in , , , ,

Kamu Pecinta Teh? Coba Melipir Ke Ndoro Donker

Minum teh sembari menikmati hamparan kebun teh yang hijau
Minum teh sembari menikmati hamparan kebun teh yang hijau

Bagi pecinta teh, tidaklah tertinggal dalam setiap momen dengan suguhan segelas teh hangat. Tanpa sajian teh, rasanya hambar dan bahkan beraktivitas menjadi semakin lesu. Teh bukan sekedar pelepas dahaga, atau sekedar dinikmati aroma dan rasa. Lebih dari itu teh merupakan produk seni dan budaya yang telah melewati sejarah panjangnya. Produk seni, karena untuk menghasilkan teh kualitas tinggi diperlukan pengetahuan dan ketrampilan tinggi.

Baca juga : Pasar Legendaris di Joglosemar, Ada yang Telah Berdiri Sejak Tahun 1925

Minum teh sembari menikmati hamparan kebun teh yang hijau
Minum teh sembari menikmati hamparan kebun teh yang hijau. Foto via nurrochma.com

Di beberapa daerah nusantara lebih tepatnya Desa Kemuning terdapat salah satu rumah sajian teh yang terkenal yaitu Ndoro Donker. Salah satu resto yang diambil dari nama bangsawan Belanda ini bernama Dongker. Orang tersebut pernah tinggal di kampung Kemuning dan membangun perkebunan teh yang tumbuh subur hingga saat ini. Namun ada satu rumah yang sempat terbengkalai dan diubag menjadi restoran. Karena berada diarea perkebunan teh, tak heran jika menu berbagai teh menjadi pilihan utama.

Sajian Heritage di Sudut Bangunan

Desain dari bangunan rumah sengaja tidak dipugar agar suasana heritage tetap terasa. Hanya dicat ulang sehingga nampak lebih baru. Pemakaian warna cat lebih dominan putih seperti rumah zaman Belanda. Untuk kamu yang ingin menikmati sajian teh dengan pemandangan perkebunan teh yang hijau dan asri pilihlah luar ruangan yang sudah disediakan tenda payung yang unik dan cantik.

Ndoro Donker dengan sajian teh sebagai menu andalannya
Ndoro Donker dengan sajian teh sebagai menu andalannya. Foto via inibaru.id

Apa sih keunggulan dari Ndoro Donker? Kamu dapat menikmati suasana sejuk dan asri ditengah hamparan kebun teh yang hijau. Ditambah pula gagahnya gunung Lawu yang menjulang tinggi serta berbagai spot foto dan taman bunga yang berpadu dengan bangunan klasik. Warna klasik ini tidak hanya menghiasi dinding bangunan namun meja kursi juga diberi warna senada.

Salah satu desain outdoor dengan sajian kebun teh
Salah satu desain outdoor dengan sajian kebun teh. Foto via inibaru.com

Ndoro Donker memiliki lahan yang sangat luas, untuk outdoor bagian belakang bisa kamu jadikan keperluan kegiatan seperti meeting bersama, acara keluarga hingga wedding invitation. Nah untuk kamu yang penasaran ingin menikmati rasa teh yang nikmat, cobalah datang ketika hari kerja atau weekdays, karena ketika weekend, banyak pengunjung dari luar kota pun turut menikmati jadi sangat kecil untuk mendapatkan tempat duduk.

Beragam Teh Menjadi Sajian Utama

Karena berada ditengah hamparan perkebunan teh, maka Ndoro Donker menyuguhkan menu teh menjadi menu andalan. Rasanya datang ke sini tanpa pesan teh akan terasa hambar. Lengkapnya sajian teh membuat teman traveler merasa bingung memilihnya. Menu teh yang beragam ini sangat lengkap seperti teh hijau, hitam, putih, hingga jasmine.

Sajian beragam teh hingga kelas premium
Sajian beragam teh hingga kelas premium. Foto via bernavita.com

Bahkan, ada juga menu premium dipadukan dengan bunga matahari atau chamomile. Lavender atau juga blueberry. Sesuai namanya, cita rasanya begitu nikmat dan membuat ketagihan. Teh dihidangkan dengan cangkir keramik sehingga terkesan mewah. Apalagi dari kesan sejarahnya, menyeruput teh membuatnya terasa nikmat.

Teh premium yang dipadukan dengan bunga lavender
Teh premium yang dipadukan dengan bunga lavender. Foto via detikfood.com

Dari segi harga, sajian teh ini sesuai dengan cita rasa hingga porsinya. Teh dihargai mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 55.000 per porsi. Meski terkesan mahal, namun jangan salah akan rasa yang sungguh nikmat dilidahmu.

Nikmatnya Sajian Masakan Indonesia Hingga Western

Selain menu minuman kamu bisa menikmati masakan ala Indonesia dan Barat. Sangat cocok untuk kamu jadikan tempat makan siang dengan suasana khas pegunungan yang asri dan sejuk. Sajian tradisional khas Indonesia adalah Kare Ayam, uniknya sajiannya menggunakan suwiran daging ayam yang disiram kuah santal kental. Cita rasa bumbu rempahnya sangat terasa dan cukup kuat. Cocok disantap dengan atau tanpa nasi. Untuk harga satu porsinya Rp20.000,-. Untuk nasi putih sendiri Rp6.000,-

Menu makanan lezat di Ndoro Donker dengan sajian kebun Teh
Menu makanan lezat di Ndoro Donker dengan sajian kebun Teh. Foto via jalancerita.com

Menu lainnya seperti sajian berbagai nasi goreng, berbagai pilihan mie goreng, soto, rawon, aneka masakan ayam goreng hingga camilan ala western siap menemani mu dikala menikmati suasana gunung Lawu. Harganya beragam mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 50.000 per porsi. Next

ramadan

Seperti Sedang Melayang, Cobain Wisata Kano Bening di Pantai Karang Sanur yang Sempat Viral

Museum Taman Prasasti dengan berbagai batu nisan yang menyeramkan

Seramnya Penunggu Museum Taman Prasasti Kerap Menampakkan Diri