in , ,

Ingin Ke Luar Negeri? Pelajari Dulu Money Changer Untuk Tukar Mata Uang

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, biasanya kamu harus mengerti tentang Money Changer. Layaknya di Indonesia, banyak money changer yang biasa kamu temukan di area lokasi wisata, bandara, terminal, mall, hingga pasar-pasar didaerah kawasan wisata.

Baca juga : Musim Hujan Ingin Touring Tetap Aman? Yuk Simak Tipsnya!

Money Changer menjadi alternatif terbaik keuangan ketika traveling di luar negeri
Money Changer menjadi alternatif terbaik keuangan ketika traveling di luar negeri. Foto via liputan6.com

Untuk mengawali, kamu harus mengerti apa itu money changer. Salah satu tempat penukaran uang untuk para traveler asing ketika berada diluar negeri atau sebaliknya. Bagi traveler luar negeri ke Indonesia, mereka bisa menukarkan mata uang negara lain ke rupiah. Mesin ini akan mengeluarkan sejumlah uang dengan jumlah sesuai dengan nilai pertukaran mata uang asing ke rupaih. Misalnya, traveler asal singapura akan mendapatkan Rp. 10.872 untuk 1 dollar Singapura.

Begitupun sebaliknya ketika kamu berasal dari Indonesia berlibur ke Inggris, kamu harus mengeluarkan Rp. 18.000 untuk 1 nilai poundserling Inggris. Itulah mengapa ketika masyarakat Indonesia sedang berlibur ke luar negeri harus menyediakan saldo uang yang banyak, karena berkaitan dengan penukaran uang asing. Apalagi kamu sedang berlibur di lebih dari 3 negara sekaligus.

Perhitungan Pertukaran Uang

Ketika menghitung pertukaran uang, maka yang jadi patokan adalah kurs mata uang, yakni kurs beli dan kurs jual. Dapat dimisalkan sebagai berikut, kurs beli adalah pertukaran mata uang asing menjadi rupiah. Dan kurs jual adalah menukarkan rupiah ke mata uang asing. Contoh sederhana jika kamu membeli 20 Dollar Amerika maka kamu akan mendapatkan sejumlah Rp. 15.537,92 x 20 Dollar = Rp. 310.758. Artinya ketika kamu menukarkan 20 Dollar Amerika maka kamu akan mendapatkan sejumlah 310.758 rupiah. Kurs ini akan berbeda beda bergantung naik turunnya kurs BI pada 26 Oktober 2022.

Kurs mata uang rupiah dari Bank Indonesia
Kurs mata uang rupiah dari Bank Indonesia

Nah, ketika kamu menjual rupiah ke Dollar Amerika dihari yang sama, perhitungannya sebagai berikut. Nilai kurs jual rupiah ke Dollar Amerika USD adalah Rp. 15.694,08 per 1 dollar Amerika. Jadi perhitungannya Rp. 15.694,08 x 20 = Rp. Rp. 313.881,6. Jadi ketika kamu ingin mendapatkan 20 Dollar Amerika kamu harus menyiapkan uang 313.881,6 rupaih.

Contoh Berbagai Money Changer di Jakarta

Banyak sekali penipuan yang terjadi di money changer, maka kamu bisa mengunjungi beberapa money changer terpercaya berdasarkan OCBC NISP. seperti di Jakarta yaitu VIP Money Changer and Remittance yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat. Money Changer ini menjadi yang terbesar dan menjadi pusat di Indonesia. Ada juga Dua Sisi Money Chager yang tersedia di mal-mal besar Jakarta sebagai lokasi untuk para traveler luar negeri ketika ingin membeli oleh-oleh.

Peniti Money Changer tersedia di Kebon Sirih dan Kelapa Gading terkenal karena bisnis perdagangan luar negeri. Dolarindo Money Changer and Remittance buka selama 24 jam dan telah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia.

Tips Menggunakan Money Changer

Nah sebelum menggunakan langsung money changer atau layanan valuta asing. Ada beberapa tips keren yang harus kamu perhatikan seperti memilih Money Changer yang sudah berizin dari OJK ataupun BI. Ketahui terlebih dahulu kurs paling rendah agar tidak terjadi selisih terlalu besar. Carilah Money Changer yang menginformasikan mata uang online. Untuk bisnis jangan menggunakan money changer di bandara ataupun terminal. Sediakan kalkulator online untuk mengecek kurs mata uang asing secara pasti.

Money Changer dari OCBC NISP di Jakarta
Money Changer dari OCBC NISP di Jakarta. Foto via supermalkarawaci.com

Nah bagi kamu yang traveling, tukarkan ketika kamu di bandara ataupun terminal. Bagi kamu yang menukarkan uang dalam jumlah banyak, gunakan pengawalan dari kepolisian agar tetap aman. Next

ramadan
Perayaan Diwali dengan digelarnya festival lampu dan lampion

Uniknya Festival Cahaya Diperayaan Diwali India

Kue Tete mirip seperti kue serabi

Terlalu Barbar, Nama Makanan Indonesia Bikin Melongo!