in , ,

Nasi Liwet Bu Nisa Solo, Kuliner Tengah Malam Gak Bikin Kantong Bolong

Nasi Liwet Bu Lisa Kian Sedap dengan Beragam Lauk Menarik

Nasi Liwet Bu Lisa
Nasi Liwet Bu Lisa (c) Natalia/Travelingyuk

Jika sedang berada di sekitar Jawa Tengah, luangkan waktu singgah di Solo. Selain keraton, Kota Batik memiliki sederet kuliner enak dan sayang dilewatkan. Ada banyak kuliner tengah malam Solo yang bisa memuaskan perut. Salah satunya Nasi Liwet Bu Lisa.

Baca juga : Deretan Maskapai Ini Siapkan Layanan Rapid Test, Ini Harganya!

Bagi yang sedang berada di Jogja, cukup naik komuter selama sekitar 1,5 jam sudah bisa sampai di Solo. Tarifnya pun murah, di kisaran Rp10.000. Meski Teman Traveler sampai saat hari gelap, tak perlu khawatir. Seperti apa sih kuliner Solo satu ini?

Apakah Nasi Liwet itu?

Nasi Liwet Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Nasi liwet adalah salah satu kuliner khas Solo yang pastinya akan makin mantap dicoba langsung di tempat asalnya. Jika Jakarta memiliki nasi uduk, maka Jawa Tengah, khususnya Solo, punya nasi liwet. Rasanya gurih karena dimasak dengan kelapa.

Nasi Liwet Bu Nisa di Solo (c) Natalia/Travelingyuk

Nasi liwet biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam atau sate telur. Namun satu yang menjadi ciri khas adalah areh, bubur halus gurih yang juga dibuat dari kelapa. Pertama kali mencoba, dijamin langsung doyan. 

Satu dari Banyak Pilihan Nasi Liwet

Pilihan lauk di Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Sebenarnya tak susah menemukan kuliner tengah malam di Solo. Namun, Nasi Liwet Bu Nisa adalah salah satu yang mematok harga murah meriah. Itulah yang membedakan dari panjaja nasi liwet lainnya.

Kala berkunjung ke sana, saya memesan seporsi nasi liwet. Isinya terdiri dari nasi, sayur santan, serta potongan ayam kare. Tak ketinggalan areh, yang membuat cita rasa makan malam saya semakin menggugah selera.

Seporsi nasi liwet di sini dipatok tak lebih dari Rp15.000. Itu sudah termasuk teh hangat yang langsung bikin badan terasa enak. Apalagi untuk Teman Traveler yang baru saja melakukan perjalanan panjang. Serasa disambut hangat di Solo karena makanan ini.

Beragam Pilihan Lauk

Beragam lauk di Nasi Liwet Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Selain seporsi biasa, Teman Traveler juga bisa tambah lauk. Pilihannya lumayan beragam. Kalian juga bisa mencicipi sate kulit enak dengan bumbu pas di sini. Rasanya tak cukup jika hanya ambil satu tusuk. Saya juga sempat menjajal sate telur puyuh bacem seharga Rp1.000 per tusuk.

Kepala ayam (c) Natalia/Travelingyuk

Bagian ayam mana yang paling Teman Traveler suka? Nasi Liwet Bu Nisa menyediakan semuanya. Kalian bisa menikmati nasi liwet dengan tambahan kepala ayam renyah, ceker, hingga jeroan.

Sate nugget (c) Natalia/Travelingyuk

Tak ketinggalan tahu, tempe, dan telur ayam gurih yang juga dibumbu bacem. Nasi Liwet Bu Nisa bahkan juga menyediakan sate tempura dan nugget, lho. Pilih saja sesuai selera. 

Sate kulit (c) Natalia/Travelingyuk

Lokasi Strategis

Lokasi strategis (c) Natalia/Travelingyuk

Tak hanya enak dan murah meriah, Nasi Liwet Bu Nisa juga buka lapak di lokasi yang sangat mudah dicari. Bertempat di Jalan Radjiman, kuliner tengah malam ini berjarak sekitar 10 menitan saja dari Stasiun Balapan Solo. 

Nasi Liwet Bu Nisa mulai melayani pelanggannya pada pukul 21.00 hingga 05.00. Namun tak jarang lapaknya sudah tutup pukul 03.00 karena semua lauk dan bahannya sudah habis. Bisa dibayangkan kan enaknya seperti apa?

Lesehan Sederhana

Ceker ayam (c) Natalia/Travelingyuk

Rasanya kurang sempurna jika bertandang ke Solo, tapi malah hanya mencoba makanan di restorannya. Itulah yang jadi alasan saya memilih kuliner sederhana yang menggambarkan suasana Solo yang kental, seperti Nasi Liwet Bu Nisa. 

Kuliner ini dijual di pinggir trotoar. Sepertinya jika siang lapak ini digunakan untuk toko. Digelar tikar sederhana dan penerangan seadanya. Meski jauh dari kesan wah, yang jelas tidak mengurangi kelezatan nasi liwet itu sendiri. 

Bisa Dipesan Online

Jerohan (c) Natalia/Travelingyuk

Solo termasuk aman untuk solo traveling, seperti yang pernah saya lakukan. Kawasannya tidak terlalu sepi, namun juga tak padat hingga bikin sumpek. Jika ingin langsung ke hotel, kamu juga bisa tetap mencicipi Nasi Liwet Bu Nisa, lho. Pasalnya, kuliner satu ini juga sudah bisa dipesan secara online.

Itulah secara singkat kuliner tengah malam saya di Solo, mencicipi Nasi Liwet Bu Nisa. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba sendiri? Next

ramadan

Written by Natalia

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Maldives Titi Kamal

Aktivitas di Maldives Ala Titi Kamal, Dinner Romantis Sampai Quality Time Berdua, Modal Rp18 Jutaan

Daftar Hotel Gelembung yang Ada di Bali, Sensasi Bermalam Beratapkan Langit!