in , ,

Mie Sidang Pak Hasyim, Cicipi Rasa Otentik Banjarmasin di Jogja

Suguhan Mie Siram Jadi Andalan di Kedai Pak Hasyim

Suguhan menggoda di Mie Sidang Pak Hasyim
Suguhan menggoda di Mie Sidang Pak Hasyim (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Lagi-lagi Jogja menghadirkan tempat makan baru yang wajib untuk dicoba. Namun kali ini menu yang diusung adalah masakan Banjarmasin, dengan rasa khas siap menggoyang lidah. Mampirlah ke Kedai Mie Sidang Pak Hasyim adalah solusinya. Teman Traveler bisa mencicipi masakan Banjar saat liburan di Jogja. Penasaran?

Baca juga : Es Teler Enak di Surabaya, Kembali Bertenaga Setelah Berbuka

Jujugan Baru Pecinta Kuliner

Mie Sidang Pak Hasyim di Kledokan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kedai ini terbilang anyar karena baru berdiri sejak Februari 2019. Beralamat di Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman, usaha kuliner khas ini menempati Ruko DTA Square Kledokan. Sajian andalannya adalah masakan otentik khas Banjarmasin.

Mie Sidang Pak Hasyim bisa jadi jujugan anyar untuk sarapan hingga makan malam karena buka tiap hari, mulai jam 09.00 hingga pukul 21.30 WIB. Kehadiran Mie Sidang bisa jadi alternatif baru bagi pecinta kuliner Jogja yang mendambakan sensasi rasa berbeda. Pasalnya, kuliner khas Banjar masih jarang ditemui di Kota Gudeg.

Tak Perlu Jauh-Jauh ke Banjarmasin

Beberapa menu yang ditawarkan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Menu yang ditawarkan pun menggoda selera, meliputi mie siram kuah, nasi goreng, dan ayam goreng. Ada empat varian mie siram yang ditawarkan, yakni Mie Siram Udang, Mie Siram Rawon, Mie Siram Kepiting, dan Mie Siram Ayam Pedas. Masing-masing memiliki cita rasa khas yang mampu membuat lidah tak berhenti bergoyang.  

Rasa otentik Banjarmasin (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menu berat, juga ada makanan ringan sebagai pendamping. Selain beberapa snack ala western seperti Corn Dog dan Chili Fries Mozzarella, Teman Traveler juga bisa memesan bakso goreng khas Pak Hasyim.

Harga yang dibanderol untuk tiap menunya cukup terjangkau. Snack bisa ditebus di kisaran Rp10.000 hingga Rp20.000. Sementara untuk menu makanan berat Teman Traveler cukup merogoh kocek antara Rp15.000 hingga Rp22.000.

Mie Siram Andalan Rasa Nendang

Mie Siram Udang (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski banyak menu menggiurkan di sini, ada satu sajian andalan yang wajib Teman Traveler coba. Hidangan yang juga kerap jadi favorit pengunjung ini adalah Mie Siram Udang dan Mie Siram Kepiting. Meski sama-sama mie siram, keduanya memiliki ciri khas masing-masing. Baik dari isiannya maupun rasa.

Mie Siram Udang disajikan dengan sejumlah komponen yang bikin ngiler. Sebagai teman isian mie kuning, ditambahkan udang, tauge, kikil, dan telur rebus. Semua komponen tersebut lantas disiram kuah udang kental. Rasanya gurih, segar, dan semakin nikmat karena disajikan bersama emping melinjo.  

Mie Siram Kepiting (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Mie Siram Kepiting pun tak kalah nendang. Sajian ini menggunakan topping ayam suwir, telur rebus, dan kepiting. Kuahnya lebih kental, dengan rasa khas kaldu kepiting. Jika merasa kurang sedap, Teman Traveler bisa menambahkan kecap, sambal, atau jeruk nipis. Namun tanpa itu semua, cita rasa otentik Banjarmasin tetap juara.

Seporsi Mie Siram Udang dan Mie Siram Kepiting dibanderol dengan harga Rp20.000. Cukup terjangkau untuk sebuah kuliner otentik yang jarang dijumpai di Jogja.

Menu Lain yang Jadi Favorit

Nasi Goreng Lidah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain mie siram yang jadi andalan, menu lain yang juga patut dipesan yaitu Nasi Goreng Lidah. Nasi goreng dimasak dengan bumbu khas rempah, disajikan dengan potongan lidah sapi. Lidahnya dimasak empuk sehingga takkan ada perlawanan ketika dikunyak.

Perpaduan lezat ini bisa Teman Traveler dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp22.000. Cukup membuat kenyang karena disajikan dengan telur mata sapi. Apalagi porsi nasi goreng ini juga terbilang cukup besar.  

Es Sirup Banjar (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Puas mengisi perut, saatnya seruput minuman menyegarkan. Ada signature beverage yang patut Teman Traveler pesan di sini, yaitu Es Sirup Banjar. Disajikan dengan gelas berukuran jumbo, es sirup warna merah ini sudah terlihat menyegarkan meski belum diteguk. Nyatanya, minuman manis khas Banjar ini memang ampuh menghilangkan dahaga. Harganya sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja.   

Mie Siram jadi andalan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencobanya sajian di Mie Sidang Pak Hasyim? Selain kelezatannya yang menghipnotis, makan di sini juga takkan membuat dompet tipis. Tunggu apa lagi, segera ajak keluarga, saudara, atau teman kalian menikmati sajian khas Banjar di Jogja. Selamat berkuliner!   Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Be Silly at Upside Down World Indonesia

Liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin, Air Gua-nya Dapat Berubah Warna!