kalijati. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju desa Pasanggrahan. Di desa inilah traveler akan menjumpai Mata Air Cimincul yang keren itu. Nama Cimincul sendiri berasal dari dua kata Bahasa Sunda, Cai Mincul yang berarti air yang timbul.

Foto Underwater Mata Air Cimincul, via instagram
Foto Underwater Mata Air Cimincul, via instagram

Mata Air Cimincul sebelunya tidak banyak diketahui traveler dan menjadi semacam hidden paradise gitu. Namun lambat laun namanya mulai dikenal setelah banyak traveler yang datang kemudian foto-foto dengan pose kece ditambah properti nyeleneh bak di Umbul Ponggok. Serunya berenang di Mata Air Cimincul bisa dilihat pada tayangan video berikut.

Dengan makin banyaknya pengunjung yang datang kawasan Mata Air Cimincul ini pun mulai dipenuhi oleh pedagang yang menjual camilan dan makanan untuk memenuhi kebutuhan perut pengunjung. Meski demikian pengelolaannya sendiri masih dilakukan secara swadaya. Kalau berkunjung ke tempat ini selalu jaga kebersihan kolam biar traveler lain juga bisa menikmati keindahan Mata Air Cimincul. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Hotel yang Menempel di Pinggir Tebing Ini Tawarkan Pemandangan Menakjubkan

Daftar Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Bogor