in , ,

Menikmati Kesegaran dan Kealamian Coban Watu Ondo di Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Kota Wisata Batu memiliki beberapa destinasi wisata alam berupa air terjun, beberapa di antaranya ada di wilayah lereng Gunung Arjuno. Terletak di Jl. Raya Cangar – Pacet terdapat sebuah objek wisata Air Terjun bernama Air Terjun Watu Ondo.

Baca juga : Taman Cinta Talagening, Destinasi Romantis Remaja Purbalingga

Untuk menuju lokasi objek wisata Air Terjun Watu Ondo ini, bisa kita tempuh dari arah Kota Batu dan mengambil rute ka arah pemandian air panas Cangar. Tepat setelah lokasi pemandian air panas, kita akan menemukan jembatan Cangar, di jalan turunan setelah jembatan inilah lokasi Air Terjun Watu Ondo berada.

Transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke sini hanya motor atau mobil pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang mencapai tempat ini. Biaya masuk yang kita keluarkan ternyata cukup murah, hanya Rp10 ribu per orang dan Rp3 ribu untuk parkir motor.

1. Berlokasi di Lereng Gunung Arjuno

Bagitu kita memasuki area wisata air terjun ini, kita langsung disuguhi pemandangan agung dan menakjubkan berupa puncak Gunung Arjuno yang berasap putih. Puncak Gunung yang sangat terlihat jelas itu, menjadikan objek foto tersendiri di lokasi ini.

Saat yang tepat agar kita bisa melihat pemandangan puncak gunung ini adalah pagi atau siang hari. Karena kalau kita datang ke Air Terjun Watu Ondo di sore hari dipastikan akan tertutup kabut, mengingat tempat ini adalah dataran tinggi.

2. Lokasi Berfoto di Spot Selfie

Sebelum berjalan lebih jauh menuju air terjun, kita disediakan spot untuk berfoto atau juga berselfie. Spot ini berada tidak jauh dari area parkir objek wisata Air Terjun Watu Ondo.

Di area selfie, kita bisa menemukan beberapa perangkat atau properti agar foto kita jadi lebih menarik dan gaul. Tempat ini tentu sangat cocok untuk anak-anak muda, apalagi masuk ke area ini tidak dipungut biaya lagi.

Selain di area selfie yang ada di sisi kiri depan area wisata, kita bisa menemukan satu spot berfoto lagi yang letaknya tepat di sisi kanan sebelum menuruni anak tangga menuju lokasi air terjun. Di sini kita disediakan spot foto berupa hiasan akar dan ranting pohon yang dibentuk menyerupai sebuah hati.

Tapi kita perlu berhati-hati kalau mau mengambil gambar di sini, mengingat bagian depan spot foto ini adalah tepian jurang yang sangat curam dan juga tanahnya licin untuk dipijak.

3. Jalanan Menuju Lokasi Air Terjun yang Sangat Tertata

Berada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, membuat pengelolaan objek wisata Air Terjun Watu Ondo ini sangat baik. Kita bisa melihatnya dari sangat apik dan rapinya tangga yang dibuat untuk turun ke lokasi air terjun di bawah jurang.

Tangga ini ditrap dengan menggunakan bebatuan dan dilengkapi pagar dari besi yang lumayan tinggi. Sehingga membuat keamanan pengungjung terjamin saat berjalan turun di tempat ini.

Kalau di bagian atas tangga menuju air terjun dipasang pagar yang lumayan tinggi, di pertengahan tangga menuruni lokasi ini kita bisa menemukan pegangan tangan yang terbuat dari besi yang sangat kokoh.

Besi ini dipasang untuk mempermudah wisatawan menuruni anak tangga, karena di beberapa bagian sisi tangga ini ada cucuran air yang berasal dari dinding tebing. Air tersebut cukup membuat tangga menjadi licin untuk dipijak, dengan adanya pegangan besi tentu akan mempermudah menuruni tempat ini.

4. Tempat Istirahat di Beberapa Titik

Lokasi air terjun yang berada di bawah jurang, membuat pengunjung yang datang ke sini pasti capek saat menuruni atau naik tangga. Untuk mengantisipasinya, pengelola menyediakan beberapa tempat istirahat berupa tempat duduk di beberapa titik.

Salah satu tempat istirahat itu ada di tengah perjalanan menuju air terjun, lokasinya berada di tepi tebing dengan dikelilingi pagar yang lumayan tinggi untuk menjamin keamanan pengunjung. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan air terjun dari atas. Tempatnya yang teduh dan juga berada di tengah-tengah tanaman bunga menjadikan kita bisa bersantai duduk lama-lama di sini.

5. Air Terjun yang Tinggi dan Menyegarkan

Sampai di bawah, kita akan menemukan sebuah air terjun dengan aliran yang sangat deras. Bahkan sebelum kita mendekat, cipratan air sudah bisa membasahi tubuh kita.

Selain deras, air terjun ini lumayan tinggi. Dengan beberapa bebatuan yang tertata alami dan juga kolam air di bawah air terjun yang tidak terlalu dalam, kita bisa bermain-main atau bahkan mandi di tempat ini. Kalau ingin berfoto kita harus hati-hati kamera menjadi berembun.

6. Aliran Sungai Segar untuk Mandi

Air deras yang meluncur ke bawah di Air Terjun Watu Ondo, mengalir terus ke sebuah aliran sungai di bawahnya. Air yang sangat jernih ini bisa kita buat untuk mandi. Tapi kita harus hatu-hati karena sungai ini cukup terjal dengan bebatuan kecil dan juga besar, apalagi arusnya lumayan kuat.

7. Fasilitas Memadai

Walaupun tiket masuk di tempat ini lumayan murah, tapi pengelolaan dan ketersediaan fasilitas umum di tempat ini sangat memadai. Ada 2 buah spot toilet yang bisa kita dapatkan. Pertama ada di sisi kiri objek wisata mendekati tempat selfie, sedangkan yang ke dua ada di dekat loket pembayaran. Kemudian yang tak kalah penting adalah musala tempat ini berdiri megah dengan bangunan yang sangat bersih. Kita bisa menemukan musala ini dekat dengan area parkir kendaraan. Next

ramadan

Gentala Arasy, Ikonik Utama Jambi

Indahnya Panorama Alam di Taman Alam Wawai Lampung