in , , ,

Museum Dinosaurus di Jepang, Salah Satu yang Terbesar di Dunia

Mengenang dan Belajar Tentang Masa Lalu di Jepang

Bagian Depan Museum (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Dinosaurus, hewan purbakala yang melegenda dan kerang dijadikan sebagai topik utama pembuatan film-film yang bertemakan alam liar. Kini hewan tersebut telah punah sehingga Teman Traveler tidak bisa melihat langsung bagaimana bentuk dan seseram apa binatang purbakala ini. Walaupun demikian, Teman Traveler dapat kembali merasakan kehadiran hewan tersebut jika berkunjung ke Museum Dinosasurus yang ada di Jepang ini. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Makam Tebing di Asia, Cara Kuno Penduduk Setempat Membuat Peristirahatan Akhir

Telusuri Lebih Jauh

Salah Satu Spot Museum (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Museum Dinosaurus ini dibangun pada tahun 2000 yang menyuguhkan lebih dari 40 rangka hewan purba khususnya dinosaurus yang di pajang di tempat ini. Wisata edukasi ini dibuat untuk memenuhi rasa penasaran masyarakat terkait hewan yang hidup ribuan tahun lalu itu. Bentuk museum berbentuk kubah dengan ketinggian 37,5 meter dengan diameter kubah sepanjang 84 meter.

Beragam Spot Menarik yang Canggih

Koleksi Dinosaurus (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Terdapat berbagai spot yang akan membuat Teman Traveler terkagum-kagum saat berkunjung ke tempat ini. Salah satu spot favorit pengunjung adalah robot yang bergerak dan bersuara layaknya dinosaurus yang Teman Traveler saksikan di televisi. Spot ini menarik pengunjung karena bisa berfoto sambil memegang robot dinosaurus ini.

Terdapat area laboratorium yang sangat mengedukasi karena memberikan informasi mendetail tentang proses penggalian, pembersihan hingga analisa fosil yang kemudian di susun menjadi satu replika yang menarik.

Selain kedua area tersebut, terdapat juga area anak-anak yang akan menyuguhkan pemandangan bumi dahulu kala yang masih dalam 1 benua yang luas sebelum terpecah menjadi beberapa benua seperti sekarang ini. Dari sinilah Teman Traveler mengetahui alasan mengapa fosil dinosaurus kini bisa ditemukan di berbagai belahan dunia.

Zona Pameran

Koleksi Kerangka (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Jika berkunjung ke museum ini, Teman Traveler akan menjumpai 3 zona yang menyuguhkan pemandangan yang berbeda. Zona pertama History of Life yang memberikan informasi tentang samudra dan bumi yang berevolusi. Zona berikutnya adalah Dinosaur World yang menyajikan pemandangan dinosaurus yang berdiri di setiap sudut ruangan.

Zona terakhir adalah Earth Science dengan sejarah ilmu bumi mulai dari sedimen tanah hingga batuan juga mineral dalam tanah. Setiap zona memiliki gravitasi berbeda yang siap menyambut Teman Traveler.

Fasilitas Museum

Tangga Menuju Atas (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Pada lantai 3 museum, Teman Traveler dapat menemukan toko dengan berbagai benda yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain itu, ada juga restaurant yang menyajikan beragam menu yang menarik dan Teman Traveler juga bisa melihat ruang teater yang biasa digunakan untuk acara khusus dan spesial seperti diskusi terkait dinosaurus.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Koleksi Kerangka Dinosaurus (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin berkunjung harus menyiapkan uang lebih untuk masuk ke museum ini. Tiket masuk dewasa 2120 Yen dan anak-anak di atas 6 tahun 960 Yen. Wisata ini bisa Teman Traveler kunjungi mulai dari jam 09:00 hingga 17:00.

Akses Menuju Museum

Berbagai Macam Kerangka (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Jika berangkat dari Kanazawa, Teman Traveler bisa menggunakan kereta dari Stasiun Kanazawa ke Stasiun Fukui dengan lama perjalanan sekitar 40 menit dengan biaya sebesar 2.500 Yen. Perjalanan ini juga tercover oleh JR Pass.

Itulah ulasan singkat yang bisa menjadi inspirasi liburan Teman Traveler saat berkunjung ke Jepang. Rasakan gravitasi berbeda seakan kembali ke masa lalu dengan pemandangan berbagai hewan purba yang tinggi dan besar. Next

ramadan

Pantai Pink dan Tanjung Ringgit Lombok Timur yang Menawan

Batu Raja Manitan, Wisata Air Terjun Keren nan Eksotik