in

Mie Ayam Tunggal Rasa, Kuliner Malang yang Nikmat

Mie Ayam
Mie Ayam

Makanan ini sangat familiar. Yang suka dengan menu ini pun hampir semua kalangan. Disajikan panas dengan sayur sawi dan toping irisan ayam berbumbu. Makanan apa tuh? Ya betul, traveler mengenal menu mie ayam kan? Nah di Malang ada mie ayam yang ramai dikunjungi pelanggannya. 

Baca juga : Curug Lawe di Lereng Gunung Ungaran, Sisi Sejuk Semarang yang Bikin Malas Pulang

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Mie tersebut adalah mie ayam Tunggal Rasa. Bagaimana penjual mie ayam bisa menarik banyak pelanggan? Yuk simak ya…  

Berbekal Ilmu Mengolah Mie Ayam Dari Juragan  

Bermula ikut berjualan mie ayam di Jakarta selama sepuluh tahun, akhirnya   Sujud atau Nardi bertekad membuka usaha sendiri. Ilmu mengolah mie ayam dari juragannya, dia jadikan modal untuk membuka usaha mie secara mandiri.

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Sepulang dari Jakarta, Kota Malang menjadi tujuan untuk berjualan mie ayam.  Awalnya  Sujud yang asli Wonogiri ini berjualan keliling di daerah Gadang dan sekitarnya. Sampai akhirnya dia mempunyai banyak pelanggan  mie ayam di sebuah rumah sakit terkenal  di Malang. Karena merasa cocok dengan olahan mie ayamnya yang enak dan lezat, akhirnya hampir setiap hari pelanggannya mengalir.

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Mie Produksi Sendiri  

Mie Ayam Tunggal Rasa milik Sujud, mie nya diproduksi sendiri. Bahan yang digunakan tentu saja pilihan dan tanpa pengawet. Membuat mie nya tidak asal jadi tetapi menjaga dan memperhatikan kekenyalan teksturnya. Tak heran jika kemudian mie nya banyak disukai pelanggannya.

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Seperti mie ayam pada umumnya, dimasak fresh saat orang memesan. Kemudian dicampur sawi, dimasak hingga matang dengan bumbu tertentu. Berikutnya diberi toping irisan ayam berbumbu sedikit coklat terasa manis dan gurih dengan rempah lengkap.   Mie ayam Tunggal Rasa milik Sujud ini dibanderol satu porsi 7 ribu. Harga murah meriah tapi rasa tak kalah dengan harga mie ayam yang lebih diatasnya. Pelanggannyapun setiap hari bertambah. Hingga dari yang berjualan keliling sekarang Sujud memiliki tempat berjualan yang strategis.

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Perjuangan Sujud berbuah manis. Kini berkat ketekunannya berjualan keliling ayah putra 2 orang anak ini bisa membuka stand mie ayam di samping Rumah Sakit di daerah Kota Lama Malang. Tepatnya di jalan Kebalen Wetan no 1 A.   Sujud yang memulai usahanya tahun 1995 bisa bernafas lega. Lantaran suami dari Yati ini sudah bisa menikmati hasilnya. Dalam sehari bisa melayani pembeli hingga 300 porsi atau minimal 30kg – 35kg mie. 

          Mie Ayam Tunggal Rasa (c) Erny/Travelingyuk

Sebagai pelengkap tersedia juga minuman es teh, es jeruk dan kopi. Harga minumanpun terjangkau hanya 3 ribu rupiah saja. Dengan merogoh kocek 10 ribu saja, traveler bisa menikmati mie ayam Tunggal Rasa yang enak. Buka setiap hari pukul 10.00 – 20.00 WIB.   Traveler minat mencicip mie ayam Tunggal Rasa ? Ada baiknya bila tengah berada di Malang langsung aja ke lokasi ya. Biar tidak penasaran.                     Next

ramadan

Written by erny kusumawaty

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Bromo

Indahnya Gunung Bromo Memberi Pengalaman Tak Terlupakan

Kuliner Esktrem Kamboja

Makanan Ekstre di Pub Street Kamboja, dari Tarantula sampai Buaya