in

Sekarang Bisa Keliling Jawa Tengah Naik Damri Dari Jogja , Lho

Jalan-jalan dari Jogja naik Damri

Tak bisa dipungkiri, wisata Jogja adalah destinasi utama para turis asing maupun lokal yang ingin menghabiskan liburan. Wilayah ini menyimpan surga di setiap sudutnya, seperti Kaliurang dengan daerah pegunungannya dan juga deretan pantai indah di Gunung Kidul. Semua wisata tersebut cukup jauh dari pusat kota. Namun, tak perlu khawatir karena kini sudah disediakan Damri dari Yogyakarta menuju beberapa kabupaten, hingga kota tetangga. Ke mana saja, ya?

Baca juga : Transformasi Pemandian Alam Cikoromoy, Dari Pemandian Biasa Menjadi Spot Foto Underwater yang Amboy Kerennya

Tarif DAMRI Jogja tujuan kabupaten sekitar
Tarif DAMRI Jogja tujuan kabupaten sekitar [image source]

Jogja ke Wonosari

Pantai Wediombo, Wonosari
Pantai Wediombo, Wonosari [image source]
Yang pertama, disediakan bus Damri dari Kota Gudeg menuju Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul dengan tarif 50 ribu rupiah. Bisa nih menyiapkan seharian khusus untuk menjelajah wilayah ini. Ada Pantai Wediombo yang dikenal memiliki air laut sangat biru berlokasi di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Jangan lupa juga mencicipi kuliner khasnya, yaitu Gathot Thiwul Yu Tum di Jl. Pramuka No. 36, Wonosari. Bisa juga nih jadi oleh-oleh.

Gathot Tiwul Yu Tum, Wonosari
Gathot Tiwul Yu Tum, Wonosari [image source]

Jogja ke Muntilan

Air Terjun [image source]
Selanjutnya ada juga rute dari Kota Pelajar menuju Kecamatan Muntilan, bagian dari Magelang dengan tarif 55 ribu rupiah. Perlu diketahui, ada banyak wisata alam yang bisa dieksplor di daerah ini. Di antaranya adalah Curug Siluwok yang sangat indah dengan airnya yang biru di daerah Sidoharjo. Lokasi wisata ini masih sepi, lho. Ada juga Candi Ngawen, salah satu peninggalan Budha yang bisa dikunjungi selain Candi Mendut.

Candi Ngawen, Muntilan
Candi Ngawen, Muntilan [image source]

Jogja ke Magelang

Hutan Pinus Kragilan, Magelang
Hutan Pinus Kragilan, Magelang [image source]
Armada transportasi merakyat ini ternyata juga menyediakan rute yang langsung menuju Magelang dengan tarif 55 ribu rupiah. Seperti yang diketahui, rasanya kurang lengkap kalau berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta tanpa menyempatkan diri mengagumi berbagai tempat indah di Magelang. Salah satunya adalah Hutan Pinus Kragilan yang berada di Pogalan, Pakis. Lokasi ini sangat terkenal menjadi spot selfie yang sedang hits. Jangn lupa juga untuk mencicipi Sop Senerek Pak Karto di Jl. Jendral Sudirman yang sudah terkenal kelezatannya.

Sop Senerek Pak Karto, Magelang
Sop Senerek Pak Karto, Magelang [image source]

Jogja ke Temanggung

Alam Sewu, Temanggung
Alam Sewu, Temanggung [image source]
Para wisatawan biasanya kebingungan harus naik apa untuk keliling kota yang dikunjungi demi memenuhi daftar tempat indah. Jika Alam Sewu di Giripurno, Ngadirejo masuk dalam destinasi impianmu, kamu bisa menaiki Damri dari Jogja menuju Temanggung dengan harga 75 ribu rupiah. Tinggal duduk manis, kamu sudah bisa sampai di daerah tujuan. Sempatkan juga untuk mencoba sendiri Sego Gono yang menjadi makanan khas wilayah ini.

Sego Gono, Kuliner Khas Temanggung
Sego Gono, Kuliner Khas Temanggung [image source]

Jogja ke Borobudur

Borobudur Temple
Borobudur Temple [image source]
Saat traveling ke Jogja, rasanya harus menyempatkan diri untuk mengagumi kemegahan Borobudur. Jika ini ada di dalam rencana liburanmu, kamu bisa menaiki Damri dengan tujuan langsung candi ini yang memasang tarif 75 ribu rupiah. Hotel di sekitar wisata ini pun banyak yang keren dan Jawa Banget, salah satunya adalah Villa Cempaka di Jl. Badrawati No.1 yang bisa ditempuh dengan jalan kaki sejauh 13 menit. Bisa sambil olahraga pagi, nih. Harga menginap semalam di akomodasi ini adalah kisaran 500 ribu rupiah.

Villa Cempaka Borobudur
Villa Cempaka Borobudur [image source]
Jadwal Pemberangkatan DAMRI dari Stasiun Tugu
Jadwal Pemberangkatan DAMRI dari Stasiun Tugu [image source]
Nah, seru kan bisa keliling Jawa Tengah dengan wisata-wisata menawannya hanya dengan menaiki Damri dari Stasiun Tugu. Dalam sehari, akan ada 10 kali pemberangkatan, paling awal puku 4 pagi, sedang yang terakhir jam 11 malam. Bagaimana, ini akan memudahkan travelingmu, kan? Next

ramadan
Masjid di Bali

Masjid Unik Untuk Tarawih Saat Traveling ke Bali

Mie Ramen

5 Warung Ramen Halal Di Jepang