in ,

Sejak 1955! Nasi Gandul Pati, Kuliner Mantul Bikin Jatuh Hati

Nasi Gandul Khas Pati, Lezat Gurihnya Tak Terganti!

Beragam destinasi wisata selalu menjadi pilihan berlibur yang menarik. Namun tidak lengkap bila belum mencoba beberapa kuliner legendaris termasuk khas dari kota tersebut. Jika Teman Traveler berdomisili di Pati atau akan berlibur ke Pati setelah pandemi berakhir nanti, pastikan untuk mencoba kelezatan Nasi Gandul khas Pati yang masih ada hingga saat ini!

Baca juga : Deretan Kasus Pemetikan Edelweis, Jangan Sampai Ditiru Ya

Berjualan Keliling

Nasi Gandul via Instagram @kardiovskuliner

Nasi Gandul pertama kali dipopulerkan di Pati, Jawa Tengah tepatnya di Desa Gajahmati. Pak Meled sebagai pencetus pertama Nasi Gandul ini pertama kali memperkenalkan kuliner tersebut di desa-desa dengan cara memikul dagangannya kemudian berkeliling.

Walaupun arti gandul dalam bahasa jawa adalah menggantung, tapi nama gandul tersebut diambil dari nasi kuali yang dibawa oleh Pak Meled gondal-gandul atau bergoyang-goyang, nah dari situlah diambil nama nasi gandul yang Teman Traveler kenal hingga saat ini.

Beragam Lauk Tambahan

Nasi Gandul Pati via Instagram @herlin.lay

Kuliner yang satu ini disajikan begitu sederhana yakni piring yang dilapisi daun pisang kemudian nasi lengkap dengan empal atau daging potong kemudian diberikan siraman kuah legit nan gurih. Rasanya tidak perlu diragukan lagi deh. Maknyos!

Tidak hanya tersaji dengan begitu sederhana, Nasi Gandul juga dilengkapi dengan berbagai mcam lauk tambahan. Beberapa diantaranya ada gorengan tahu, tempe, perkedel, baceman hingga telur asin. Lauk tambahannya sebgitu pas disandikan dengan satu piring Nasi Gandul.

Harga Standar Rasa Cetar!

Nasi Gandul di Daerah Lain via Instagram @ririnsuseno

Pada tahun 1955, satu porsi kesederhanaan dengan penuh kebahagiaan ini hanya dibanderol Rp7.000 saja, namun pada masa itu, harga tersebut terbilang mahal. Kini, satu porsi Nasi Gandul hangat dengan daging super royal alias gak nanggung-nanggung dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000 per porsinya. Harganya terbilang standar dengan sajian yang akan Teman Traveler dapatkan.

Masih di Desa Gajahmati

Nasi Gandul Khas Pati via Instagram @henjiwong

Banyak yang bertanya-tanya, Nasi Gandul yang pertama kali berkeliling di desa-desa sekarang bisa ditemukan dimana. Lokasinya berada di Krajan Gajah Mati, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, Jawa Tengah. Teman Traveler sudah bisa berkunjung dan mencoba kuliner legendaris ini mulai dari pukul 11:00 hingga 21:30 WIB. Namun kini, Nasi Gandul sudah bisa Teman Traveler temukan pada beberapa tempat di daerah Pati. Jangan sampai terlewatkan ya!

Melengkapi atau menutup hari berlibur bersama keluarga di Pati belum lengkap jika tidak mencoba Nasi Gandul khususnya yang berada di Desa Gajahmati. Rasa gurih lezatnya haru banget Teman Traveler coba. Yuk ke Pati setelah pandemi! Stay safe! Next

ramadan

Viral #IndonesiaTerserah, Kini Mall Penuh Sesak Ditengah PSBB

PT KAI Kembali Buka Perjalanan untuk Tiga Kategori Penumpang!