in

Mentawai, Menjelajahi Surga Alam dan Budaya yang Nyaris Punah dan Terlupa

Mentawai

Berada di pesisir barat Pulau Sumatra, Mentawai hadir dengan pesonanya yang tidak bisa dielakkan begitu saja. Di tempat ini, kamu bisa menemukan cuilan-cuilan surga yang sudah ditemui di daerah lain. Mentawai menyimpan keindahan yang selalu selalu tersembunyi rapi hingga akan terlihat kalau kamu menjelajahinya.

Baca juga : 10 Pilihan Tempat Ngabuburit yang Asyik di Indonesia Timur

Kalau kamu memiliki waktu yang banyak untuk mbolang dan mengeksplorasi daerah yang cukup terpencil di Indonesia. Mentawai adalah tempat yang tepat dan sangat di rekomendasikan. Situs warisan budaya dunia UNESCO kategori biosfer ini siap menunggumu dengan sajian budaya dan keunikan alam yang tidak terbatas. Yuk, coba intip seperti apa surga bernama Mentawai itu.

Suku Asli yang Masih Menjaga Tradisinya

Yang menjadi daya tarik terbesar dari kawasan Mentawai adalah penduduk yang ada di sana. Suku-suku yang ada di sana terus menjaga adat dan tradisinya hingga sekarang. Mereka tidak peduli dengan kemajuan di dunia luar. Selama masih bisa hidup dan menyatu dengan alam untuk berkebun atau berburu, mereka sudah bahagia.

Suku Mentawai [image source]
Suku Mentawai [image source]
Suku Mentawai memiliki kebudayaan yang kompleks. Mereka tidak hanya suku yang hidup dan berkembang di hutan saja. Mereka juga menghasilkan banyak produk budaya seperti kerajinan tangan hingga tari-tarian yang memiliki banyak filosofi di dalamnya. Apa saja yang dilakukan oleh penduduk selalu memiliki nilai luhung yang di zaman modern ini sudah semakin habis.

Suku Kuno yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Orang di Mentawai memiliki sebuah kebudayaan bernama Sabulungan. Budaya ini memiliki umur yang cukup tua di Indonesia. Sabulungan masih mempercayai adanya roh-roh penjaga seperti Tai Ka Bagat Koat yang merupakan roh penjaga di lautan dan Tai Ka Leleu yang merupakan roh penjaga yang terletak di hutan dan juga pegunungan.

Suu Kuno [image source]
Suu Kuno [image source]
Penduduk yang hidup dalam suku ini masih keturunan arsitektur-arsitektur di era neolitikum. Mereka mampu mengambil bahan-bahan dari alam sebelum akhirnya dibentuk menjadi rumah atau benda-benda seni lainnya. Oh ya, orang di Mentawai juga dikenal memiliki tradisi tato yang cukup unik. Tato yang diterapkan di sini digunakan untuk identitas diri yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Pesona Pulau-Pulau Mentawai yang Menakjubkan

Kepulauan Mentawai memiliki setidaknya empat pulau besar yang dihuni oleh suku-suku asli. Empat pulau itu menyimpan banyak sekali pesona alam yang memukau. Salah satu yang sangat memikat adalah hutan-hutan tropis dengan flora dan fauna yang cukup endemik. Di sini kamu bisa menjelajahi setiap jengkal lahan hingga menemukan banyak atraksi menakjubkan seperti arti terjun yang masih sangat alami.

hutan di mentawai [image source]
hutan di mentawai [image source]
Pulau utama yang menjadi tujuan banyak wisatawan adalah Pulau Siberut. Pulau yang juga menjadi kawasan cagar alam ini dihuni oleh banyak suku asli di Mentawai. Kalau kamu ingin melihat kehidupan asli dari Suku Mentawai yang masih menjaga kebudayaannya. Datanglah keĀ  Pulau Siberut yang dewasa ini mulai diminati oleh traveler dari berbagai negara dunia.

Sensasi Wisata Bahari yang Tidak Ada Duanya

Membicarakan wisata bahari di Mentawai tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya surfing atau berselancar di atas ombak. Setidaknya di Mentawai ada lebih dari 7 titik surfing yang memiliki ombak besar menantang. Setiap tahun, pemerintah setempat selalu mengadakan festival seluncur dengan mengundang peselancar dari berbagai belahan dunia.

Surfing di Mentawai [image source]
Surfing di Mentawai [image source]
Selain surfing yang menguras adrenalin, Mentawai juga merupakan surga bagi pencinta snorkeling atau diving. Pantai dan laut di beberapa kawasan Mentawai memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Terumbu karang dan ikan warna-warni banyak tersebar di berbagai lokasi yang cukup strategis.

Akses dan Tips Berwisata ke Mentawai

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi kawasan Mentawi, ada baiknya kamu mengetahui kapan saja ferry dari dermaga Muara Padang beroperasi. Dalam satu minggu, hanya ada dua keberangkatan menuju Pulau Siberut, biasanya perjalanan yang menempuh waktu 12 jam ini dilakukan pada Minggu dan Kamis malam saja. Untuk perjalanan kembali ke daratan utama Sumatra, ferry hanya beroperasi pada Selasa dan Jumat malam. Biaya sekali jalan ke Mentawai Sekitar Rp150.000,00.

ferry ke Mentawai [image source]
ferry ke Mentawai [image source]
Sebelum pergi ke Mentawai, fisik yang sehat harus kamu persiapkan. Perjalanan yang lama di tengah laut dan petualangan di pulau cukup menguras energi. Datanglah ke visitor center agar pemandu memberi tahu apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Terakhir, cobalah berbaur dengan warga setempat dengan memberi mereka buah tangan berupa makanan.

Demikianlah uraian singkat mengenai Mentawai dan beberapa hal yang ada di sana. Semoga kita semua bisa pergi ke Mentawai dan menjelajahi surga tersembunyi yang terus terjaga keasliannya hingga sekarang. Next

ramadan

Tempat Makan dan Hangout Terbaru Paling Hits di Malang

Hotel Bali Untuk Liburan Yang Menyenangkan