in

Nih 10 Negara dengan Desain Uang Kertas Paling Keren, Wajib Dijelajahi Traveler Pengoleksi Mata Uang Asing!

Mata Uang Selandia Baru, Picture: International Bank Note Society

Uang bukan sekedar alat tukar barang dan jasa namun di dalamnya juga terkandung nilai seni yang tinggi. Setiap negara memiliki desain uang kertasnya sendiri dan kebanyakan dari mereka menyematkan gambar tempat-tempat wisata andalan atau kebudayaan negaranya masing-masing. Karena perputarannya yang sangat dinamis, uang juga bisa dijadikan sebagai media promosi.

Baca juga : Danau Kerid, Keajaiban Alam dengan Air Berkilau bak di Surga

Melihat tempat-tempat keren di dunia nyata adalah hal yang biasa lantas bagaimana jika gambar pemandangan keren itu ditemukan dalam sebuah uang kertas? Pasti uang kertas tersebut akan terlihat sangat menarik sekali ya, apalagi jika kolektor uang tahu sudah pasti deh mereka langsung melakukan segala hal untuk mendapatkan uang tersebut meski harus terbang ke ujung dunia. Dikumpulkan Travelingyuk dari berbagai sumber, inilah 10 negara yang wajib dikunjungi kolektor mata uang, desain uang-uang ini bak karya seni!

1. Selandia Baru

Pecahan uang kertas nominal $5 Selandia Baru yang baru saja beredar sejak Oktober tahun lalu menempatkannya sebagai uang kertas dengan desain paling indah sedunia. Klaim ini bukan pengakuan sepihak namun secara resmi telah diakui oleh International Bank Note Society (IBNS) dalam pertemuan tahunan.

Mata Uang Selandia Baru, Picture: International Bank Note Society
Mata Uang Selandia Baru, Picture: International Bank Note Society

Uang kertas tersebut mendapatkan penghargaan sebagai “Banknote of the Year” tahun 2015. Uang kertas yang satu sisinya menampilkan foto Sir Edmund Hillary, pendaki gunung Everest yang sangat terkenal sementara sisi lainnya menampilkan pinguin jenis hoiho dan lanskap Pulau Campbell ini tidak hanya sempurna dalam desainnya namun juga diklaim memiliki kecanggihan teknis dan keamanan tinggi sehingga sulit sekali untuk dipalsukan.

2. Trinidad and Tobago

Pada tahun 2014 gelar “Banknote of the Year” oleh International Bank Note Society (IBNS) disandang oleh uang kertas dollar dari negara Trinidad and Tobago dalam pecahan mata uang kertas sebesar $50. Uang tersebut dibuat dari bahan polimer dan desain gambar yang begitu memukau sehingga banyak yang memvote jika mata uang tersebut memang layak menyandang gelar Banknote of the Year.

Mata uang Trinidad and Tobago, Picture: International Bank Note Society
Mata uang Trinidad and Tobago, Picture: International Bank Note Society

Pecahan $50 Trinidad and Tobago adalah hasil desain kolaborasi dari Bank Sentral negara tersebut bersama dengan De La Rue Currency of England dan menjadi mata uang pertama yang dikeluarkan di kawasan Karibia berbahan polimer. Desain warna yang dominan emas dan gambar burung Cardinal alias burung Angry Bird di kedua sisinya membuat tampilan uang kertas ini bernilai artistik tinggi.

3. Kazakhstan

Pada tahun 2013 negara Kazakhstan bersaing ketat dengan Kanada dan Fiji memperebutkan penghargaan bergengsi Bank Note of the Year dari IBNS. Pada tahun itu tiga negara tersebut memang tengah mengeluarkan mata uang baru dengan desain yang sangat indah. Kazakhstan dengan uang kertas pecahan 1000 Tenge, sedangkan Kanada dan Fiji masing-masing menerbitkan pecahan 10 Dollar dan 5 Dollar.

Mata uang Kazakhstan, Picture: International Bank Note Society
Mata uang Kazakhstan, Picture: International Bank Note Society

Akhirnya penghargaan tersebut jatuh pada mata uang dari negara Kazakhstan yang sekaligus menandai penghargaan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2011. Desain mata uang yang begitu indah ini memiliki proses yang hampir sama dengan mata uang pemenang di tahun 2014 yaitu dengan menggandeng De La Rue Currency of England. Warna hangat kuning, coklat dan emas didedikasikan untuk Kultegin, the Monument of the Turkic Runic Writing. Hal menarik lainnya adalah desain gambarnya yang dibuat potrait, mematahkan desain lazim uang selama ini yang dibuat landscape.

4. Uganda

Mata uang Uganda yaitu Shilling pecahan 50.000 memenangkan penghargaan sebagai Bank Note of the Year tahun 2010. Pemilihan mata uang tersebut dianggap cukup istimewa lantaran untuk pertama kali penentuan juaranya tidak dipilih oleh komite IBNS melainkan dari hasil voting masyarakat luas di situs resmi IBNS yang digelar mulai pertengahan Februari 2010 silam.

Mata uang negara Uganda, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Uganda, Picture: International Bank Note Society

Di dalam pecahan uang kertas 50.000 Shilling Uganda, terdapat gambar yang kompleks mulai dari garis besar peta negara tersebut, profil pria lokal dengan gaun kepala Karimojong, monumen kemerdekaan dan tidak ketinggalan profil dari binatang khas di Uganda yaitu gorila gunung.

5. Bermuda

Dollar Bermuda pecahan $2 didapuk sebagai Bank Note of the Year tahun 2009 oleh sebagian besar dewan International Bank Note Society. Para anggota dewan IBNS menganggap uang tersebut adalah catatan paling menarik yang bakal banyak diburu oleh kolektor mata uang asing dunia.

Mata uang negara Bermuda, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Bermuda, Picture: International Bank Note Society

Pecahan uang kertas $2 Bermuda mengaplikasikan kombinasi warna yang menarik dan proporsional membuat mata orang tidak akan berpaling memandangi keindahannya. Di dalam salah satu sisi mata uang tersebut digambar jelas burung Bermuda dengan nama latin Sialia Sialis yang sangat khas. Uang kertas tersebut secara resmi dikeluarkan oleh otoritas Bermuda pada bulan Februari 2009 menggantikan mata uang dengan pecahan yang sama yang telah beredar selama 40 tahun.

6. Samoa

Pada tahun 2008 silam IBNS memberikan penghargaan Bank Note of the Year kepada bank Samoa yang baru saja menerbitkan uang kertas baru pecahan 20 Tala. Mata uang tersebut berhasil mengalahkan sekitar 8 mata uang asing lain di berbagai penjuru dunia yang juga baru saja diterbitkan.

Mata uang negara Samoa, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Samoa, Picture: International Bank Note Society

Warna kuning dan emas yang diterapkan pada uang kertas tersebut sangat eye-cathing dan sangat mencolok sekali untuk dilihat. Satu hal lainnya yang membuat para dewan IBNS menetapkan pecahan 20 Tala Samoa sebagai pemenang lantaran di dalam desainnya menampilkan ikon wisata andalan negara tersebut dalam bentuk air terjun. Tak hanya itu gambar-gambar satwa endemik juga turut disematkan pada uang tersebut.

7. Skotlandia

Dengan bangga The International Bank Note Society (IBNS) mengumumkan bahwa Bank Skotlandia dianugerahi penghargaan Bank Note of the Year tahun 2007 lewat pecahan uang kertas yang baru saja diterbitkan dalam nominal 50 Pound Sterling.

Mata uang negara Skotlandia, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Skotlandia, Picture: International Bank Note Society

Para dewan yang menjadi jurinya menganggap bahwa uang kertas 50 Pound Sterling Skotlandia sangat berani menerapkan desain yang begitu mencolok. Salah satu sisinya menampilkan tokoh bernama Sir Walter Scott sedangkan sisi lainnya bergambar Falkirk Wheel yang sangat populer di sana. Untuk warna secara keseluruhan didominasi oleh warna hijau.

8. Fiji

Fiji pernah mengeluarkan pecahan uang kertas sebesar $5 dengan desain yang apik. Secara keseluruhan uang kertas tersebut mengusung warna hijau yang segar dipandang mata. Salah satu sisi uang kertas tersebut menampilkan spesies burung khas negara Fiji bernama Kulawai. Sisi lainnya terdapat gambar bunga dan iguana.

Mata uang negara Fiji, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Fiji, Picture: International Bank Note Society

Karena desainnya yang indah uang kertas nominal $5 Fiji ini pernah dinominasikan untuk penghargaan Bank Note of the Year 2013 oleh International Bank Note Society. Sayang dalam ajang penghargaan paling bergengsi tersebut mata uang ini kalah bersaing dengan mata uang Tenge pecahan 1.000 milik Kazakhstan yang menggondol penghargaan.

9. Suriname

Suriname sebuah negara yang penduduknya banyak keturunan Jawa ini ternyata juga punya uang kertas dengan desain cantik. Traveler bisa menemukannya pada uang kertas nominal $5 Suriname.

Mata uang negara Suriname, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Suriname, Picture: International Bank Note Society

Warna dominannya adalah biru dengan gambar fauna khas dari negara tersebut. Dengan desain yang begitu elegan uang ini sebenarnya layak masuk dalam salah satu daftar Bank Note of the Year.

10. Indonesia

Meski belum pernah memenangi penghargaan Bank Note of the Year namun penampakan uang kertas Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Hampir di setiap uang kertas negeri ini menampilkan tempat-tempat wisata keren yang bisa dijadikan salah satu jurus untuk promosi. Sebut saja uang pecahan Rp. 50 ribu ini.

Mata uang negara Indonesia, Picture: International Bank Note Society
Mata uang negara Indonesia, Picture: International Bank Note Society

Dominan warna biru dengan gambar salah satu danau paling keren di dunia, Danau Beratan di Bedugul, Bali. Uang pecahan Rp. 50 ribu dengan warna dominan biru dan gambar pahlawan I GustiNgurah Rai beredar pertama tahun 2005 menggantikan pecahan lama bergambar wajah presiden Soeharto.

Traveling ke luar negeri tidak hanya pulang membawa suvenir khas dalam bentuk gantungan kunci atau pernak-pernik lain. Nyatanya uang kertas dari negara-negara lain juga bisa dijadikan oleh-oleh menarik, apalagi jika uang kertasnya punya desain yang keren seperti negara-negara di atas. Menurutmu desain uang mana yang paling keren? Atau kamu punya pilihan lain di luar daftar di atas? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

4 Pesona Alam Chile yang Bikin Siapa Saja Jatuh Hati

Anti Mainstream, Gua di Kuba Dibuat Tempat Dugem