in , , , ,

Menilik Museum Buleleng, Wisata Sejarah Peninggalan Bali Kuno

Museum Buleleng salah satu museum prasejarah dan Bali Kuno
Museum Buleleng salah satu museum prasejarah dan Bali Kuno

Ternyata Bali tidak hanya sekedar wisata Alam dan Budaya saja yang menakjubkan. Tanah Dewata ini menyimpan banyak sejarah kelam yang bernilai tinggi. Dari budaya hingga sejarah yang panjang, Bali memiliki banyak museum yang patut dikunjungi. Hingga kini terdapat setidaknya 32 museum yang terdaftar di Kemendikbud mulai dari museum seni hingga museum sejarah yang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal hingga mancanegara.

Baca juga : Suku Sasak, Kearifan Lokal Budaya Lombok Paling Kental

Museum Buleleng salah satu museum prasejarah dan Bali Kuno
Museum Buleleng salah satu museum prasejarah dan Bali Kuno. Foto via gotravelingtourismbali.com

Museum Buleleng adalah satu dari puluhan museum yang memiliki koleksi peninggalan jaman prasejarah dan Bali kuno. Museum ini sudah berusia 20 tahun berlokasi satu kawasan dengan Pura Seni Sasana Budaya Singaraja. Untuk kamu yang penasaran ingin mengunjungi museum ini kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WITA.

Salah satu tempat pemakaman yang terbuat dari Batu
Salah satu tempat pemakaman yang terbuat dari Batu yang bernama sarkofagus. Foto via bali.com

Uniknya kamu akan memasuki layaknya zaman purbakala ketika memasuki ruang utama museum. Berbagai koleksi seperti sarkofagus sejenis peti kubur berbahan batu. Hingga batuan lainnya yang menyerupai dulang kayu, patung, senjata, dan koleksi lainnya dari seni pahat Bali kuno. Ada juga lukisan, wayang, kerajinan emas, dan perak, alamt masak hingga alat untuk memproduksi gula merah. Tak hanya itu, koleksi berbagai kain kuno hingga pakaian dan kendaraan Gubernur Sunda kecil pada masa era kolonial hingga koleksi pribadi dari Kerajaan Buleleng, dan sebagainya.

berbagai jenis alat dapur jaman kuno yang terdapat di Museum Buleleng
berbagai jenis alat dapur jaman kuno yang terdapat di Museum Buleleng. Foto via wisato.id

Untuk koleksi teknologi masa penjahan kamu bisa menemukan barang seperti radio, mesin tik asli buatan Indonesia tahun 1945. Bangunan museum Bluleleng ini tidak begitu luas hanya tersedia satu abngunan yang didalamnya terdapat beberapa ruang diantaranya ruang prasejarah, ruang sejarah, ruang kesukuan, ruang kerajinan hingga ruang koleksi mobil peninggalan Sunda Kecil.

Seni lukis Bali kuno yang dipamerkan di Museum Buleleng
Seni lukis Bali kuno yang dipamerkan di Museum Buleleng. Foto via wordpress.com

Bagi traveler luar Bali, tak perlu khawatir kebingungan, karena kamu akan ditemani guide Museum Buleleng sehingga kamu akan mendapatkan penjelasan detail mengenai museum ini. Wisata museum Buleleng ini sangat favorit sebagai wisata keluarga yang dapat memperkenalkan sejarah kepada buah hati. Yuk segera nikmati museum Buleleng yang berlokasi di Jalan Veteran Paket Agung Buleleng Bali Utara. Next

ramadan
Cara mendirikan tenda perkemahan dengan baik

Mau Berkemah Dengan Nyaman? Berikut Tips Mendirikan Tenda Yang Benar

Nasi Kuning Nyambar khas Balikpapan yang populer

Nasi Kuning Nyambar, Kuliner Khas Balikpapan Cocok Untuk Sarapan Pagi