in , , ,

Objek Wisata di Jogja Ditutup Sementara Sampai 2 Juli 2021

fi objek wisata di jogja ditutup

Semakin tingginya kasus covid-19 di beberapa daerah Indonesia membuat pemerintah daerah memutuskan menutup dan membatasi wisata serta kegiatan lainnya. Salah satunya objek wisata di Jogja ditutup sementara mulai 26 Juni 2021 lalu sampai 2 Juli 2021. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Sate Landak Bu Ria, Kuliner Ekstrem Malang yang Bikin Lidah Bergoyang

Resmi Menutup Aktivitas Wisata

resmi menutup aktivitas wisata
Ilustrasi via instagram bayoe__irawan

Pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat resmi menutup aktivitas wisata di keraton yang dilakukan selama seminggu mendatang, dimulai pada tanggal 26 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran covid-19.

Untuk itu para wisatawan harus menunda kunjungannya ke Jogja terutama keraton, taman sari dan 11 cagar budaya lainnya selama seminggu kedepan. Pengumuman tersebut telah diunggah pada akun resmi media sosial instagram Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Taman Sari Ditutup

taman sari ditutup
Ilustrasi via instagram muhammad_nur_aminudin

Selain itu, objek wisata milik keraton yang menjadi favorit para wisatawan saat datang ke Jogja yaitu taman sari, museum kereta keraton, kompleks pagelaran, museum keraton, dan makam imogiri serta kotagede juga ditutup sementara. Hal ini juga telah diumumkan pada media sosial instagram Keraton Yogyakarta.

11 Cagar Budaya Ditutup

11 cagar budaya
Ilustrasi via instagram jevricruz

Selanjutnya, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mengumumkan penutupan sementara 11 objek wisata cagar budaya. Kebijakan penutupan sesuai dengan Surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Kebudayaan nomor 4924/F.F1/TI.00.04/2021.

Surat tersebut berisi tentang bekerja dari rumah dan penutupan layanan cagar budaya, museum dan galeri dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19. Hal ini juga telah diumumkan pada akun resmi media sosial instagram BPCP Jogja.

Berikut ini 11 objek wisata cagar budaya di Jogja yang ditutup yaitu candi prambanan, candi sambisari, candi kalasan, candi sari, candi barong, candi banyunibo, candi ijo, candi gebang, candi kedulan, situs ratu boko, dan warung boto.

Kawasan Taman Prambanan Dibuka

kawasan taman prambanan
Ilustrasi via instagram ibnukf

Kemudian pihak pengelola candi prambanan masih membuka kawasan taman prambanan, borobudur, dan ratu boko dengan dilakukannya kuota kunjungan per hari dan pembatasan jam operasional serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kuota kunjungan sekitar 1.000 orang per hari untuk kawasan taman prambanan sedangkan taman borobudur 4.000 per hari. Sementara jam operasional Ratu Boko mulai pukul 09.00 WIB, lalu candi prambanan dan borobudur beroperasi pukul 08.00-15.00 WIB.

Demikian penjelasan objek wisata di Jogja ditutup sementara selama sepekan hingga 2 Juli 2021. Tetap jaga protokol kesehatan selalu Teman Traveler. Next

ramadan
fi kafe instagramable di jakarta

4 Rekomendasi Kafe Instagramable di Jakarta, Tempat Unik Cocok Buat Ootd

fi akomodasi di labuan bajo

4 Rekomendasi Akomodasi di Labuan Bajo NTT, Mulai Rp 500 Ribuan Sampai Rp 3 Jutaan