in , ,

Museum Wayang Beber Sekartaji, Belajar Ragam Budaya Nusantara

Belajar Ragam Wayang di Museum Wayang Beber Sekartaji

Museum Wayang Beber
Museum Wayang Beber (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Membicarakan Jogja seolah tak ada habisnya. Budaya Jawa yang begitu mengakar di Kota Gudeg membuatnya terasa istimewa dibanding daerah lain di Indonesia. Jika ingin mempelajari lebih dalam soal hal tersebut, ada banyak tempat yang bisa disambangi. Salah satunya adalah Museum Wayang Beber Sekartaji.

Baca juga : Rahasia Dibalik Rasa Pedas yang Nyaman dari Kober Mie Setan, Apa Ya?

Sejarah Singkat Museum

img_20191109_112219_6ev.jpg
Museum Wayang Beber Sekartaji (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum Wayang Beber Sekartaji diresmikan langsung oleh Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono, pada 2017. Keberadaannya merupakan bentuk kepedulian pemerintah lokal akan pentingnya upaya pelestarian budaya Nusantara. Namun demikian, museum ini bukan satu-satunya di Indonesia yang khusus memamerkan koleksi wayang.

Mengenal Wayang Beber

img_20191109_111438_zwg.jpg
Salah satu sisi ruangan museum (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Mungkin ada beberapa Teman Traveler yang kurang familiar dengan Wayang Beber. Apa sih yang membedakannya dengan wayang lain? Dari segi sejarah, bentuk kesenian ini muncul dan berkembang pada masa pra-Islam. Disebut ‘beber’ karena cerita-cerita yang kerap dipentaskan, seperti Mahabrata dan Ramayana, dilukis pada lembaran-lembaran kain atau kertas serta disusun berurutan.

Koleksi Lukisan

img_20191109_111155_V98.jpg
Koleksi lukisan Wayang Beber (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Menurut penuturan pemilik museum, barisan lukisan wayang beber di sini didapatkannya dengan perjuangan ekstra. Pasalnya semua sudah termasuk barang langka. Bahkan untuk mendapatkannya harus ditebus dengan modal fantastis.

Istimewanya lagi, deretan lukisan wayang di sini semuanya merupakan karya seniman handal. Mulai dari Hermin Istiariningsih, Dani Iswardana, hingga Indra Suroinggeno. Benar-benar luar biasa kan?

Koleksi Alat Musik Jawa

img_20191109_111218_OY5.jpg
Koleksi alat musik Jawa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Selain menampilkan koleksi wayang, museum ini juga tunjukkan beberapa peralatan musik seperti bonang, saron, kendang, dan gong. Semua tersimpan baik dan terawat di rumah limasan yang berfungsi sebagai bangunan utama museum.

Banyak Program

Museum Wayang Beber Sekartaji tak hanya fokus pada upaya memamerkan koleksi benda seni. Tak jarang pengelola juga terlibat aktif dalam upaya melestarikan budaya Nusantara. Hal ini diwujudkan dengan menggelar sejumlah program seperti pementasan wayang, melukis wayang, workshop pembuatan kertas.

Lokasi Museum Wayang

Buat Teman Traveler yang tengah menghabiskan liburan di Jogjakarta, boleh coba luangkan waktu menyambangi Museum Wayang Beber Sekartaji. Mencari lokasinya bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalian bisa langsung meluncur ke Gang Pancasila, Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

Untuk mudahnya, Teman Traveler bisa langsung pacu kendaraan ke selatan Jogja. Jaraknya memang lumayan jauh, namun kalian yang menggemari liburan bernuansa sejarah dan budaya pasti bakal hepi. Bagaimana, tertarik mampir? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

5 Tari Tradisional Terkeren di Indonesia, Bikin Dunia Terpana

Monomyth Cafe di Bandung

Monomyth Bandung, Kafe Board Game yang Bikin Betah