in , , ,

Rayakan Kemerdekaan dengan Caramu Sendiri, Kunjungi Museum 10 November Surabaya

Kota Pahlawan yang disematkan kepada Surabaya ini, cocok buat Teman Traveler yang ingin berwisata sejarah. Kamu bisa mengunjungi Museum 10 November yang ikonik banget. Di sini terkenal dengan Tugu Pahlawannya. Kamu bisa mengunjungi Museum 10 November untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Kegiatan Seru di Tengah Menawannya Danau Toba

img_20190113_110757_Mo4.jpg
Museum 10 November dan Tugu Pahlawan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Tugu Pahlawan merupakan bukti sejarah Indonesia, khususnya arek-arek Surabaya. Tugu ini untuk mengenang peristiwa 10 November yang begitu bersejarah. Perlawanan arek-arek Surabaya terhadap penjajah yang dipimpin oleh Bung Tomo. Ya, sosok pahlawan legendaris itu berhasil menyulut semangat arek Surabaya untuk mengerahkan sekuat tenaga membela tanah air, khususnya di kota Surabaya. 

img_20190113_105434_bLq.jpg
Kantor Gubernur Jawa Timur (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Lokasinya berdekatan dengan Kantor Gubernur Jawa Timur dan Jembatan Merah yang juga terkenal. Nah, kalau kamu melakukan perjalanan ke Surabaya dengan kereta api, bisa turun di Stasiun Semut dan cukup berjalan kaki. Kalau merasa lelah dan tak begitu bisa dengan cuaca panas Surabaya, ada banyak kendaraan umum lain yang bisa dipilih. 

img_20190113_110331_qxO.jpg
Patung Bung Karno dan Bung Hatta (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Saat berada di sekitar kawasan Tugu Pahlawan ini, kamu akan merasa seperti sedang berada di masa lalu. Gedung Gubernur Jawa Timur ini juga salah satunya yang sangat ikonik di sini, saksi sejarah yang begitu berharga.

img_20190113_114135_CYL.jpg
Museum 10 November (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Saat pertama menginjakkan kaki di Museum 10 November, kamu bakal disambut oleh Patung Bung Karno dan Bung Hatta. Setelah itu kamu bisa melihat Tugu Pahlawan yang dibangun dalam bentuk “paku terbalik” setinggi 40,45 meter.

img_20190113_111014_Vly.jpg
Mobil Bung Tomo (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Area Tugu Pahlawan cukup luas dengan lapangan berumput di kanan kirinya sebagai area pejalan kaki. Jika kamu kepanasan dengan terik mentari saat berkunjung ke sini siang hari, kamu bisa mendinginkan kepala dan tubuhmu di dalam museum. Sebelum masuk museum, jangan lupa berfoto di samping mobil Bung Tomo.

img_20190113_111156_3Qe.jpg
Tugu Pahlawan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa melihat berbagai koleksi bersejarah di Museum 10 November. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 untuk masuk ke museum. Museum ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

img_20190113_111428_loC.jpg
Foto peristiwa bersejarah (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Museum 10 November punya arsitektur yang begitu unik dengan 3 bangunan berbentuk limas seperti piramida. Kamu akan melewati jalan berkelok di dalam ruangan saat memasuki museum. Terdapat piramida terbalik yang digantung di langit-langit ruangan dengan deretan foto peristiwa bersejarah.

img_20190113_112228_hCq.jpg
Replika radio Bung Tomo (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Selama di Museum 10 November, Teman Traveler bisa melihat barang-barang peninggalan sejarah beserta informasi. Beberapa di antaranya adalah seragam para pejuang, replika radio Bung Tomo, alat peperangan, hingga alat kesehatan. Selain itu ada fasilitas informasi digital yang bisa diakses para pengunjung.

img_20190113_112614_GxX.jpg
Perjuangan para pahlawan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Dengan menyelami cerita sejarah, betapa kita harus benar menghargai dan mengenang jasa pahlawan demi kemerdekaan yang bisa kita nikmati sampai saat ini. Saat inilah peran kita untuk mempertahankan arti merdeka sesungguhnya, membawa Indonesia ke peradaban yang lebih baik. Merdeka karena kita beragam, merdeka karena keberagaman adalah simbol dan identitas kita.  Next

ramadan

Written by Verwati Iriani

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ingin Tahu Rasanya Dikejar Zombie Seperti Film Train to Busan? Di Indonesia Ada Nih!

Kue Cubit toping keren super modern

Beragam Jajanan Tradisional Yang Unik dan Lebih Modern