in , ,

Museum Merapi Jogja, Melihat Rekam Jejak Gunung Api Tertua

Melihat Sejarah Gunung Api Legendaris di Museum Merapi

Mengunjungi Museum Merapi Jogja
Mengunjungi Museum Merapi Jogja (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Jalan-jalan alias traveling sudah jadi gaya hidup anyar. Nah, buat Teman Traveler yang masih bingung mau ke mana weekend ini, di Jogjakarta ada satu museum menarik untuk dikunjungi. Namanya Museum Merapi, terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Sleman.

Baca juga : Muslim Pro, Aplikasi yang Berguna Untuk Traveling Saat Ramadhan

Sesuai namanya, di Museum Merapi Teman Traveler bisa melihat rekam jejak gunung api tertua di Indonesia. Menarik ya? Yuk, kita simak penjelasan lebih detail soal destinasi unik ini.

Bangunan Artistik Berbentuk Trapesium

Bangunan museum berbentuk trapesium (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Salah satu yang membuat Museum Merapi menarik adalah arsitekturnya. Bangunan utaanya tampak unik karena berbentuk trapesium, dengan salah satu sisi puncaknya mengerucut hingga membentuk segitiga. Keunikan ini bisa Teman Traveler lihat dengan jelas ketika hendak memasuki ruang pamer.

Pemandangan di sekitar sini juga sangat indah Teman Traveler. Begitu sampai di area utama, kalian bisa melihat museum dua lantai ini berdiri gagah dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi.

Lorong Peraga Simulasi Bencana

Koleksi foto-foto Merapi (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Begitu masuk ruang pamer, Teman Traveler akan langsung disambu replika sebaran awan panas. Alat ini sanggup mengeluarkan suara gemuruh, yang menggambarkan suasana Merapi saat akan meletus. Dengan sekali menekan tombol, kalian bisa melihat simulasi dahsyatnya erupsi.

Selama menjelajah di dalam Museum Merapi, Teman Traveler akan mendapatkan banyak informasi baru. Deretan display di sini dilengkapi beragam keterangan seputar fakta unik Merapi, proses, dan dampak letusannya.

Nonton Film di Ruang Audio Visual

Nonton film di ruang audio visual (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Ruangan audio visual memiliki sebuah layar besar, dengan konsep mirip gedung bioskop. Di sini Teman Traveler bisa menyaksikan pemutaran film berdurasi 25 menit, yang menceritakan detik-detik meletusnya gunung berapi.

Teman Traveler bakal mendapat penjelasan lebih rinci soal bagaimana proses erupsi terjadi, hingga akhirnya gunung memuntahkan lahar panas. Selain itu ada juga keterangan detail soal fenomena ‘wedhus gembel’ di Merapi.

Oh ya, Teman Traveler tak perlu takut bakal ketinggalan pemutaran ya. Pasalnya film soal gunung berapi ini bakal diputar tiap dua jam sekali.

Koleksi Sisa Letusan

Salah satu display di dalam museum (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Masih ingat soal tragedi meletusnya Merapi beberapa tahun silam? Tak hanya jadi sorotan karena sosok Mbah Marijan, satu-satunya juru kunci gunung yang ikut jadi korban, kejadian ini juga terus dikenang karena menimbulkan banyak kerugian harta benda.

Bagi Teman Traveler yang penasaran, museum ini masih menyimpan beberapa benda asli korban erupsi Merapi. Jenisnya beragam, mulai motor, sisa peralatan dapur, dan masih banyak lagi.

Replika Keajaiban Dunia

Deretan replika keajaiban dunia (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Setelah puas menjelajah area dalam museum, Teman Traveler bisa melihat
wahana menarik berupa replika keajaiban dunia. Tepat di samping bangunan museum, kalian akan menemukan versi mini Patung Liberty, Menara Eiffel, Pisa, dan monumen terkenal lainnya. Tak jauh dari sini, ada juga sebuah taman bunga cantik. Pastinya pas banget buat kalian yang hobi berfoto-foto. Sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk bisa masuk ke Museum Merapi, Teman Traveler hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000 per orang. Jika ingin menonton film di ruang audio visual, wajib merogoh kocek Rp5.000 ekstra.

Itulah sedikit pengalaman saya menyambangi Museum Merapi. Tak sekedar jalan-jalan, di sini Teman Traveler bisa menambah pengetahuan dan pemahaman soal ilmu gunung berapi serta bumi. Bagaimana, menarik kan? Jangan lupa mampir jika sedang liburan di Jogja ya. . Next

ramadan
kuliner Riau dengan rasa pedas

Kuliner Riau dengan Rasa Pedas, Si Penggugah Selera untuk Energi saat Liburan

Pemburu sesaji di Upacara Kasada

Upacara Kasada, Kearifan Budaya Unik Suku Tengger