in ,

Oleh-oleh Serba Tahu dari Nusantara, Bisa Dibawa Pulang untuk Keluarga

Pilihan Olahan Tahu yang Merupakan Buah Tangan khas Nusantara

Via Instagram nagudisundhemenbanyuwangi
Via Instagram nagudisundhemenbanyuwangi

Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari kedelai yang cukup populer di Indonesia selain tempe. Harganya yang ekonomis serta cara pengolahannya yang sangat mudah, membuat tahu begitu digemari. Karena hal inilah tidak mengherankan jika bermunculan olahan masakan yang terbuat dari tahu. Mulai dari makanan berat sampai dengan makanan ringan, olahan tahu di Indonesia banyak sekali jenisnya.

Baca juga : 4 Wisata Pantai Tanjung Selor, Kalimantan Utara

Berikut ini akan diberikan beberapa buah tangan berbahan dasar tahu yang datangnya dari berbagai daerah di Indonesia. Apa saja daftarnya? Yuk simak ulasan menariknya seperti berikut ini. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi oleh-oleh saat pulang berjelajah.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang, Via Instagram imaginebybem
Tahu Sumedang, Via Instagram imaginebybem

Popularitas tahu sumedang sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kudapan yang terbuat dari tahu ini banyak ditemui di berbagai daerah Indonesia. Bahkan di Jawa Timur juga banyak sekali. Harganya murah dan rasanya yang nikmat, membuat tahu sumedang jadi favorit.

Tahu Bakso, Semarang

Tahu Bakso, Via Instagram _sritahubakso
Tahu Bakso, Via Instagram _sritahubakso

Semarang memang terkenal dengan lumpia, tapi bukan berarti tidak ada oleh-oleh lain yang enaknya tidak jauh beda. Contohnya adalah tahu bakso yang memiliki rasa enak. Tahu bakso ini sangat enak saat dicamil bersama dengan sambal kecap, rasanya juara.

Tahu Takwa, Kediri

Tahu Takwa, Via Instagram ov_dian
Tahu Takwa, Via Instagram ov_dian

Tahu kuning atau disebut juga dengan tahu takwa merupakan oleh-oleh dari Kediri yang juga sangat terkenal. Warna kuning ini disebabkan oleh perendaman pada air kunyit. Selain disebut sebagai tahu takwa, oleh-oleh khas Kediri ini juga sering dipanggi dengan tahu poo.

Tahu Walik, Banyuwangi

Tahu Walik, Via Instagram javafoodie
Tahu Walik, Via Instagram javafoodie

Di Banyuwangi juga ada oleh-oleh yang terbuat dari tahu yang cukup terkenal, namanya yakni tahu walik. Rasanya sangat gurih, enak disantap kala hangat. Tahu walik ini merupakan tahu goreng yang diwalik kemudian diisi dengan adonan daging ayam atau adonan bakso lalu digoreng.

Tahu Aci, Tegal

Tahu Aci, Via Instagram jakartakulinery
Tahu Aci, Via Instagram jakartakulinery

Tahu aci atau yang disebut juga dengan tahu pletok merupakan buah tangan yang sangat populer dari Tegal. Kuliner ini terbuat dari tahu kuning dan juga tepung aci. Rasanya enak dan gampang dibuat.

Tahu Susu, Lembang

Tahu Susu, Via Instagram lathifah_45
Tahu Susu, Via Instagram lathifah_45

Oleh-oleh yang banyak dibeli saat pulang dari Lembang, Bandung adalah tahu susu. Sesuai dengan namanya, olahan satu ini memanfaatkan susu murni sebagai bahannya. Sehingga membuat rasanya jadi lembut, gurih dan isinnya padat. Bisa beli yang masih mentah ataupun yang telah matang.

Tahu Tuna, Pacitan

Tahu Tuna, Via Instagram titianggara
Tahu Tuna, Via Instagram titianggara

Pacitan juga memiliki oleh-oleh berbahan dasar tahu yang rasanya nikmat yakni tahu tuna. Bisa dikonsumsi dalam bentuk basah yang dikukus ataupun yang digoreng, sama-sama nikmat tidak mengurangi citarasanya. Jangan lupa beli jika berkunjung ke Pacitan.

Keripik Tahu, Kediri

Keripik Tahu, Via Instagram kuecamilanlebaran
Keripik Tahu, Via Instagram kuecamilanlebaran

Selain memiliki tahu takwa, Kediri juga memiliki keripik tahu dengan rasa gurih nikmat. Ada yang rasanya original sampai dengan varian lainnya. Enak menjadi camilan ataupun sebagai lauk.

Bagi kamu para pecinta olahan tahu, itulah oleh-oleh yang mungkin dibawa pulang setelah selesai traveling. Buah tangan dari tahu mana yang paling kamu sukai? Next

ramadan
Pantai Lombang, Via Instagram nurilahiazizah

Tempat Wisata di Sumenep, Satu Hari Takkan Cukup

Terang Bulan Ketan Hitam

Tak Hanya Meses, Kini Ada Terang Bulan Bertopping Ketan Hitam