in , , ,

Air Terjun di Kabupaten Karanganyar, Keindahan Alam yang Menyegarkan

fi air terjun di kab karanganyar

Menikmati kesegaran dan keindahan alam dengan berkunjung ke Air Terjun di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bisa menjadi alternatif untuk mencari lokasi refreshing dan petualangan bersama teman-teman maupun keluarga. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Warung Lesehan Asela, Pesta Seafood Sambil Nikmati Indahnya Madura

1. Air Terjun Pringgodani

air terjun pringgodani
Ilustrasi via instagram ridwandva_

Pertama ada Air Terjun Pringgodani berada di kaki gunung Lawu letaknya di dalam hutan serta memiliki jalur cukup terjal dan licin. Namun, semua akan terbayar ketika sampai di lokasinya, keindahan alam yang masih alami akan Teman Traveler rasakan. Kawasan air terjun ini juga merupakan tempat persembahyangan aliran kepercayaan tertentu, terdapat sebuah petilasan bernama Rumah Joglo.

Fasilitas wisata masih cukup minim karena jauh dari keramaian dan berada di dalam hutan. Tiket masuk Rp 10.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Lokasi air terjun berada di Area Hutan Lindung, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 06.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

2. Air Terjun Parang Ijo

air terjun parang ijo
Ilustrasi via instagram happy.photoscape

Berikutnya ada Air Terjun Parang Ijo, berada di kaki gunung Lawu mempunyai udara sejuk khas pegunungan serta pemandangan yang asri sangat meneduhkan mata dan pikiran. Memiliki empat tingkat air terjun membentuk kolam alami, di sini Teman Traveler selain menikmati kesegaran airnya dapat bermain outbond juga.

Fasilitas wisata terdapat area parkir, toilet, musala, gazebo, spot swafoto, outbond, warung makanan serta minuman. Tiket masuk Rp 5.000 per orang, biaya parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000 dan biaya outbond Rp 10.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air terjun berlokasi di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

3. Grojogan Sewu

grojokan sewu
Ilustrasi via instagram rendi_orisa04

Kemudian ada air terjun Grojogan Sewu tempat favorit masyarakat sekitar untuk refreshing. Memiliki ketinggian air terjun 81 meter pada kaki gunung Lawu, terkenal dengan jalur 1.250 anak tangga yang harus dilewati. Selain mempunyai keindahan alam serta air jernih dari alirannya, selama berada di sini Teman Traveler akan banyak menemukan monyet. Tenang kawanan ini tidak akan menyerang karena ada pawang pada setiap jalan.

Fasilitas wisata terdapat area parkir, toilet, musala, gazebo, warung makanan serta minuman dan kolam renang. Tiket masuk Rp 20.000 per orang untuk turis lokal dan turis asing Rp 110.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air terjun berlokasi di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

4. Air Terjun Jumog

air terjun jumog
Ilustrasi via instagram trisurya02

Selanjutnya ada Air Terjun Jumog memiliki ketinggian aliran air sekitar 30 meter dengan aliran air yang cukup deras, suasana khas pegunungan segar dan sejuk akan terasa di sini. Sebelumnya Teman Traveler harus melewati 116 anak tangga untuk menuju air terjun. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu berenang atau bersantai menikmati udara sejuknya, dan jangan lupa mengambil momen berfoto pada spot jembatannya.

Fasilitas wisata terdapat area parkir, toilet, ruang ganti, kolam renang, warung makanan serta minuman dan lainnya. Tiket masuk Rp 15.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air terjun berlokasi di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 08.00-16.00 WIB hari biasa dan akhir pekan pukul 07.00-17.00 WIB.

Demikian ulasan rekomendasi air terjun di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Berburu Sunrise di Gunung Bismo Wonosobo Yang Menakjubkan

Villa di Suwatu

Suwatu by Mil n Bay, Tempat Nongkrong Hits di Jogja