in , , , ,

Menepi di Air Terjun Bercahaya, Curug Gondoriyo Semarang

Air terjun dengan kilauan cahaya lampu yang bewarna warni. Foto via zonapasar.com

Berbicara mengenai wisata alam di Jawa Tengah memang tidak ada habisnya. Provinsi ini memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang begitu menawan. Kepopuleran tempat wisata alam di Jawa Tengah kususnya Semarang memang sudah tak diragukan lagi. Ditambah kontur alam perbukitan tentunya memiliki udara yang sejuk dan menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali ke Semarang. Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Semarang masih ada lokasi yang masih sangat asri. Tempat wisata alam tersebut adalah wisata air terjun yang bernama Gondoriyo Semarang.

Baca juga : 5 Tempat Instagramable di Bandung, Wajib Buat Pemburu Konten Sosmed

Air terjun Gondoriyo dengan warna biru toska yang indah. Foto via instagram @ariedlreal_

Akses menuju air terjun Gondoriyo memang sangat asri. Air Terjun ini berada di area hutan rakyat menjadikan nuansa asri selalu terjaga terhindar dari polusi perkotaan. Memang tidaklah terlalu tinggi hanya sekitar 15 hingga 20 meter ini memiliki debit air yang cukup deras. Keunikan dari air terjun ini baru tersadari akan warna air yang biru ke hijau hijauan, membuat pesona akan lebih menawan.

Selain itu didepan air terjun terdapat semacam kolam alami sangat cocok untuk berenang dan bermain air. Namun wisatawan harap selalu berhati-hati karena kedalaman kolam bisa mencapai 2 meter lebih. Tebing – tebing dan rimbunnya pepohonan yang hijau disekitaran air terjun juga menambah keindahan wisata alam di Area Semarang ini.

Jembatan Mak Comblang, jembatan unik di wisata air terjun Gondoriyo Semarang. Foto via instagram @yulyaypt

Air terjun indah ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja, melainkan perpaduan dengan wisata buatan manusia yang modern. Dengan penambahan fasilitas fasilitas kekinian seperti penambahan lampu tepat diair terjun. Dengan penambahan instalasi 16 buah lampu lampu yang membuat air terjun ini memancarkan cahaya yang warna warni. Selain itu pembuatan jembatan yang bernama mak comblang ini dipasangi payung warna warni dan lampu taman yang akan menyala di saat malam hari. Oleh karenanya, air terjun Gondoriyo disebut sebut sebagai wisata alam malam hari di Semarang.

Sorotan lampu warna warni membuat keunikan tersendiri di Air Terjun Gondoriyo Semarang. Foto via instagram @semarangprojects

Fasilitas yang disediakan di air terjun ini memang tergolong sederhana, karena termasuk wisata alam yang baru. Namun sudah menyediakan fasilitas seperti toilet, mushola, warung makan, spot foto, dan area parkir. Untuk tiket masuk tak perlu risau, cukup Rp. 5.000 per orang dan tarif parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda empat. Lokasi air terjun Gondoriyo lebih tepatnya di Desa Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Berjarak sekitar 20 Km dari pusat kota Semarang dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 Menit. Next

ramadan

Mengintip Umbulan Tanaka Gunung Kawi Malang, Kesegaran Tengah Sungai Bernuansa Jepang

Hutan Pinus Limpakuwus Purwokerto, Kesejukan di Kaki Gunung Slamet