in , , , , ,

Mampir ke Kota Gresik, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh

Gresik salah satu kota di Jawa Timur yang kaya akan wisata kuliner. Foto via rumah.com

Mendengar kata Gresik, mungkin traveler tentu langsung tertuju pada semen. Memang salah satu kota di Jawa Timur ini terkenal dengan bahan bangunan berupa semen. Tak hanya memiliki pabrik sememn terbesar di Indonesia, namun kota tersebut juga terkenalsebagai pusat perdagangan dan juga destinasi wisata. Dengan keindahan pantai laut utara Jawa, dan pemandangan alam lainnya, serta wisata kuliner tentu membuat Gresik menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Jawa Timur.

Baca juga : Sego Lemeng, Kuliner Para Gerilyawan Banyuwangi Bertahan dari Serangan Belanda

Saat tiba di Gresik, jangan lupa beli oleh olehnya. Gresik menyuguhkan segudang oleh oleh yang khas, diantaranya:

Otak Otak Bandeng

Otak otak bandeng yang khas akan rempah rempahnya. Foto via tokobogajaya.com

salah satu jenis makanan berbadahn dasar ikan dengan cita rasa manis dan pedas. Sesuai namanya, otak otak ini berbahan utama terbuat dari ikan bandeng yang diracik menggunakan bumbu khusus dan tentunya bebas dari bahan pengawet. Wangi rempah dan daging yang lembut membuat para penikmat otak otak tak akan lupa membawa pulang. Untuk harga, traveller cukup menyediakan budget kisaran Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000 saja.

Pudak

Pudak dengan rasa manis dan gurih. Foto via foodnesia.com

Buah tangan yang bagus untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Gresik adalah Pudak. Salah satu jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras dengan gula aren serta santan ini dibungkus dengan menggunakan pelepah daun pinang yang dikeringkan. mengenai cita rasa tak perlu diragukan lagi karena berkat gula rasanya lebih manis dan gurih. Pada umumnya Pudak dihargai kisaran Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 per kemasan dengan isi 10 bungkus pudak.

Bonggolan

Bonggolan dengan khas nya terbungkus daun pisang. Foto via loveusaha.com

Bonggolan adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari daging ikan, tepung kanji dan bumbu rempah pilihan khas Gresik. Penyajiannya sendiri biasanya dialasi dengan menggunakan daun pisang, sehingga rasa lebih fresh dan natural. Selain mudah ditemukan disepanjang jalan kota Gresik, Bonggolan juga dipasarkan secara online dengan kisaran harga Rp. 7.500 hingga Rp. 10.000.

Jubung

Junung dengan rasa manisnya yang khas. foto via disparbud.gresikkab.go.id

Bagi yang suka makanan atau cemilan manis, jangan lupa untuk membawa sebagai oleh oleh cemilan dirumah. Jubung merupakan salah satu makanan tradisional yang bahan dasarnya terbuat dari ketan hitam serta taburan wijen dan dibungkus menggunajan pohon pinang. Kulit pinang inilah yang dinamakan Jubung. Makanan ini teksturnya mirip dodol. Hampir setiap toko oleh oleh disekitar Gresik menjual Jubung dan harganya kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per bungkus.

Petis

Petis Gresik yang khas rasa udang. Foto via shopee.com

Bagi masyarakat Gresik, kurang lengkap rasanya makan jika tidak ditemani dengan petis, yakni salah satu jenis sambal yang bahan dasarnya terbuat dari udang. Biasanya petis tersebut dijadikan menu pelengkap saat menyantap lontong, rujak, tahu dan sebagainya.Rdisasanya yang unik dijamin akan membuat traveler ketagihan. Harganya cukup terjangkau hanya Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000 per kg.

Bandeng Asap

Bandengn asap khas kota Gresik. Foto via Gojek.com

Bandeng memang salah satu makanan khas Gresik. Bagaimana tidak, tiap kali ke Gresik pasti ingin menyantap bandeng asap yang biasa disuguhkan oleh resto Pak Elan. Salah satu reto paling rekomended buat menyantap segala masakan bandeng. Mulai dari bandeng presto tanpa tulang hingga bandeng asap. Resto pak Elan ini memiliki cita rasa bandeng yang nikmat. Cukuo dengan modal Rp. 40.000 hingga Rp. 75.000 saja para traveler bisa menikmati kelezatan kuliner tersebut. Next

ramadan
fi air terjun di kab karanganyar

Air Terjun di Kabupaten Karanganyar, Keindahan Alam yang Menyegarkan

fi pintu darurat pesawat

Ini Hal yang Akan Terjadi Jika Pintu Darurat Pesawat Dibuka Saat Terbang