in ,

Objek Wisata di Singkawang, Keindahan Tiada Tara di Kalimantan

Pesona alam Indonesia sudah tersohor hingga ke mancanegara. Tak heran jika banyak turis asing yang rela merogoh kocek dalam hanya untuk bisa menikmati keindahan alam negeri ini. Untuk itu, jangan sampai kita yang orang Indonesia asli malah tidak tahu potensi wisata apa saja yang ada di sekitar kita.

Baca juga : Candi Sawentar, Peninggalan Majapahit di Pelosok Kampung Blitar

Kali ini, Travelingyuk akan mengajak Anda untuk menjelajahi objek-objek wisata di Singkawang, sebuah kota yang berada di Pulau Kalimantan. Singkawang juga memiliki sebutan lain lho, yang berasal dari bahasa Hakka, yaitu San khew jong. Sebutan itu rupanya mengacu pada kondisi geografis Singkawang, yakni sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari. Nah, supaya momen liburan Anda semakin seru di Singkawang, yuk mampir ke objek-objek wisata keren ini.

1. Pantai Pasir Panjang

Kalau ke Singkawang, Anda wajib mampir ke pantai indah ini. Nama dari objek wisata ini rupanya diambil dari kondisi pantai yang membentang sepanjang 3 kilometer. Itulah kenapa kemudian disebut Pantai Pasir Panjang. Dan buat Anda yang belum dapat ide mau bulan madu ke mana, Pantai Pasir Panjang bisa jadi salah satu destinasi keren untuk melakukannya.

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang [via Instagram]
Fasilitasnya cukup lengkap kok. Anda bisa menemukan pondok wisata, restoran, diskotik, warung makan, dan masih banyak lagi. Untuk bisa sampai ke pantai ini, Anda bisa naik kendaraan selama 20 menit dari pusat Kota Singkawang ke arah Kota Pontianak. Selain menginap di pondok wisata, Anda juga bisa menikmati keindahan Panjang Pasir Panjang dengan membangun tenda di sekitr pantai.

2. Taman Rekreasi Teratai Indah

Destinasi berikutnya yang bisa Anda coba adalah Taman Rekreasi Teratai Indah. Tempat ini cocok untuk bersantai sembari menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Sungguh damai sekali ya! Apalagi tempat ini juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan, yang membuat pemandangannya sudah pasti menakjubkan sekali.

Taman Rekreasi Teratai Indah
Taman Rekreasi Teratai Indah [via Instagram]
Selain bersantai dan duduk-duduk di sekitar taman, Anda juga bisa mencicipi kuliner nikmat di sekitar tempat wisata ini. Sedikit informasi untuk Anda, terutama yang beragama Islam, hidangan ala Kanton yang disajikan di tempat ini semuanya halal. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang bisa membuat Anda tidak bosan.

3. Pasar Hongkong

Singkawang adalah salah satu daerah di Indonesia yang banyak dihuni oleh keturunan Tionghoa. Oleh karenanya, kota ini sering dijuluki Kota Amoy. Nah, salah satu spot paling menarik dari kota ini, yang mungkin bisa dibilang menampilkan budaya asli dari Singkawang, adalah Jalan Setia Budi. Di sana, Anda bisa menemukan banyak toko, dan hampir semua dikelola oleh penduduk setempat. Pasar tersebut terkenal dengan sebutan “Pasar Hongkong”.

Pasar Hongkong
Pasar Hongkong [via Instagram]
Sebutan itu diberikan karena pasar di sana didominasi oleh penjualnya yang kebanyakan berdarah Tionghoa. Barang-barang yang dijajakkan pun kebanyakan khas Tionghoa. Jika Anda tertarik untuk mampir di pasar ini, Pasar Hongkong bisa ditemukan di Jalan Setia Budi mau pun Jalan Bawal. Toko-toko di sana biasanya buka sore hari hingga dini hari.

4. Sinka Island Park

Sinka Island Park bisa dibilang sebagai tempat wisatanya masyarakat Singkawang. Tempat hiburan ini masih cukup baru di kota tersebut, yang saat itu diselesaikan pada bulan April 2007. Meski mengusung tema modern, Sinka Island Park tetap menampilkan pesona alam dari Singkawang sebagai salah satu daya tariknya.

Sinka Island Park
Sinka Island Park [via Instagram]
Pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai yang bersih. Anda bisa menikmati pesona pantai di Sinka Island Park dengan menaiki delman atau kuda yang dapat disewa di objek wisata tersebut. Di sekitar tempat wisata ini, pengunjung juga bisa mengisi perut yang lapar dengan bermacam kuliner lezat.

5. Danau Biru

Tempat wisata yang berada di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, ini memang cukup terkenal. Terutama karena airnya yang biru, yang kemudian membuat tempat ini sering disebut Danau Biru. Menurut penduduk setempat, tempat itu awalnya bukanlah danau. Awalnya, kawasan ini hanyalah daerah gersang yang dulunya digunakan sebagai lahan pertambangan emas.

Danau Biru
Danau Biru [via Instagram]
Ketika emas sudah tidak ditemukan lagi di kawasan itu, daerah tersebut ditinggalkan begitu saja. Ajaibnya, lingkungan yang rusak itu kemudian membentuk danau indah yang kini dikenal sebagai Danau Biru. Sayangnya, lokasi indah ini sering dimanfaatkan sebagai tempat pacaran atau bahkan berbuat mesum oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

6. Taman Chidayu

Ada satu lagi tempat indah yang bisa Anda datangi saat ke Singkawang, yakni Taman Chidayu. Objek wisata ini terletak di sebelah Taman Bukit Bougenville. Jaraknya dari pusat kota Singkawang sekitar 6 Km dan berada di Desa Sijangkung. Tempat wisata ini juga cocok digunakan untuk liburan keluarga karena telah didukung fasilitas yang memadai.

Taman Chiadyu
Taman Chidayu [via pesonasingkawang.com]
Taman Chidayu pun menawarkan taman yang memiliki berbagai jenis bunga dan pohon buah-buahan. Di taman ini, Anda juga dapat menemukan tempat pemancingan dan fasilitas bermain anak-anak. Menariknya lagi, Taman Chidayu ternyata juga memiliki fasilitas penginapan dengan harga terjangkau, yang tentunya bisa jadi jujukan para traveler.

So, tunggu apalagi? Yuk jelajahi keindahan alam Indonesia untuk lebih mengenal keberagaman budaya di negeri ini! Next

ramadan

Written by andi

andi

5 Tempat Duduk Ini Harus Anda Hindari saat Naik Pesawat

Menikmati Puncak Dieng, Atap Surga yang ada di Indonesia