in , , , , , ,

Mengintip Umbulan Tanaka Gunung Kawi Malang, Kesegaran Tengah Sungai Bernuansa Jepang

Umbulan Tanaka dengan suasana ala Jepang. Foto via pingpoint.com

Berbicara kota Malang memang tak jauh dari pembahasan masalah wisata alam. Panorama alam yang memukau tersebar dari ujung penjuru kota. Mulai dari nuansa pegunungan hingga pesisir pantai dapat dinikmati oleh siapapun yang mengunjunginya. Salah satunya adalah Umbul Tanaka, merupakan wisata yang unik di lereng gunung kawi sisi selatan.

Baca juga : Kabar Duka di Awal Tahun 2021! Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh di Perairan Pulau Laki

Umbul Tanaka merupakan tempat wisata baru di Kota Malang yang saat ini viral di sosial media. Tempat ini sangat bagus dan nyaman karena masih alami dan sejuk, cocok untuk liburan bersama keluarga. Umbulan Tanaka dulu hanyalah sumber mata air biasa yang di manfaatkan untuk irigasi sawah dan ada juga warga sekitar yang memanfaatkan airnya untuk air minum. Dan kemudian para pemuda dan warga sekitar Umbulan Tanaka berinisiatif untuk menjadikan tempat tersebut menjadi sebuah tempat wisata yang bersih dan alami.

localtrip.my.id

Tempat wisata ini secara resmi dibuka pada pertengahan Oktober 2020 tahun lalu. Tak disangka juga waktu yang begitu singkat dengan pembangunan yang belum tuntas 100 % ini sudah viral. Namun karena jernihnya air yang mengalir dari sumber alamai Umbul Tanaka ini membuat banyak pengunjung penasaran akan kesegarannya. Tak perlu khawatir dengan kamu yang tidak bisa berenang, sudah terdapat sekat untuk kedalaman mulai kondisi dangkal hingga paling dalam.

Panorama seperti air terjun yang disetting untuk kesegaran diantara tempat nongkrong. Foto via platngalam.com

Tidak hanya sekedar kolam, namun di kolam ini diberikan beberapa tambahan bagi pengunjung, seperti aliran arus air yang diarahkan menuju ke bawah, sehingga tempat ini menyerupai air terjun mini, hingga tambahan permainan seperti perosotan untuk anak-anak yang ditempatkan di air.

Selain pemandian asli dari sumbernya, wisata ini mengusung tema cafe diatas sungai. Jadi jangan heran kalau kaki kalian bakal napak diatas sungai hingga se betis kaki. Namun janga khawatir aliran sungai dibuat dengan arus yang standar. Pemandangannya pun sangat menyejukkan mata, hamparan sawah yang hijau dengan latar gunung Kawi dengan gagahnya menjulang menghiasi panorama sekitar cafe. Menu makanan bervariasi mulai dari cemilan hingga makanan berat tersedia disini. Dan tak kalah ketinggalan menu andalan yaitu kopi dan coklat panas.

Cafe dengan konsep berada dialiran sungai. Foto via seputarmalangraya.jurnal

Selain cafe yang disediakan untuk bersantai, Wisata Umbulan Tanaka menawarkan tempat wisata berupa water park yang menggunakan konsep Jepang. Konsep Jepang ini dapat terlihat dari bagaimana bentuk bangunan, jembatan, berbagai tulisan kanji yang ditempatkan disegala sudut, hingga dekorasi bunga sakura, sehingga nuansa Jepang dapat terasa di sini.

jembatan khas Jepang yang dibangun di atas aliran sungai Tanaka. Foto via liburanku.com

Untuk lokasi wisata Umbulan Tanaka ini tepat di wilayah Desa Wonosari, Kabupaten Malang, atau sekitar 36 km dari pusat Kota Malang sisi barat daya. Untuk saat ini, para pengunjung yang datang ke tempat ini, tidak dikenai biaya pasti untuk tiket masuk, karena pengunjung cukup membayar seikhlasnya. Hal ini juga berlaku untuk tarif parkir, baik roda dua atau pun roda empat, dimana pengunjung cukup membayar seikhlasnya saja. Next

ramadan

Saatnya Bernafas Lega Bagi Penghobi Diving di Era New Normal

Menepi di Air Terjun Bercahaya, Curug Gondoriyo Semarang