in , , ,

Melipir Goa Jatijajar Kebumen, Eksplore Perut Bumi Yang Eksotis

Indonesia memiliki alam yang menakjubkan, hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam yang dapat kita kunjungi. Tak hanya menyuguhkan pantai, lautan atau gunung saja, Indonesia memiliki wisata goa yang eksotis. Karena keindahannya, beberapa goa di Indonesia justru dinobatkan sebagai goa terindah yang ada di Asia Tenggara, bahkan keindahannya sudah terkenal ke dunia.

Baca juga : 4 Fakta Menarik Seputar Rumah Tjong A Fie di Medan yang Melegenda, Apa Saja, Ya

Goa Jatijajar Kebumen yang begitu indah. Foto via udaindra.blogspot.com

Ada banyak goa di Indonesia, salah satu goa indah yang ada di Indonesia letaknya di Kebumen, Jawa Tengah. Kota Kebumen memiliki pesona alam yang mengagumkan. Kabupaten Kebumen wilayahnya penuh dengan bebukitan karst. Sehingga tidak aneh jika Kebumen memiliki situs geologi berbentuk goa. Salah satunya adalah goa Jati Jajar.

Goa Jati Jajar berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Goa Jatijajar berada di ketinggian 50 meter dari permukaan laut dengan mempunyai panjang sekitar 250 meter, lebar kurang lebih 15 meter dan ketebalan langit-langit mencapai kira-kira 10 meter. Di pintu masuk goa terdapat sebuah patung dinosaurus sebagai simbol penting dari gua ini. Pengunjung yang masuk ke dalam goa otomatis akan melewati mulut patung dinosaurus ini.

Salah satu ventilasi di goa Jatijajar Kebumen. Foto via piknikasik.com

Patung ini terlihat mengeluarkan air, sebagai muara dari mata air yang ada di dalam goa, yaitu dari Sendang (Sungai) Kantil dan Sendang Mawar. Air ini diyakini tidak akan habis, meski dalam kondisi cuaca kemarau sekalipun. Air ini digunakan oleh penduduk sekitar Goa Jatijajar sebagai pengairan sawah-sawah mereka. Selain itu saat masuk kedalam goa, pengunjung akan melihat pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan.

Didalam Ruangan Goa Jatijajar diterangi dengan banyak lampu, mulai dari arah masuk hingga ke luar, sehingga pengunjung tidak perlu memepertanyakan dengan kondisi penerangan di sana. Di bagian langit-langit gua terdapat sebuah lubang sebagai ventilasi goa. Di tengah-tengah ruangan terdapat kursi melingkar yang dapat digunakan sebagai tempat duduk pengunjung yang ingin istirahat, sambil melihat-lihat sekeliling ruangan dalam gua.

Stalagtit dan Stalagmit yang indah di Goa Jatijajar dengan sorotan lampu warna warninya. Foto via tabloidmusik.wordpress.com

Menariknya kamu bakal menikmati langsung ornamen stalagtit, stalagmit, dan tiang kapur yang cukup bikin takjub semua orang. Uniknya goa ini terdapat patung patung dengan jumlah 32 buah, dimana patung tersebut menceritakan kisah yang melegenda yaitu Lutung Kasarunbg. Konon, gua ini pernah menjadi tempat pertapaan Raden Kamandaka, putera mahkota Raja Pajajaran, untuk mendapat wangsit. Next

ramadan
fi lembah pinus camp

Camping dan Melihat Sunrise Bersama Keluarga di Lembah Pinus Camp Bogor

Tips Backpacker Seorang Diri, Me Time Sekaligus Holiday!