in , , ,

Viral Odading Mang Sholeh, Ini Nama Lainnya!

Viral Odading, sebenarnya apa sih nama lain odading di daerah sekitar Pulau Jawa?

Baru-baru ini publik digemparkan oleh video singkat penjual Odading asal Bandung yang dikenal dengan nama Mang Sholeh atau Mang Oleh. Berbeda dari yang lain, Mang Sholeh yang berjualan di Pasar Kosambi ini mempromosikan dagangannya dengan cara yang unik sehingga menarik perhatian orang lain yang menonton videonya.

Baca juga : Rumah Candu, Bangunan Warisan Kota Rembang Pernah Jadi Pusat Penyelundupan Opium

Odading via Twitter @stobelieaj

Sebenarnya apa sih odading itu? Roti yang digoreng atau odading ini bermula dari seorang anak belanda yang pada zaman dahulu meminta sang ibu untuk membelikan camilan yang dijajakan oleh seorang pria. Begitu melihat jajanan yang dijajakan, sang ibu langsung berkata “oh, dat ding.” atau sama seperti “oalah, itu toh”.

Berdasarkan cerita tersebut, hingga kini roti yang digoreng itu dikenal dengan sebutan Odading. Tapi mungkin, Teman Traveler masih belum terbiasa atau asing dengan nama tersebut bukan? Sebenarnya, odading juga dapat dijumpai pada beberapa tempat di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur, namun dikenal dengan nama yang berbeda.

Odading Wijen via Twitter @trancenote

Apa saja sih nama lain dari odading yang tengah viral ini? Teman Traveler yang berlokasi di beberapa daerah di Pulau Jawa pasti pernah menemukan visual yang sama bukan dengan odading pada beberapa kedai pinggir jalan. Jajanan ini biasanya dikenal juga dengan sebutan Galondeng di Banyumas dan Jogja, Roti Goreng di Malang, Kue Bolang Baling di Semarang, Kue Bantal di Jakarta, Gembukan di Solo, dan Onde-onde Ketawa.

Pada beberapa tempat, odading yang memiliki cita rasa manis ini dilengkapi dengan wijen putih di atasnya sehingga semakin gurih ketika Teman Traveler santap. Biasanya odading atau roti goreng ini kerap dijumpai saat pagi, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menemani kopi dan teh hangat Teman Traveler sembari duduk menikmati dinginnya udara. Apakah di daerah Teman Traveler penyebutannya juga berbeda? Tulis di kolom komentar yuk! Next

ramadan

Taman Air Mancur Sri Baduga, Maskotnya Purwakarta yang Memesona!

5 Kuliner Porsi Jumbo di Jogja, Cocok Buat Kamu yang Makan Banyak!