in ,

Minuman Alami Pereda Mabuk Perjalanan, Traveler Wajib Tahu

Deretan Minuman yang Diyakini Bisa Redakan Mabuk Perjalanan

Air kelapa muda
Air kelapa muda via Instagram callme_ambam

Mabuk perjalanan kerap jadi masalah yang menghantui beberapa traveler. Sensasi pusing dan mual selama berkendara atau terbang bisa sangat menganggu dan membuat liburan tak maksimal. Untungnya, ada beberapa minuman alami pereda mabuk perjalanan yang bisa dicoba.

Baca juga : Eduwisata Seru di Orchid Forest Lembang, Hutan Pinus di Atas 1500 Mdpl

Mungkin belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan secara pasti bahwa minuman-minuman tersebut bisa mengurangi gejala mabuk. Namun pengalaman menunjukkan banyak orang merasa baikan setelah mengonsumsinya. Berikut Travelingyuk sajikan deretan minuman alami pereda mabuk perjalanan yang bisa sobat traveler coba.

1. Air mineral

Ilustrasi air mineral kemasan
Ilustrasi air mineral kemasan via Instagram jeff8345521

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Jika terus dibiarkan, bisa timbul rasa mual yang sangat tidak nyaman. Hal tersebut tentu akan sangat menganggu dan bisa membuat liburan menjadi tak maksimal. Solusi paling cepat adalah menambah cairan tubuh dengan minum air mineral.

Air mineral atau kemasan sangat mudah didapatkan di hampir semua tempat. Sobat traveler bisa membawanya sendiri dari rumah, atau membelinya di kios-kios yang ada di sepanjang perjalanan. Maskapai penerbangan juga menyediakan air kemasan bagi penumpang yang membutuhkan.

2. Air Jahe

Air seduhan jahe
Air seduhan jahe via Instagram jvllifestyle

Jahe sudah lama dipercaya punya banyak khasiat bagus untuk tubuh. Kandungannya diyakini bisa mengatasi beragam masalah pencernaan, termasuk rasa mual dan kembung. Tak heran jika tanaman obat tradisional satu ini sering digunakan sebagai campuran ramuan berkhasiat maupun jamu.

Air seduhan jahe dipercaya mampu meringankan gejala mabuk perjalanan. Mungkin sulit mendapatkannya jika tidak mampir ke warung atau restoran khusus. Oleh karena itu sobat traveler bisa menyiapkan terlebih dulu di rumah sebelum disimpan dalam wadah tahan panas, sebagai bekal perjalanan.

3. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda
Air kelapa muda via Instagram foodylove4

Air kelapa muda diyakini memiliki beragam manfaat positif. Ada yang mengatakan kandungan di dalamnya bisa menetralisir racun, ada pula yang menyebut bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tak heran jika setelah meminum air kelapa muda, tubuh biasanya terasa lebih segar dibandingkan sebelumnya.

Hal tersebut membuat air kelapa muda menjadi salah satu minuman alami yang bisa digunakan untuk meredam gejala mabuk perjalanan. Mendapatkan yang benar-benar murni dan segar mungkin sulit, namun untungnya sekarang sudah ada air kelapa kemasan dengan manfaat serupa.

4. Jus Jeruk

Jus jeruk
Jus jeruk via Instagram hanamaru37

Jus jeruk sudah lama jadi salah satu minuman favorit di Indonesia. Hampir semua warung dan restoran menyediakannya. Rasanya segar dan memberikan sensasi menyejukkan. Namun di balik itu, jus jeruk ternyata juga punya manfaat lebih lho.

Selain mengandung vitamin C, jus jeruk juga memiliki kandungan asam yang bagus untuk meredakan gangguan asam lambung. Meminumnya akan bisa mengurangi rasa mual yang mungkin muncul selama perjalanan.

Itulah tadi sejumlah minuman alami pereda mabuk perjalanan yang diyakini mampu membuat tubuh lebih segar. Jika sobat traveler termasuk orang yang mudah merasa mual selama naik kendaraan maupun terbang, tak ada salahnya menjajal deretan minuman di atas. Next

ramadan
Ilustrasi mendaki gunung bersama anak

Perlu Dicatat, 5 Peralatan Naik Gunung Bersama Anak

Destinasi Wisata Alam di Aceh, Opsi Liburan Saat Ke Ujung Barat Indonesia