in , ,

Mengunjungi Desa Adat Bayan, Wisata di Lombok Kental Akan Budaya yang Masih Terjaga

Desa Adat Bayan yang ada di Lombok ini begitu menjaga keaslian berbagai budayanya dan masih sangat kental hingga kini.

Desa Adat Bayan

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki desa adat dengan keunikannya sendiri-sendiri. Salah satunya terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, bernama Desa Adat Bayan. Pemandangan Gunung Rinjani di bagian utara menjadi salah satu keindahannya.

Baca juga : 5 Coffee Shop Favorit Malang, Tongkrongan Wajib Pecinta Kopi

Tidak salah jika saat ini desa tersebut menjadi salah satu lokasi wisata ikonik Lombok, apalagi dengan budaya yang ada disana, bagaimana masyarakatnya bersosialisasi, hingga berbagai keindahan dan keunikan tersendiri yang menjadi pembeda dengan desa adat lainnya.

Pelestarian Budaya Desa Adat Bayan

Sampai saat ini upaya melestarikan budaya yang sudah ada secara turun temurun di Desa Adat Bayan terus dilakukan. Jadi, kalau Teman Traveler melancong ke sini akan bisa langsung melihat berbagai budaya yang masih kental dari penduduk aslinya.

Desa Adat Bayan
Perumahan Desa Bayan via gotravelly.com

Rumah Adat

Ketika sampai di kawasan desa yang letaknya di Kabupaten Lombok Utara ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan rumah adat yang masih sangat tradisional. Terbuat dari bahan rumbia pada atap dan anyaman rotan sebagai sisi dindingnya. Pada lantai dasarnya, terletak pondasi batu yang kokoh oleh karena itu rumah ini disebut tahan gempa karena tergolong kokoh.

Rumah adat ini punya ciri khas di setiap dusun, tentunya masih mempertahankan konsep lokal yang belum tergerus nuansa modern. Seperti Rumah Adat Bayan Barat, Rumah Adat Perumbak Daya, dan Rumah Adat Bayan Timur.

Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat
Kegiatan Adat di Desa Bayan via lombokutarakab

Kegiatan Adat

Berbagai kegiatan adat sebagai bagian dari budaya di kawasan tersebut juga masih dipertahankan sampai saat ini. Sebut saja ritual ngaji makam yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, begitu juga dengan lebaran adat dan maulid adat dengan berbagai acara adat sangat khas.

Selain itu, soal kehidupan sosial dan hukum adatnya juga masih dijunjung tinggi oleh masyarakat, sebagai pedoman hidup bagi masyarakatnya.

Kehidupan Masyarakat Desa Adat Bayan

Soal kehidupan sosial dan hukum adatnya juga masih dijunjung tinggi oleh masyarakat, sebagai pedoman hidup bagi masyarakatnya. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pola hidup mereka adalah, pengaturan bagaimana hubungan antara manusia dengan penciptanya, menjaga alam sekitar dan makhluk lain yang ada disekitarnya.

Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat
Tradisi Turun Temurun Desa Bayan via goodnewsfromindonesia.id

Soal konsep dalam hal pembangunan juga patut diacungi jempol, karena mengusung nilai berkelanjutan sehingga tidak merusak lingkungan. Kemudian nilai asli daerah juga masih dipertahankan sebagai ciri khas yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat disana.

Keindahan Alam Desa Adat Bayan

Setidaknya ada dua keindahan alam yang perlu dilihat langsung di desa ini. Menjadikan perjalanan wisata kamu lebih berkesan.

Desa Adat Bayan
Warga Desa Bayan di Salah Satu Acara Adat via atmago.com

Masjid Kuno

Namanya Masjid Kuno Bayan Beleq, sudah menjadi salah satu cagar budaya yang dilestarikan dan dilindungi. Arsitekturnya terbuat dari anyaman berbahan bambu dan pondasi batu kali, jumlahnya juga ada beberapa di sejumlah dusun.

Air Terjun Singang Petune

Letaknya di Dusun Teres Genit, dengan ketinggian 35 meter dengan sumber air dari mata air yang terletak di Bangket Bayan. Untuk mencapai lokasi ini cukup jauh, yaitu memakan waktu satu jam namun akan terasa puas dengan pemandangan yang akan didapat disana.

Kegiatan Unik Desa Adat Bayan Lombok

Beberapa kegiatan unik juga bisa dilihat langsung pada waktu tertentu, jika Teman Traveler berkunjung ke Desa Adat Bayan.

Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat
Kegiatan Menjelang Maulid di Desa Bayan via suara.com

Acara Maulid

Pada acara Maulid, yang diselenggarakan setiap peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, akan digelar acara khusus yang diikuti masyarakat setempat. Bahkan di malam hari, ada acara kesenian yang sangat menarik untuk ditonton

Tradisi Lebaran

Pada saat lebaran juga ada acara adat makan bersama dari hasil panen desa, dari hasil panen masyarakat desa yang dikumpulkan dan dimasak bersama.

Mau melihat langsung seperti apa nuansa tradisional di Desa Adat Bayan? Teman Traveler bisa buat jadwal liburan kesana menjelang hari raya Idul Fitri, atau hari besar Islam lainnya. selain melihat keindahan alamnya juga bisa dari dekat menyaksikan kegiatan adatnya yang unik dan masih dijaga sampai sekarang. Next

ramadan
Pulau Lihaga

Pulau Lihaga di Minahasa Utara, Tak Berpenghuni Menyimpan Keindahan Tersembunyi

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery menjadi museum satwa liar pertama di Asia Tenggara

Kerennya Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Bisa Melihat Hewan Hasil Buruan