in ,

Mau Kuliner Ikan Kali Legendaris di Jogja? Ke Warung Makan Bu Jasman Aja!

Berada di tengah Pulau Jawa, Yogyakarta cukup strategis sebagai tujuan pariwisata. Mudah diakses khususnya dengan jalur darat, membuat kota ini menjadi primadona bagi para wisatawan di akhir pekan dan masa liburan. Menikmati Jogja yang sangat bersejarah, belum lengkap jika melewatkan kesempatan menjelajahi berbagai hal yang legendaris, mulai dari urusan destinasi wisata hingga kuliner.

Baca juga : Roemah Kantja, Coffee Shop Instagramable di Kota Malang

Warung Makan Bu Jasman (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hobi berwisata kuliner, Yogyakarta adalah kota yang tepat untuk dikunjungi. Tidak hanya gudeg, kota yang termasuk ke dalam daerah istimewa di Indonesia ini, juga memiliki sejumlah sajian kuliner yang cukup legendaris. Salah satunya diantaranya adalah olahan wader, alias ikan kali di Warung Makan Bu Jasman.

Warung Makan Bu Jasman, Kuliner Ikan Kali Legendaris

Bagian depan warung (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Berada di Jalan IKIP PGRI No.403, Sonosewu, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Warung Makan Bu Jasman dikenal dengan kuliner ikan kalinya yang legendaris di Yogyakarta. Dengan racikan turun-temurun sejak tahun 50-an, membuat depot makanan tradisional ini telah memiliki pelanggan tetap. Buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB, Warung Makan Bu Jasman sangat cocok untuk kegiatan sarapan dan makan siang.

Olahan Ikan yang Gurih dan Renyah

Berbagai pilihan menu legendaris (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Kuliner ikan kali alias wader, menjadi salah satu makanan khas di Yogyakarta selain gudeg. Di Warung Makan Bu Jasman, ikan kali yang berukuran kecil diolah dan diracik bersama bumbu pilihan sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan renyah saat disantap. Selain wader sebagai menu andalan, udang goreng kering juga menjadi lauk yang cukup diminati pelanggan.

Ikan Wader Nasi Merah Sebagai Menu Favorit

Salah satu pilihan menu (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum pernah berkunjung ke Warung Makan Bu Jasman, Ikan Wader Nasi Merah merupakan salah satu menu favorit yang sering dipesan pelanggan. Perpaduan antara olahan ikan kali alias wader yang gurih renyah bersama nasi merah lengkap dengan sambal dan lalapannya, cocok disantap saat sarapan pagi. Sementara untuk urusan harga, menu yang lezat dibanderol Rp17.000 saja sudah termasuk secangkir es jeruk segar.

Tempat Makan yang Nyaman & Bersih

Untuk menjaga selera makan para pelanggan saat menikmati hidangan yang disajikan, pihak pengelola Warung Makan Bu Jasman menyediakan tempat yang cukup representatif, nyaman, dan bersih. Dengan konsep sederhana, suasana depot makanan tradisional ini sangat terjaga identitasnya sebagai salah satu kuliner yang legendaris di Yogyakarta.

Pernah Didatangi Duta Kuliner Ternama

Sekitar tahun 2010, kelezatan ikan kali di Warung Makan Bu Jasman sempat menyita perhatian salah satu duta kuliner ternama di Indonesia, Almarhum Pak Bondan Winarno. Mendiang pria yang dikenal dengan jargon “maknyus” itu, pernah mengunjungi dan merasakan gurihnya olahan wader yang kini dikelola oleh generasi ketiga tersebut.

Selain pergi ke museum, menikmati kuliner yang legendaris di Yogyakarta, memang menjadi salah satu cara yang tepat untuk merasakan suasana yang bersejarah di kota ini. Hal itu pula yang membuat liburan menjadi semakin berkesan. Next

ramadan

Intip Pesona Waduk Sermo, Keindahannya Bikin Nagih

Pantai Goa Cemara, Teduhnya Hutan Cemara Di Selatan Jawa