in , , , ,

Pantai Pink dan Tanjung Ringgit Lombok Timur yang Menawan

Keindahan Pantai di Lombok Terwakili dengan 2 Pantai Lombok Timur Ini

20170505_072515162_ios_YBs.jpg
Panorama Pink Beach Lombok (c) Muhammad Zayl/Travelingyuk

Lombok adalah sebuah pulau yang menyimpan sejuta pesona di dalamnya. Sama seperti Bali, disetiap Kabupaten di Lombok pun terdapat destinasi wisata yang beragam dan juga indah. Hingga saat ini, pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana wisata di berbagai daerah yang ada di Lombok. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi para wisatawan yang hendak berlibur di Pulau Lombok.

Baca juga : 12 Alasan Kamu Wajib Naik Kereta Api Pas Traveling

Pemerintah terus meningkatkan kualitas wisata di Lombok khususnya Kabupaten Lombok Timur. Terdapat beberapa wisata yang sangat berpotensi, salah satu tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Pink Beach dan Tanjung Ringgit, kedua tempat wisata tersebut sangat populer dikalangan pelancong domestik maupun mancanegara, seperti apa sih keindahan wisata yang ada di ujung Timur Lombok ini? Yuk simak ulasannya!

1. Pink Beach

20190826_110105765_ios_U2C.jpg
Pasir Pantai yang Merwarna Merah Muda (c) Muhammad Zayl/Travelingyuk

Terdapat beberapa Pink Beach yang ada di Indonesia salah satunya berada di Lombok, Pink Beach Lombok berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Nama lain dari Pink Beach Lombok adalah Pantai Tangsi. Keunikan dari pantai ini tentunya adalah pasirnya yang berwarna merah jambu

Alasan utama pasir pantai ini bisa berwarna merah jambu atau pink adalah mikroorganisme yang tumbuh pada pecahan koral, senyawa yang terjadi antara koral, mikroorganisme, air laur serta terpaan sinar matahari merupakan kombinasi yang menjadikan Pantai Tangsi memiliki pasir pantai yang berwarna merah muda.

Tidak hanya pasirnya saja yang unik, panorama yang terdapat disekitar Pantai Tangsi pun menyuguhkan lanscap yang begitu mempesona. Area pantai dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menyegarkan mata, jernihnya air laut Pantai Tangsi semakin membuat tempat ini begitu sempurna.

Untuk menghilangkan rasa haus dan panasnya terik matahari terdapat beberapa warung minuman dan makanan di pinggir pantai yang bisa Teman Traveler nikmati.

Pantai Tangsi ini tidak selalu memiliki pasir berwarna pink. Ada waktu tertentu untuk bisa melihat penomena pasir berwarna pink tersebut. Salah satunya adalah dengan datang pada siang hari dan lebih bagusnya saat matahari berada tepat diatas kepala.

20190826_111742727_ios_QGE.jpg
Bersantai di Atas bukit Pink Beach (c) Muhammad Zayl/Travelingyuk

Untuk sampai di Pantai Tangsi, Teman Traveler bisa menggunakan jalur darat dengan jarak 82 km atau 2 jam 30 menit perjalanan dari Kota Mataram. Teman Traveler bisa menggunakan GPS dengan lokasi tujuan Pink Beach Lombok. Teman Traveler akan melewati Kecamatan Praya, Jerowaru kemudian masuk ke Desa Sekaroh.

Nah, dari desa tersebut lokasi Pantai Tangsi sudah dekat, namun jalan yang tadinya beraspal akan berubah menjadi jalanan berbatu dengan banyak lubang, ditambah jalanan masih sepi dan masih ada monyet liar yang bermain di tengah jalan. Jadi, Teman Traveler harus ekstra hati-hati ya.

Selain darat, Teman Traveler juga bisa memiliki trasnportasi laut dengang menggunakan public boat atau private boat dari Pelabuhan Tanjung Luar. Dari Kota Mataram ke Tanjung Luar memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dan dilanjutkan menaiki boat dengan perjalanan sekitar 20 menit untuk tiba di lokasi.

Tarif public boat kenakan Rp40.000 per orang untuk sekali jalan. Namun, jika menggunakan private boat tarifnya lebih mahal yaitu Rp900.000 per boat untuk pulang pergi. Tiket masuk Pink Beach cukup terjangkau hanya dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

Fasilitas yang ada di Pantai Tangsi cukup banyak, seperti toilet umum yang bisa digunakan juga untuk mandi, lahan parkir untuk mobil dan motor, gazebo pinggir pantai untuk bersantai, warung yang menyediakan berbagai macam makan dan minuman serta ada tempat penyewaan alat snorkeling bagi yang ingin menjelajahi bawah laut Pantai Tangsi.

2. Tanjung Ringgit

a8e08c02_33c9_40b1_b4ac_2a94f016422c_LTA.jpeg
Panorama Tanjung Ringgit (c) Muhammad Zayl/Travelingyuk

Tanjung Ringgit berada dilokasi terujung dari Kabupaten Lombok Timur, jarak dari Pantai Tangsi ke Tanjung Ringgit cukup dekat yaitu sekitar 7,1 km dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan ke arah timur. Hal menarik dari Tanjung Ringgit adalah tebing curam yang kokoh dengan perbukitan hijau seakan menjadi benteng Pulau Lombok.

Sepintas seperti Uluwatu yang ada di Bali namun Tanjung Ringgit mempunyai lanscap yang berbeda karena memiliki dataran hijau yang sangat luas. Selain Tanjung Ringgit merupakan dataran terujung, wisata ini juga masih sepi dari wisatawan. Tempat ini mempunyai potensi wisata yang besar, hanya saja belum ada campur tangan pemerintah untuk mengelola dan menjadikan Tanjung Ringgit sebagai tempat wisata.

49d8b3cf_7d9e_45a6_ae2f_6d01ee0b16b5_xmz.jpeg
Tebing Tanjung Ringgit (c) Muhammad Zayl/Travelingyuk

Sejauh mata memandang, tempat ini hanya terlihat tebing, perbukitan hijau, lautan biru dan samar – samar terlihat pula Pulau Sumbawa dari kejauhan. Debur ombak yang menghatam tebing membuat suasana menjadi dramatis, terlebih ada pula benda bersejarah peninggalan Belanda yaitu mercusuar yang masih aktif hingga saat ini. Selain itu, terdapat gua bekas peninggalan Jepang yang pernah digunakan di Perang Dunia II yang kini menjadi saksi bisu dan bukti bahwa Tanjung Ringgit pernah menjadi tempat penting di jaman penjajahan.

Seperti yang sudah di bahas, Tanjung Ringgit masih sepi pengunjung sehingga tempat ini tidak memiliki fasilitas apapun, berbeda dengan Pantai Tangsi yang sudah memiliki banyak fasilitas untuk menunjang kenyamanan selama berwisata di sana. Bahkan lahan parkir khusus atau warung pun belum ada di Tanjung Ringgit serta tidak ada tiket masuk alias gratis menikmati eksotis ini.

Nah, bagi Teman Traveler yang memiliki jiwa petualang dan hobi dengan photography, kedua tempat ini sangat direkomendasikan untuk berkunjung. Selian panoramanya yang apik, tempat tersebut juga cukup sepi sehingga sangat mudah mendapatkan foto bagus dan kenyamanan saat berwisata. Next

ramadan

Deretan Destinasi Wisata Hits Kota Tuban, The Mid East of Java yang Eksotik

Museum Dinosaurus di Jepang, Salah Satu yang Terbesar di Dunia